$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Gubernur NTB: Transparansi Informasi Publik Tergantung Komitmen Kades.

Sebanyak 995  Kepala Desa dan para pejabat terkait di Lingkup Provinsi NTB mengikuti Pencanangan Desa Benderang informasi Publik tingkat (DB...

Sebanyak 995  Kepala Desa dan para pejabat terkait di Lingkup Provinsi NTB mengikuti Pencanangan Desa Benderang informasi Publik tingkat (DBiP) Provinsi NTB yang merupakan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes, (PDT) dan Transmigrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komisi Informasi RI dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bima, KS.- Kegiatan tersebut menghadirkan Bupati dari delapan kabupaten dan berlangsung Kamis, (6/10) di Ballroom hotel Lombok Raya. Selain para Bupati dan Walikota, pencanangan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB Mori Hanafi, M.Com,  Kapolda NTB, Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes & PDT DR. Suprayoga Hadi, Ketua Komisi Informasi RI John Pesley, Unsur FKPD NTB dan Komisioner Komisi Informasi NTB.

Pada kesempatan tersebut Gubernur NTB DR. TGH Zainul Majdi dalam sambutannya mengatakan, "informasi publik tidak boleh ditutupi oleh para kepala desa" . Berkaitan dengan  Pencanangan Desa Benderang  informasi Publik  kata Gubernur, "penerapan paling nyata nanti akan terlihat di masing-masing desa tergantung dari komitmen kepala desa. Kalau kepala desa betul-betul mempunyai komitmen untuk membuka informasi publik, rumusannya sederhana, semua informasi itu wajib dibuka kecuali yang dikecualikan. Dan yang namanya "kecuali" pasti jumlahnya lebih sedikit.

Artinya, kalau ada misalnya desa yang 100 informasi dan yang dibuka ke publik hanya 1 sementara yang dikecualikan 99 item,  maka hal ini bertentangan dengan semangat transparansi, jadi penjabaran informasi publik betul-betul berpulang kepada komitmen para kepala desa". Kata Gubernur TGB.

Komitmen itu yang paling utama dan kita optimis, apa yang kita harapkan melalui pencanangan desa benderang informasi akan terwujud karena adanya komitmen dari kepala desa di seluruh NTB sudah diwujudkan, paling tidak dengan menghadiri  pencanangan dan selanjutnya melaksanakan kegiatan dengan mengajak seluruh komponen yang ada di desa. Kata Gubernur NTB.

Sebelumnya, Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB Ajeng Roslinda Motimori dalam pengantarnya mengatakan,  "NTB merupakan provinsi pertama yang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam penerapan desa benderang informasi di Indonesia.  Dirinya  mengatakan "para komisioner Komisi Informasi berkomitmen untuk membangun keterbukaan informasi dengan memulai dari desa. Maka dengan demikian, desa harus lebih bercahaya dari sekedarnya, dan  lebih berkilau dari sekedarnya". Harap Ajeng.

Pencanangan desa benderang informasi sebagai inovasi provinsi NTB memiliki arti penting dalam kaitannya dengan tata kelola informasi dan tata kelola administrasi pemerintah desa yang harus diawali dengan keterbukaan. Sehingga akan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan.  "Pencanangan ini bukan akhir dari kegiatan, tetapi merupakan awal dari terwujudnya transparansi informasi dari 995 desa yang ada di NTB". Tutupnya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri usai Pencanangan mengatakan, "Pencanangan ini merupakan langkah awal agar Pemerintah desa dapat memahami praktik keterbukaan informasi publik. Dengan demikian, lanjut Bupati, "pemerintah desa harus segera menindaklanjutinya dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tiap desa dan menyelenggarakan layanan informasi publik secara optimal. Hal ini penting agar hak masyarakat untuk mengetahui dan mengakses informasi publik dapat terwujud.

Kita berharap pengetahuan menyeluruh tentang informasi publik yang berkaitan dengan program pembangunan di  desa akan dapat mendorong peningkatan peran masyarakat dalam membangun desa.

Hal ini juga penting untuk memastikan masyarakat mengawasi pemerintah desa dengan mengacu kepada informasi yang disampaikan saat secara transparan oleh kepala desa dan aparat terkait di desa". Terang Bupati.

Prosesi Pencanangan ditandai dengan penandatanganan MoU dengan Kementerian Desa, PDT  dan Transmigrasi yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan oleh Gubernur, Kapolda NTB, Komisi Informasi,  dan seluruh kepala daerah yang hadir pada kesempatan tersebut. (R-01/HUM)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1620,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1271,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Gubernur NTB: Transparansi Informasi Publik Tergantung Komitmen Kades.
Gubernur NTB: Transparansi Informasi Publik Tergantung Komitmen Kades.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/gubernur-ntb-transparansi-informasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/gubernur-ntb-transparansi-informasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy