$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


LPK Mekar Sari Unjuk Prestasi

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mekar Sari yang beralamatkan di jalan Anggrek RT 05 RW 02 Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota B...

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Mekar Sari yang beralamatkan di jalan Anggrek RT 05 RW 02 Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima, terus menunjukan prestasinya dalam dunia kursus dan pelatihan bagi para Warga Belajar (WB) Masyarakat. Keberhasilan ini pun dibuktikan, banyaknya hasil kerajinan tangan serta hasil karya lainya yang tidak kalah dengan hasil kerajinan tangan yang ada di kota-kota besar.

Hasil kerajinan LPK Mekas Sari

KOTA BIMA,KS.- LKP Mekar Sari yang dirintis oleh ST Halimah selaku pemilik dan pengelolaa (Pimpinan Penanggung Jawab) LKP Mekar Sari ini sejak beberapa tahun sebelumnya, telah banyak mendulang dan mencetak prestasi gemilang dalam dunia keterampilan. Baik itu di tingkat Kota Bima, Provinsi dan Pusat. Beberapa bukti prestasi Mekar Sari yaitu memiliki WB terutama dari kalangan ibu-ibu rumah tangga yang keseharianya melakukan aktivitas tenun (memproduksi kain tenun lokal khas Bima). Dengan memanfaatkan alat tenun tradisonal, para WB ini mampu memproduksi berbagai jenis kain tenun yang sangat indah.

Tidak hanya itu, beberapa tahun sebelumnya Mekar Sari ini juga memiliki WB yang memiliki keahlian menjahit. Dengan bermondalkan alat menjahit yang pernah disalurkan oleh Mekar Sari, para WB ini mampu memproduksi berbagai busana – busana yang menarik. Salah satunya, busana adat khas bima dan lainya.

Mekar Sari ibarat mendulang sejuta prestasi yang cukup luar biasa. Bahkan prestasi LKP ini pun telah mampu menyedot perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah pusat. Hal ini dibuktikan, beberapa tahun sebelumnya sering kali mendapat kunjungan dari pemerintah pusat terutama Menteri dan Mahkamah Agung (MA) di Jakarta yang datang melakukan kunjungan kerja. Hasil kerajinan WB Mekas Sari ini pun, telah mampu mendongkrak prestasi yang luar biasa. Hal itu dibuktikan, berbagai lomba yang pernah di ikuti, Mekar Sari pun mampu menjadi sang juara.

Pimpinan Penanggung Jawab LKP Mekar Sari Kota Bima, ST Halimah, kepada wartawan ini menyebutkan, lembaganya Tahun  ini dipercaya oleh Pemerintah Pusat untuk mengembangkan aktivitasnya dalam dunia kursus dan pelatihan di wilayah Kota Bima.”Alhmadulillah, Tahun 2018 ini kami LKP Mekar Sari mendapatkan bantuan dana dana dari pusat sebanyak RP 110 Juta. Untuk item ini, mekar sari memiliki sebanyak 40 orang WB yang keseharianya membuat kerajinan  tangan,” ujar Halimah, saat diwawancarai wartawan di Sekertariatnya Jumat (24/8).

Dikatakan Halimah, keberadaan LKP Mekar Sari di Kota Bima telah banyak memberikan kontribusi dalam dunia kursus dan pelatihan, terutama bagi para kalangan ibu rumah tangga. Para BW Mekar Sari melalui karya tanganya telah mampu memproduksi kain tenun dan busana – busana.”Alhmadulillah, dengan adanya LKP Mekar Sari ini para WB sangat lihai dan trampil dalam membuat (memproduksi) kain tenun khas Bima dan item lain,” Jelasnya.

Tidak hanya itu, sebelumnya pada tahun-tahun kemarin LKP Mekar Sari memberikan bantuan alat mesin jahit kepada para kelompok (WB). Dan tahun ini (2018) Mekar Sari, berencana akan memberikan bantuan alat tenunan bagi para kelompok (WB).”Hari ini akan digelar kegiatan pembukaan pelatihan tenunan bagi 40 WB Mekar Sari yang dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan alat tenunan kepada kelompok tenunan. Dalam satu kelompok ada 5 orang WB. Kegiatan pembukaan ini akan dihadiri oleh berbagai pihak terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima serta lainya,” terangnya.

Adapun nama-nama kelompok binaan tenun tradisonal Songket Mekar Sari antralain, Apel Kelurahan Nungga, Mawar Kelurahan Ntobo, Cempaka Kelurahan Nitu, Melati Kelurahan Oi FO’o, Durian Lewi Loa Kelurahan Rabadompu Timur. Nenas Dewa Keu Kelurahan Rabadompu Barat, Mangga Kampo Temba Rabadompu Barat, Pisang Kelurahan Kumbe, Manggis Nggaro Kumbe Rabadompu Timur dan Kelom[ok Anggur Naru Kelurahan Rabadompu Timur.”Dalam satu kelompok ada 5 orang WB. Jadi mereka ini nantinya akan melakukan aktivitas tenun tradisonal Songket,” ungkapnya sembari menutup komentarnya.

Sebelumnya, LKP Mekar Sari Kota Bima ini memiliki Visi terciptannya tenaga kerja yang memiliki sumber daya manusia yang mempunyai kopetensi serta berwawasan intelektual yang tinggi dalam bidang keahlian dan keterampilan yang siap mengisi kesempatan kerja dan berwira usaha di dunia industry. Sementara itu, mengenai Misi Mekar Sari yaitu Menyiapkan tenaga kerja yang memiliki potensi dibidang IMTAQ dan INPEK. Menanamkan kedisplinan serta sikap etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang aktif, Kreatif, Inovatif sesui dengan perkembangan jaman. Motto Mekar Sari yaitu Kreatif Trampil dan Kerja keras adalah kunci kesuksesan.

Mengenai tujuan kedepan LKP Mekar Sari antaralain, dalam hal jangka pendek yaitu Memperhatikan Visi dan Misi LKP Mekar Sari. Mengsolisasikan visi misi LKP Mekar Sari pada masyarakat dan memperkenalkan teknologi pada masyarakat pedesaan. Jangka menengahnya yaitu, Memberikan pelajaran pada anak-anak dan masyarakat tentang teknologi dan Menyediakan informasi teknologi pada masyarakat yang membutuhkan.

Dilain hal, untuk jangka panjang Mekar Sari yaitu, Menjadi lembaga pendidikan menjahit dan tenunan professional terbaik di Kota Bima. Menghasilkan SDM berkualitas Nasional. Bekerjasama dengan lembaga lain, perusahaan dan organisasi sebagai bagian penyerapan siswa kedunia usaha dan industry dan Menciptakan tenaga kerja berbasis internet/internet marketing.(ADV/KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: LPK Mekar Sari Unjuk Prestasi
LPK Mekar Sari Unjuk Prestasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0DeIpJIE37qaWVYfUeG9IkErN9HJ5J1TPyxEm4zBdpmQqQy3uOnqH3O6v5rOYJgXDqJ5hdDPhda2mccN3F7TqQhWifpnpGmuQk5-5t2Ws7O3C67UZXecsb_9-cckXldJirTBPFC-YMH-i/s640/LPK+Mekar+Sari+Unjuk+Prestasi.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0DeIpJIE37qaWVYfUeG9IkErN9HJ5J1TPyxEm4zBdpmQqQy3uOnqH3O6v5rOYJgXDqJ5hdDPhda2mccN3F7TqQhWifpnpGmuQk5-5t2Ws7O3C67UZXecsb_9-cckXldJirTBPFC-YMH-i/s72-c/LPK+Mekar+Sari+Unjuk+Prestasi.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/lpk-mekar-sari-unjuk-prestasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/08/lpk-mekar-sari-unjuk-prestasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy