PASANG IKLAN
600x90
Hub. 0853-3873-1387

Slider[Style1]

advertisement

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5



PASANG IKLAN
600x90
Hub. 0853-3873-1387
advertisement

BAGIKAN:

Kepala Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Umar H Abakar membacakan profil Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Baka Jaya. Pembacaan profil ini dilakukan kades dalam momentum pencanangan Kampung KB yang digelar oleh Dinas Penyuluhan Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu di lapangan Bola Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Dompu, Kamis (27/9).

Kegiatan pencanangan Kampung KB.

DOMPU,KS.- Berbagai profil kampung KB Desa Baka Jaya tersebut menjelaskan bahwa, Desa Baka Jaya merupakan Desa yang terletak di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dengan luas 41,30 KM. Desa Baka Jaya terdiri dari 9 Dusun dan 19 rukun tetangga dengan jumlah penduduk sebanyak 5.243 Jiwa (per-agustus 2018) dan 1468 kepala keluarga."Mayoritas semua penduduk di Desa ini ber-agama Islam dengan suku Bima dan Dompu," ujar Kades Baka Jaya, Umar H Abakar.

Dikatakan umar, mengenai batas wilayah Desa yaitu antaralai, sebelah utara Desa Raba Baka, Timur Desa Matua, Selatan teluk saleh dan sebelah barat Desa Nowa. Dan mengenai pendidikan kata Dia, angka partisipasi sekolah (umur 7 sampai 15 tahun) di Desa Baka Jaya yaitu sebesar 663 yang bersekolah, sementara yang tidak bersekolah itu tidak ada.

"Sebagaian besar penduduk Desa Baka Jaya bermata pencahrian (profesi) sebagai petani dan sisanya PNS (ASN)/TNI/Polri, Pedagang, Nelayam dan Buruh," ungkapnya.

Dikatakan Umar, kriteria pemilihan kampung KB yaitu Desa Baka Jaya dipilih sebagai lokasi kampung KB karena beberapa pertimbangan antaralain, banyaknya jumlah stun ting (anak tumbuh pendek,Red) sebanyak 86 orang, dimana kasus ini perlu mendapat perhatian dari seluruh stakeholder.

"Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka Desa Baka Jaya terpilih menjadi salah satu wilayah kampung KB di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Woja," paparnya.

Lebih jauh Umar berharap, dengan ditetapkannya Desa Baka Jaya sebagai Kampung KB, maka perhatian lebih dari OPD/Istansi terkait (kesehatan, pendidikan, pekerjaan lingkungan, pertanian dan lain-lain) untuk bergotong royong membangun Desa Baka Jaya, sehingga kedepanya Desa Baka Jaya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menjadi Desa yang maju di Kabupaten Dompu.

Tidak hanya itu lanjut Umar, pihaknya selaku pemerintah Desa menghimbau dan mengharapkan kepada semuanya agar bisa bekerjasama serta bersama-sama mendukung program pencanangan kampung KB supaya tercipta masyarakat yang dapat melahirkan anak-anak secara terpogram.

"Kami berterimkasih kepada Pemda Dompu serta Dinas terkait lainya yang selalu mendukung program-program berkaitan dengan kesehatan. Kami pun selaku pemerintah tingkat Desa sangat termotivasi demi pemerataan kesehatan bagi masyarakat," ucapnya.

Kades Ungkap Prestasi Desa Baka Jaya ?

Dalam momentum kegiatan pencanangan kampung KB ini pun, Kades Baka Jaya Umar H Abakar menyampaikan beberapa aitem prestasi yang diraih oleh Desa Baka Jaya. Hal itu kata Dia antaralain, prestasi pada bidang kesehatan lewat Polindes. Pada tahun 2014 Desa Baka Jaya dinobatkan sebagai juara 1 Nasional pada Orentasi Pemberdayaan Masyarakat bagi kades Puskedes angkatan pertama, sekaligus juara satu terbaik dari 60 Desa se-NTB.

Kemudian pada tahun yang sama, Desa Baka Jaya meraih juara 1 pada lomba tim penilaian tenaga kesehatan teladan. Selanjutnya pada tahun 2016 Polindes Desa Baka Jaya meraih juara 1 lewat lomba Posyandu se-provinsi NTB.

Kemudian, pada Tahun 2017 kemarin Desa Baka Jaya dianugerahkan oleh Bupati Dompu berupa piagam penghargaan tentang 5 Pilar STBM."Itulah beberapa prestasi Desa Baka Jaya pada bidang kesehatan dan masih banyak prestasi-prestasi lain yang Desa Baka Jaya raih pada bidang-bidang lain," terangnya.

Lebih jauh pun Umar menyebut, dirinya selaku Kades Baka Jaya mewakili semua elemen masyarakat beserta semua unsur pemerintah Desa Baka Jaya menyampaikan dan menguncapkan terimakasih serta penghormatan setingi-tingginya kepada Bupati Dompu Drs. H Bambang M Yasin dan Kepala DPPKB Dompu yang telah menunjuk Desa Baka Jaya untuk dilaksanakan kegiatan pencanangan kampung KB.(KS-RUL)

advertisement


BAGIKAN:
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Komentar Facebook

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *