PASANG IKLAN
600x90
Hub. 0853-3873-1387

Slider[Style1]

advertisement

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5



PASANG IKLAN
600x90
Hub. 0853-3873-1387
advertisement

BAGIKAN:

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri yang didampinggi oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, camat Ambalawi, Camat Wera, Ketua dan anggota Poktan So Kuru desa rite kecamatan Ambalawi, pada hari Senin ( 28/11) bertempat di So Kuru Desa Rite kecamatan Ambalawi melakukan panen perdana padi Organik.

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri saat melakukan panen perdana padi Organik
Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri saat melakukan panen perdana padi Organik
BIMA, KS.- Sebelum melakukan panen perdana, Bupati Bima Hj.Indah Dahamayanti Putri mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan kepemimpinan Dinda – Dahlan. Hal ini dikarenakan pada sektor pertanian ini khususnya komiditi padi sangat dibutuhkan bagi masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.

Oleh karena itu dengan dilakukanya panen perdana padi ini salah satu upaya dari pemerintah daerah guna pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat terutama kepada ketua dan anggota kelompok tani so kuru desa rite kecamatan Ambalawi sekaligus dalam rangka peningkatan mutu dan pendapatan petani.

Keberhasilan yang dicapai oleh Kelompok tani So kuru dalam melaksanakan panen perdana padi ini, merupakan keberhasilan dari semua pihak sehingga dari hasil tersebut produksi padi dapat ditingkatkan dan tahun, terutama peningkatan hasil hasil usaha tanaman padi yang dilakukan oleh poktan so Kuru desa rite kecamatan Ambalawi

Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri berharap semoga dengan dilakukanya panen perdana padi organic pada kegiatan pengembangan padi organic pada poktan so Kuru desa rite kecamatan Ambalawi dapat menjadi stimulant bagi berkembangnya kegiatan pertanian organic di Kabupaten Bima.

Menurut Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima Ir. M.Tayeb dalam laporan menyampaikan bahwa Kabupaten Bima merupakan salah satu Kabupaten sentra produksi padi di Provinsi NTB, yang mana tiap tahun produksi padi di Kabupaten Bima terus mengalami peningkatan secara signifikan terutama sejak 5 (lima) tahun terakhir.

Pada tahun 2010 saja produksi padi yang dihasilkan mencapai 297.549 ton dengan luas tanam 66.244 Ha dan luas panen 59.642 Ha. Kemudian meningkat menjadi 317.633 ton tahun 2015 dengan luas tanam 76.355Ha dan luas panen mencapai 75.585 Ha.

Untuk di kecamatan Ambalawi dengan luas sawah 585 Ha, dimana 90% nya adalah lahan sawah irigasi telah memberikan andil produksi sebesar 12.347 ton tahun 2015, sehingga dengan adanya peningkatan produksi padi ini diharapakan dapat meningkatkan kesadaran petani menggunakan inovasi teknologi serta penggunaan sarana produksi yang optimal.

Selanjutnya pada tahun 2016 ini pemerintah Kabupaten Bima melalui Dispertapa melalui dana tugas perbantuan telah melakukan uji coba penerapan pertanian padi organic seluas 40 Ha yang tersebar di 4 (empat) lokasi masing – masing seluas 10 Ha, yang salah satunya ada pada poktan So Kuru desa rite kecamatan Ambalawi.

Dengan dilakukan panen perdana ini selaku kepala Dinas mengharapkan kepada para petani agar apa yang telah dilakukan dengan hasil yang telah dilakukan ini bisa meningkatkan kesejahteraan hidup para ketua dan anggota kelompok demi pemenuhan kebutuhan hidup. Imbuhnya.

Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan berupa penyerahan kendaraan roda tiga, handtraktor 2 (dua) unit, Hand sprayer mesin 8 (delapan) unit, mesin blower landak (alat siang gulma) 28 unit yang diterima oleh Poktan So Kuru desa rite kecamatan Ambalawi Taufik H.Usman. (KS-R01/HUM)

advertisement


BAGIKAN:
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Komentar Facebook

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Untuk dapat memberikan komentar, Anda harus menggunakan salah satu akun atau profile yang Anda miliki. Bila tidak ada, silahkan pilih sebagai "Anonymous"

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *