$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Dikpora Dukung Penerapan Kartu Kendali

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima mendukung usulan untuk menerapkan kartu kendali pada semua Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima mendukung usulan untuk menerapkan kartu kendali pada semua Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Hal itu bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan penculikan anak seperti yang terjadi beberapa lalu di Kota Bima.

“Kami sangat sepakat adanya usulan penerapan kartu kendali bagi sekolah. Itu sangat bermanfaat untuk mengetahui siapa yang menjemput siswa usai mereka pulang sekolah,” kata Kepala Dinas Dikpora Kota Bima melalui Kabid Dikmen, Drs. A. Azis saat ditemui wartawan, Selasa (26/8) kemarin.

Azis mengaku, kasus penculikan anak di Kota Bima memang baru terjadi. Tapi menurutnya, bukan tidak mungkin kasus kejahatan itu akan kembali muncul dengan berbagai modus baru. Anak usia Sekolah Dasar dan TK sangat rawan menjadi korban karena belum terlalu paham dan mampu berpikir rasional. Para pelaku akan memanfaatkan kesempatan itu bila tidak ada kewaspadaan dari sekolah dan orang tua.

Peran sekolah dan orangtua dinilainya sangat penting untuk mencegah kasus penculikan itu tidak terulang kembali. Selama proses kegiatan belajar mengajar, anak menjadi tanggungjawab pihak sekolah untuk mengontrol dan mengawasinya hingga mereka pulang kembali ke rumahnya masing-masing. “Nah, orangtua murid harus menjalin komunikasi intens dengan sekolah agar mengetahui anaknya sudah pulang atau tidak,” terangnya.

Bila orangtua berhalangan untuk menjemput lanjutnya, anak harus dipastikan mengetahui dan mengenal siapa yang akan menjemput mereka. Untuk membantu anak mengetahuinya, kartu kendali dinilai sangat tepat untuk diterapkan. Setiap penjemput harus diwajibkan mengenakan kartu tersebut agar anak dan pihak sekolah tahu. “Sekolah dan orangtua harus duduk bersama membahas persoalan ini sebagai langkah pencegahan,” tuturnya.

Dia menambahkan, dinas akan segera mengeluarkan surat himbauan kepada semua Sekolah Dasar da TK agar usulan itu secepatnya dibahas dan diterapkan. “Kami berharap, kejadian kemarin bisa menjadi pembelajaran bagi orangtua dan pihak sekolah sehingga tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dikpora Dukung Penerapan Kartu Kendali
Dikpora Dukung Penerapan Kartu Kendali
Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima mendukung usulan untuk menerapkan kartu kendali pada semua Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/dikpora-dukung-penerapan-kartu-kendali.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/dikpora-dukung-penerapan-kartu-kendali.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy