$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Batu Akik Meledak, Dua Warga Terluka

Penyebabnya, lantaran bahan baku batu akik meledak ketika dipotong menggunakan gerinda. Percikan batu yang meledak itu mengenai kedua korban masing-masing pada bagian paha dan tangan.

Fenomena batu akik memang menyihir semua masyarakat. Di Kota Bima, tren batu akik menjangkiti semua kalangan. Tak heran, penggiat batu akik dadakan bermunculan di hampir setiap lingkungan. Namun tak hanya membawa dampak positif, hobi batut akik juga kini juga telah menimbulkan dampak negatif. Seperti dialami dua masing-masing Fauzi (19) dan Avrin (19) asal Kelurahan Penatoi Kota Bima.

Ilustrasi Batu Akik
Ilustrasi Batu Akik

Dua warga ini terpaksa dilarikan ke RSUD Bima karena mengalami luka serius saat membuat batu akik. Penyebabnya, lantaran bahan baku batu akik meledak ketika dipotong menggunakan gerinda. Percikan batu yang meledak itu mengenai kedua korban masing-masing pada bagian paha dan tangan. Bahkan, akibat kerasnya letusan batu tersebut, jari manis salah satu korban terancam diamputasi.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh wartawan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (26/3) sore. Saat itu, Fauzi dan beberapa orang temannya tengah memotong batu yang belum diketahui pasti jenisnya untuk membuat cincin. Saat memotong, suara gerinda yang digunakan sudah terlihat berbeda karena terdengar lebih keras. Hingga akhirnya, Fauzi pun khawatir dan mengambil helm untuk mengamankan kepala.

Namun saat melakukan pemotongan kedua kali, batu tersebut kemudian meledak. Alhasil, pecahan batu yang melesat pun mengenai korban, tidak hanya Fauzi namun juga Avrin yang saat itu ikut menonton. Pecahan batu tersebut mengenai paha bagian luar Fauzi, sementara Avrin terkena pada bagian jari tangan.

Bahkan jari pemuda ini sampai hancur dan terancam diamputasi."Suaranya keras sampai ke atap, kita pikir gempa,” ujar Fitri (25) kakak Fauzi saat dikonfirmasi di kediamannya di RT 9 Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Jumat (27/3).

Lantaran terluka, para korban pun akhirnya dibawa ke RSUD Bima dan PKU RS Muhammadyah Bima. Namun, setelah dirawat Fauzi langsung dibawa pulang. Dia pun merasa bersyukur karena saat itu Fauzi mengenakan helm. Jika tidak tentu pecahan batu tersebut akan melukai wajahnya."Sementara, Avrin harus dirawat inap karena luka yang dialami tersebut cukup serius,"ungkapnya.

Avrin yang ditemui di PKU RS Muhammadyah terlihat lemas dan kesakitan. Jari yang luka sudah dalam kondisi diperban. Guna memulihkan kondisinya yang lemah, pihak RS memberikan cairan infus. Saat ditanyai, Avrin menyebutkan saat itu dia hanya menonton. Jaraknya dengan batu cukup jauh sekitar 3 meter."Waktu itu saya lagi nonton terus meledak,” katanya.

Diakuinya, tulang jari tengah tersebut dalam kondisi hancur dan rencanannya oleh petugas medis RS akan melakukan operasi. Jika tidak bisa diselamatkan, tangannya akan dipasangi dengan pen sebagai menguat. Namun hal ini masih menunggu perkembangan dari operasi."Jika tidak bisa, saya akan dirujuk ke Mataram," akunya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Batu Akik Meledak, Dua Warga Terluka
Batu Akik Meledak, Dua Warga Terluka
Penyebabnya, lantaran bahan baku batu akik meledak ketika dipotong menggunakan gerinda. Percikan batu yang meledak itu mengenai kedua korban masing-masing pada bagian paha dan tangan.
http://4.bp.blogspot.com/-nnA2HWCI1-o/VPSVl53TzKI/AAAAAAAABBA/OK36io0r7Ao/s1600/Ilustrasi%2BBatu%2BGiok.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-nnA2HWCI1-o/VPSVl53TzKI/AAAAAAAABBA/OK36io0r7Ao/s72-c/Ilustrasi%2BBatu%2BGiok.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/batu-akik-meledak-dua-warga-terluka.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/03/batu-akik-meledak-dua-warga-terluka.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy