$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


SMPN 1 Kota Bima Siap Hadapi UN

Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang digelar awal Mei 2015 mendatang, kepala sekolah, dewan guru dan seluruh siswa, terutama yang mengikuti UN di SMPN 1 Kota Bima sampai saat ini telah mempersiapkan diri dengan maksimal.

Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang digelar awal Mei 2015 mendatang, kepala sekolah, dewan guru dan seluruh siswa, terutama yang mengikuti UN di SMPN 1 Kota Bima sampai saat ini telah mempersiapkan diri dengan maksimal. Dengan harapan, UN tahun ini bisa berjalan sukses dan seluruh peserta UN di sekolah favorit bagi masyarakat Kota Bima ini bisa dinyatakan lulus seratus persen. 

Kepala SMPN 1 Kota Bima, Abdul Karim, S.Pd. M.Si, saat ditemui Koran ini di ruang kerjanya mengatakan, sejumlah persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi UN tersebut antara lain, memberikan pelajaran tambahan (Les) pada para siswa setiap sore hari sejak September 2014 lalu sampai sekarang, mengadakan kegiatan Tryout di sekolah dan berbagai pelajaran lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan UN dimaksud.

Menurutnya, jumlah keseluruhan siswa SMPN 1 Kota Bima yang akan mengikuti UN tahun ini sebenarnya mencapai 268 orang, tapi berkurang menjadi 266 orang. Karena dua orang sampai sekarang sedang mengikuti seleksi Pekan Olahraga Nasional (PON) pada cabang olahraga Atletik dan Volly ball putri di Kota Mataram NTB. Sehingga pelaksanaan UN untuk kedua anak didiknya yang menjadi duta Kota Bima di ajang seleksi PON ini nantinya akan dititipkan di SMPN 13 Kota Mataram.

Abdul Karim melanjutkan, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan (Permendiknas) yang baru, hasil dari pelaksanaan UN tersebut sebenarnya tidak lagi menentukan kelulusan siswa. Tapi selama ini pihaknya mengaku tetap melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi UN itu, sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya dan umumnya diseluruh wilayah Kota Bima. “Bahkan dalam sebulan terakhir ini, kami terus memacu semangat dan motivasi anak-anak untuk terus belajar, terutama pada empat mata pelajaran yang di UN kan,” ujarnya.

Meski tidak lagi menentukan kelulusan siswa, namun pihaknya menyambut positif lahirnya Permendiknas yang baru tersebut, karena dinilai dapat memberikan manfaat sekaligus bisa mendorong para pelaku pendidikan, seperti guru-guru untuk bisa bekerja yang baik dan jujur. Tidak hanya itu, munculnya Permen ini juga menjadi beban tersendiri bagi dirinya dan para dewan guru di SMPN 1 Wawo, untuk mengantarkan para siswanya agar bisa diterima di sekolah-sekolah SMA sederajat yang berstatus negeri, khususnya diwilayah Kota Bima. Karena hasil dari UN mulai tahun 2015 ini sudah ditentukan sepenuhnya oleh pihak sekolah, bukan lagi ditentukan oleh pusat (Negara) seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karim menambahkan, jika merujuk pada Permendiknas tersebut maka sistem penilaian hasil UN saat ini tidak lagi seketat tahun-tahun sebelumnya. Karena yang memiliki kewenangan penuh untuk menilai hasil pekerjan dan menentukan kelulusan para siswa adalah pihak sekolah. Olehnya itu, mulai saat ini para siswa terutama peserta UN tersebut, tidak lagi dinilai dari aspek kemampuan dan pengetahuannya (Koognitif), tapi aspek lainnya seperti sikap, moral dan perilaku (Afektif) serta bakat, minat dan keahlian (Piskometer)nya para siswa, juga dinilai semuanya oleh pihak sekolah. “Kalau tiga aspek ini bagus dan memenuhi syarat, barulah siswa itu dinyatakan lulus UN oleh kita,” tandas Abdul Karim. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: SMPN 1 Kota Bima Siap Hadapi UN
SMPN 1 Kota Bima Siap Hadapi UN
Menghadapi Ujian Nasional (UN) yang digelar awal Mei 2015 mendatang, kepala sekolah, dewan guru dan seluruh siswa, terutama yang mengikuti UN di SMPN 1 Kota Bima sampai saat ini telah mempersiapkan diri dengan maksimal.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/smpn-1-kota-bima-siap-hadapi-un.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/04/smpn-1-kota-bima-siap-hadapi-un.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy