$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


10 Desa Tangguh Bencana Akan Terbentuk

Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Bima. Di Tahun 2015 ini, terdapat 10 desa yang akan menerima mandat sebagai Desa Tangguh Bencana.

Bima, KS.- Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Bima. Di Tahun 2015 ini, terdapat 10 desa yang akan menerima mandat sebagai Desa Tangguh Bencana. Desa Tangguh Bencana ini dibentuk langsung Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Tertinggal.

Ilustrasi
Ilustrasi

Setelah Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, H. Sumarsono, SH, pulang dari Jakarta bebertapa waktu lalu, ia diberikan tugas untuk segera menyiapkan 10 desa tangguh bencana. 10 desa tersebut merupakan desa yang memiliki tingkat kerawanan. Beberapa desa yang sudah dibentuk, yakni Desa Oi Tui dan Desa Tadewa. Desa ini akan menjadi sampel bagi delapan Desa yang akan dibentuk nantinya. ”Kami sudah bentuk Desa Oi Tui dan Desa Tadewa dulu, nanti sisanya kami akan bentuk lagi,” ujarnya saat di wawancarai di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dengan terbentuknya Desa Tangguh Bencana ini sebagai langkah kongkrit yang ditunjukan pemerintah kepada masyarakat di Indonesia, agar bisa mendeteksi sejak dini terjadinya kerawanan ditingkat Desa. Hal itu akan mempermudah pemerintah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang dianggap rawan. ”Ini bentuk perhatian pemerintah Pusat terhadap desa yang dianggap rawan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, terbentuknya Desa Tangguh Bencana ini merupakan salah satu upaya penguatan kapasitas kelompok masyarakat yang mampu bertahan dalam menghadapi bencana. ”Kelompok ini nantinya akan diberi pelatihan agar bisa memahami dengan terbentuknya Desa Tangguh Bencana ini,” paparnya.

Dalam waku dekat ini, pihaknya akan kembali ke Jakarta, setelah itu akan ada tim dari pusat yang akan turun menfasilitasi terbentuknya Desa Tangguh Bencana. Pihaknya kembali ke Pusat, dalam rangka memaksimalkan pengetahuan tentang rencana pembentukan tersebut. ”Kita ingin melaksanakan program ini dengan maksimal sehingga menerapannya harus dengan sistematis, dan tidak terburu-buru,” katanya.

Ia mengaku, beberapa waktu lalu saat berada di Jakarta, dari puluhan daerah yang diundang, BPBD Kabupaten BIma dan BPBD Lampung Barat dipercaya oleh Kementerian Desa Tertinggal untuk melakukan presentasi. Amanah itu yang memotivasi pihaknya untuk serius menjalankan tugas itu. ”Kami melakukan presentasi dihadapan undnagan dijakarta, hal itu menjadi momentum istimewa yang kami dapatkan,” ujarnya bangga. (KS-17)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: 10 Desa Tangguh Bencana Akan Terbentuk
10 Desa Tangguh Bencana Akan Terbentuk
Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Bima. Di Tahun 2015 ini, terdapat 10 desa yang akan menerima mandat sebagai Desa Tangguh Bencana.
http://3.bp.blogspot.com/-hPtWPi8XDbo/VNs3tR8k4xI/AAAAAAAAA7M/J4JenWznK5g/s400/Ilustrasi%2BBencana.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-hPtWPi8XDbo/VNs3tR8k4xI/AAAAAAAAA7M/J4JenWznK5g/s72-c/Ilustrasi%2BBencana.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/10-desa-tangguh-bencana-akan-terbentuk.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/10-desa-tangguh-bencana-akan-terbentuk.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy