$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pemkab Bima Kerjasama Penanganan Rawan Pangan

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Bima dan Universitas Gadjah Mada bersepakat untuk mendorong pengembangan kawasan Tangguh pangan di Kabupaten Bima.

Bima, KS.- Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Bima dan Universitas Gadjah Mada bersepakat untuk mendorong pengembangan kawasan Tangguh pangan di Kabupaten Bima. Kemitraan ini ditandai Peluncuran Kegiatan Penanganan Daerah Rawan Pangan Tahun 2015, Minggu (5/7) yang bertepatan dengan puncak peringatan Hari Jadi Ke-375 Bima di Halaman Kantor Bupati Bima jalan Diponegoro nomor 11 LLK Jatiwangi Bima.

MoU kerjasama penanganan Rawan pangan
MoU kerjasama penanganan Rawan pangan

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan yang diwakili oleh Direktur Pengembangan Daerah Rawan Pangan pada Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Drs. Supriyadi, MSi, Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd, M.M dan Dosen Pembimbing Lapangan KKN PPM Kabupaten Bima 2015 lr. Ambar pertiwiningrum, M.Sc., Ph.D yang dilanjutkan dengan peluncuran launching kegiatan penanganan daerah rawan pangan tahun 2015.

Kerjasama yang akan direalisasikan yang dalam bentuk fasilitasi Penanganan Daerah Rawan Pangan berupa bantuan penyediaan bibit sumber pangan (Pertanian Peternakan dan Perikanan) secara berkelanjutan melalui pengembangan sumber bibit dan pupuk organik.

Kegiatan lainnya yang akan menjadi fokus kerjasama adalah peningkatan sarana dan prasarana produksi pangan seperti embung, jalan pertanian, Lumbung dan kandang terintegrasi serta perlengkapan atau peralatan pasca panen dan pengolahan produk pangan lokal.

Diharapkan kegiatan ini akan dapat mendorong peningkatan produksi, akses pangan dan diversifikasi olahan pangan yang memberikan nilai tambah kepada masyarakat di Kabupaten Bima. Dalam konteks kerjasama ini, Pemerintah Kabupaten Bima melakukan identifikasi lokasi penerima manfaat Bantuan pemberdayaan masyarakat dan pemberian hibah serta pendampingan dan penguatan kelembagaan masyarakat untuk membangun kawasan tangguh pangan.

Sedangkan Universitas Gadjah Mada memberikan dukungan kegiatan penelitian bimbingan teknis pendampingan dan monitoring evaluasi dalam pengembangan peternakan terintegrasi mendorong kemandirian pangan melalui Kuliah Kerja Nyata. Pembelajaran pemberdayaan Masyarakat kontribusi tersebut pada saat yang bersamaan diserahterimakan 28 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan universitas Gadjah Mada yang melaksanakan KKN PPM selama dua bulan di Kabupaten Bima.

Saat ini di Kabupaten Bima terdapat 93 desa yang mengalami kerawanan pangan dalam kategori prioritas satu, dua dan tiga disebabkan oleh kondisi iklim curah hujan minim dan pendek yang menyebabkan keterbatasan sumber daya air konektifitas dan distribusi kurang asupan gizi (gizi buruk) dan kurang tersedianya energi.

Kegiatan sinergi dan integrasi seperti kerjasama tersebut di atas sangat diperlukan untuk tercapainya sasaran pembangunan meretas kerawanan pangan yang permasalahannya bersifat kompleks. Sehingga perlu penanganan secara bersama yang melibatkan para pihak terkait untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan penyediaan input produksi, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan keterampilan masyarakat untuk optimalisasi pengelolaan sumber daya yang tersedia dengan dukungan Teknologi.

Secara teknis, kegiatan dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Bima dan SKPD teknis yang terkait dengan Ketahanan pangan seperti Badan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Badan Penyuluh, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan dan Dinas pendukung seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertambangan dan Energi.

Untuk fasilitasi kegiatan, akan dibentuk Tim koordinasi yang dipimpin oleh Bappeda dan didukung SKPD lainnya. Untuk keberlanjutan kegiatan ini pemerintah daerah akan menyusun rencana detail penanganan daerah rawan pangan di Kabupaten Bima 2015-2019. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pemkab Bima Kerjasama Penanganan Rawan Pangan
Pemkab Bima Kerjasama Penanganan Rawan Pangan
Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Bima dan Universitas Gadjah Mada bersepakat untuk mendorong pengembangan kawasan Tangguh pangan di Kabupaten Bima.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoEfOI6ltG3HfYxd8Kun8TYO0E7m3FFbCreKritijfres3AgLO3cnV9oFo1TUY0xfZKQcwc_eh_3eOIQONB2ExWkEUTAYS61e-fvJQyj2bZjEXWQXict5s4tKT9wy6HkT9J3-oA5VgBqM3/s400/MoU+kerjasama+penanganan+Rawan+pangan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoEfOI6ltG3HfYxd8Kun8TYO0E7m3FFbCreKritijfres3AgLO3cnV9oFo1TUY0xfZKQcwc_eh_3eOIQONB2ExWkEUTAYS61e-fvJQyj2bZjEXWQXict5s4tKT9wy6HkT9J3-oA5VgBqM3/s72-c/MoU+kerjasama+penanganan+Rawan+pangan.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/pemkab-bima-kerjasama-penanganan-rawan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/07/pemkab-bima-kerjasama-penanganan-rawan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy