$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Hasil Zakat Kabupaten Bima Capai Rp. 2,6 M

Terbukti, dalam tahun 2015 ini, hasil pengumpulan zakat yang sudah diterima oleh pihak Bazda Kabupaten Bima mencapai sebanyak, Rp.2.658.050.172.

Bima, KS.- Pemerintah daerah, terutama pihak Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Bima patut bersyukur dan berbangga hati, karena pasokan zakat dari masyarakat pada setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Terbukti, dalam tahun 2015 ini, hasil pengumpulan zakat yang sudah diterima oleh pihak Bazda Kabupaten Bima mencapai sebanyak, Rp.2.658.050.172.

Ketua BAZDA Kabupaten Bima, H. Abubakar H. Usman, BA ketika ditemui koran ini diruang kerjanya mengatakan, total keseluruhan penerimaan zakat mal dan zakat fitrah yang sudah masuk di kantor BAZDA Kabupaten Bima untuk tahun 2015 ini mencapai, Rp. 2.658.050.172. Jumlah tersebut terdiri dari hasil zakat tumbuhan, ternak, emas perhiasan, perdagangan, profesi PNS, mal masyarakat, zakat fitrah PNS, fitrah masyarakat serta infaq dan sadaqah yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Bima.

“Berdasarkan hasil pemasukan zakat dari seluruh kecamatan sewilayah Kabupaten Bima yang sudah kami terima sampai saat ini, kecamatan yang paling tinggi menyetorkan hasil zakatnya adalah Kecamatan Sape sebanyak, Rp.259 juta, disusul Wera sebesar, Rp.178 juta dan Kecamatan Lambu sebanyak, Rp.125 juta,” ujarnya.

Menurutnya, dari total zakat sebesar, Rp. 2,6 Milyar tersebut, sebagian diantaranya atau sebanyak, Rp. 908 juta sudah disalurkan oleh pihaknya kepada para mustahid, fakir miskin dan beberapa asnaf lainya yang tersebar diberbagai wilayah Kabupaten Bima. Termasuk memberikan sumbangan kepada para korban yang ditimpa musibah kebakaran beberapa waktu lalu.

Selain itu, dalam waktu dekat, tepatnya pada akhir Agustus ini, pihaknya bersama seluruh jajaran dilingkup BAZDA Kabupaten Bima akan menyalurkan lagi sisa pemasukan zakat tersebut kepada masyarakat, terutama delapan asnaf yang berhak menerima zakat diseluruh kecamatan se-wilayah Kabupaten Bima. “Sisa hasil zakat yang kita salurkan lagi ke delapan asnaf pada akhir Agustus nanti mencapai, Rp. 1 Milyar lebih,” terangnya.

H. Abubakar melanjutkan, pemberian bantuan hasil zakat kepada para fakir miskin dan beberapa asnaf lainnya tersebut, nantinya akan dilakukan berdasarkan hasil usulan dari seluruh petugas Unit Pengelola Zakat (UPZ) setiap desa mengetahui kepala desa yang bersangkutan. Hasil usulan dari para UPZ desa itu akan dikirim lagi oleh pihaknya selaku ketua BAZDA Kabupaten Bima ke seluruh ketua dan pengurus BAZ Kecamatan yang tersebar diwilayah Kabupaten Bima.

Setelah itu, pihak BAZ kecamatanlah yang melakukan verifikasi kedudukan para fakir miskin dan mualaf, termasuk beberapa madrasah, masjid, mushalah dan TPQ yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Bima. “Pokoknya delapan asnaf, termasuk madrasah dan sarana ibadah masjid dan mushalah ini semuanya tetap diberikan bantuan. Karena kita sudah menetapkannya sebagai yang berhak menerima bantuan dari hasil zakat Kabupaten Bima dalam tahun 2015 ini,” paparnya.

H. Abubakar menambahkan, meningkatkan hasil zakat pada setiap tahun tersebut, semuanya berkat kerja keras dan berbagai upaya yang nyata yang dilakukan oleh pihaknya bersama seluruh jajaran pengurus BAZDA selama ini. Salah satunya adalah melakukan sosialisasi ke desa-desa, bekerjasama dengan para pengurus BAZ kecamatan dan para UPZ desa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bima. (KS-03)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1612,Hukum Kriminal,2138,Kesehatan,385,Korupsi,748,Olahraga,234,Opini,132,Pemerintahan,1556,Pendidikan,830,Politik,1264,Sosial Ekonomi,2599,
ltr
item
Koran Stabilitas: Hasil Zakat Kabupaten Bima Capai Rp. 2,6 M
Hasil Zakat Kabupaten Bima Capai Rp. 2,6 M
Terbukti, dalam tahun 2015 ini, hasil pengumpulan zakat yang sudah diterima oleh pihak Bazda Kabupaten Bima mencapai sebanyak, Rp.2.658.050.172.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/hasil-zakat-kabupaten-bima-capai-rp-26-m.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/08/hasil-zakat-kabupaten-bima-capai-rp-26-m.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy