$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

SMPN 1 Madapangga Dinilai Tim Provinsi

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tahun 2015 menilai SMP Negeri 1 Madapangga Kabupaten Bima

Bima, KS.- Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tahun 2015 menilai SMP Negeri 1 Madapangga Kabupaten Bima. Tim Penilai dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Daerah Prov. Nusa Tenggara Barat Drs. H. Amir, MM.

Sambutan Ketua Tim Penilai lomba
Sambutan Ketua Tim Penilai lomba

Sebelum penilaian dilakukan Ketua Tim dan enam orang anggota dari Dikes Provinsi, Dikpora Prov, Kementerian Agama NTB, Biro Kesra diterima oleh Kepala Dikpora Kabupaten Bima, Kepala Dikes Kabupaten Bima, Camat Madapangga dan Kepala Sekolah SMPN 1 Madapangga.

Kepala Sekolah SMPN 1 Madapangga sebagai Ketua Tim Pelaksana UKS SMPN 1 Madapangga Drs. H. Abidin dalam pengantarnya memaparkan profil sekolah yang dipimpinnya. SMP Negeri 1 Madapangga didirikan pada tahun 1977 di area tanah seluas 10.680 meter persegi dengan jumlah guru 85 orang.

Lanjut H. Abidin, usaha menciptakan sekolah sehat merupakan program bersama empat kementerian dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi melalui peningkatan perilaku hidup sehat dan bersih serta menciptakan lingkungan yang sehat.

“Sehingga diharapkan siswa dapat merubah perilaku agar memiliki budaya hidup bersih dan sehat serta mampu menanamkan perilaku tersebut di rumah maupun di masyarakat sekitarnya. Sesuai dengan misi sekolah yang salah satunya menumbuhkan dan melestarikan lingkungan sekolah yang rindang, indah bersih dan aman dengan Moto” Terciptanya lingkungan sekolah yang indah dan sehat”ujarnya.

Diakui H. Abidin, di sekolah yang dipimpinnya sudah lama menerapkan program dengan membentuk kader kesehatan dan pembinaan baik oleh guru UKS, Dinas Kesehatan dan dinas lain yang terkait. “Program selanjutnya adalah layanan kesehatan yang dilakukan kader kesehatan, petugas UKS dan Dinas Kesehatan. Program lainnya ialah pembinaan Lingkungan Hidup Sekolah Sehat dengan program unggulan yang dikembangkan seperti membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, menyiapkan kran air dan tempat cuci tangan di setiap kelas,”lapornya.

Disamping itu dirinya mewajibkan untuk mengumpulkan dana sehat setiap bulan Rp1.000 per siswa digunakan untuk kegiatan UKS, mengolah sampah sampah organik, untuk Drainase telah disiapkan beberapa biopori dan lubang resapan air dan apotik hidup berbagai jenis tanaman obat sebagai bahan pelajaran siswa.

PJ. Bupati Bima yang diwakili Kepala Dikes Kabupaten Bima Drs. Hefdin Umar, Apt dalam sambutannya mengatakan, Penilaian pada hari ini memiliki arti yang sangat penting dan bermanfaat sebagai upaya strategis dalam membina dan mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kondisi lingkungan serta program kesehatan anak didik di sekolah.

“Itulah sebabnya Pemerintah Daerah, berharap kiranya acara lomba pada hari ini, tidak hanya menjadi sebuah seremoni rutin, tetapi menjadi momentum yang sangat strategis dalam upaya bersama meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dimulai dari sekolah,”harapnya.

Lomba ini Jelas Hefdin, diharapkan menjadi wahana untuk memberikan motivasi sekaligus penguatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang diharapkan mampu menciptakan suasana kondusif sekolah sebagai sarana belajar bagi anak didik.


“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh jajaran terkait agar bersama sama menumbuh kembangkan pola hidup sehat dan mendukung seluruh program pembangunan dibidang Pendidikan dan kesehatan pada seluruh masyarakat,”pintanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Drs. H. Amir, MM menjelaskan, lomba ditujukan untuk mengevaluasi seberapa jauh, seberapa besar dan seberapa banyak upaya sekolah ini, masyarakat sekitar, para pemangku kebijakan di Kecamatan Madapangga melaksanakan upaya peningkatan dan pengembangan kesehatan sekolah.

“indikator penilaian mencakup muatan pendidikan dalam sekolah, pelayanan kesehatan, wujud utama yang akan dilihat adalah secretariat atau ruang UKS yang didukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung,”bebernya.

Indikator lainnnya adalah, pembinaan lingkungan sekolah yang sehat Lingkungan sekolah tidak hanya dalam lingkaran sekolah melainkan 500 meter jaraknya dari sekolah serta aspek keamanan. (KS.Mul)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: SMPN 1 Madapangga Dinilai Tim Provinsi
SMPN 1 Madapangga Dinilai Tim Provinsi
Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tahun 2015 menilai SMP Negeri 1 Madapangga Kabupaten Bima
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfUy5zZoZMnZJwENciF7szjvJ_cFQwO6Wsl2DLupyCJ5fBpeb9XFfHvEfibRc5yXDKLDVMsJmYPo4xSmSglZiFcpz17ta2jLNcdV8MTcy5Uxy1NWItKJ3lNPcs5DyK8ccQAXP72q5_6ZkI/s400/Sambutan+Ketua+Tim+Penilai+lomba.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfUy5zZoZMnZJwENciF7szjvJ_cFQwO6Wsl2DLupyCJ5fBpeb9XFfHvEfibRc5yXDKLDVMsJmYPo4xSmSglZiFcpz17ta2jLNcdV8MTcy5Uxy1NWItKJ3lNPcs5DyK8ccQAXP72q5_6ZkI/s72-c/Sambutan+Ketua+Tim+Penilai+lomba.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/smpn-1-madapangga-dinilai-tim-provinsi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/10/smpn-1-madapangga-dinilai-tim-provinsi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy