$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Petani Soromandi Berlomba-Lomba Tanam Kacang Tanah dan Jagung

Ribunan petani di Soromandi, mulai dari Desa Bajo, Desa Punti, Desa Wadukopa, Desa Kananta, Desa Sai dan Sampungu, saat ini tengah berlomba-lomba menanam kacang tanah dan jagung.

Soromandi, KS.- Ribunan petani di Soromandi, mulai dari Desa Bajo, Desa Punti, Desa Wadukopa, Desa Kananta, Desa Sai dan Sampungu, saat ini tengah berlomba-lomba menanam kacang tanah dan jagung. Pasalnya, hasil produksi jagung dan kacang tanah dalam beberapa tahun terakhir ini, mengalami kenaikan yang berimbas pada pertumbuhan perekonomian para petani di Soromandi.

Camat Soromandi, M.Yusuf S.Sos saat ditemui di lokasi penanaman lahan miliknya di Desa Kananta beberapa waktu lalu mengatakan, saat ini petani di Soromandi tak lagi berlomba-lomba menanam padi, tapi sebaliknya menanam jagung dan kacang tanah. Harga kacang tanah dan jagung cukup membuat petani berantusias untuk menanam dua jenis pertanian tersebut, dibandingkan jagung atau lainnya.” Petani di Soromandi di era dulu dengan sekarang jauh berbeda. Bahkan saat ini banyak petani yang sudah hidup bermandiri, berkat hasil tani jagung dan kacang, juga bawang merah selama beberapa tahun terakhir ini,” pungkasnya.

Saat disinggung soal lahan percetakan sawah baru seluas 2.780 Hektar di Soromandi tahun 2015 sekarang ?. Camat mengaku lahan tersebut akan ditanam padi, yang merupakan bantuan dari pemerintah. Artinya, di tahun 2016 nanti, hasil tani yang banyak adalah padi, karena tujuan percetakan sawah baru itu, bagaimana program swasembada pangan Pemerinta RI dapat tercukupi.”Lahan cetak sawah baru di Wadukopa dan Sampungu akan ditanam padi semua,”ujarnya.

Camat juga mengaku bangga atas tingginya animo masyarakat sekarang yang berbondong-bondong menanam padi, jagung dan kacang, dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, hanya focus pada padi.”Sekarang petani di Soromandi focus menanam jagung dan kacang, dan padi. Sementara untuk tanam bawang merah, nanti sekitar bulan Maret atau April 2016,”tandasnya seraya mengatakan, bahwa seluruh pegawai camat termasuk dirinya saat sekarang tengah menanam jagung di lahan masing-masing.(KS-001)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Petani Soromandi Berlomba-Lomba Tanam Kacang Tanah dan Jagung
Petani Soromandi Berlomba-Lomba Tanam Kacang Tanah dan Jagung
Ribunan petani di Soromandi, mulai dari Desa Bajo, Desa Punti, Desa Wadukopa, Desa Kananta, Desa Sai dan Sampungu, saat ini tengah berlomba-lomba menanam kacang tanah dan jagung.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/12/petani-soromandi-berlomba-lomba-tanam.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/12/petani-soromandi-berlomba-lomba-tanam.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy