$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Ratusan Hektar Lahan Tidur Dicetak Jadi Sawah

Ratusan hektar lahan tidur yang ada di sejumlah Desa di Kecamatan Wera telah dimanfaatkan oleh warga, untuk dijadi lahan pertanian potensial dengan percetakan sawah baru.

Bima, KS.- Ratusan hektar lahan tidur yang ada di sejumlah Desa di Kecamatan Wera telah dimanfaatkan oleh warga, untuk dijadi lahan pertanian potensial dengan percetakan sawah baru. Lahan yang sudah puluhan tahun diabaikan empunya kini kembali digarap usai dicetak jadi sawah, meski hanya mengandalkan hujan sebagai sumber air satu- satunya.

Amirudin, seorang warga Desa Tawali pemilik lahan yang telah di cetak sawahnya merasa senang karena kini lahannya dapat dimanfaatkan,untuk bercocok tanam. Lahan tersebut menurutnya selama tidak digarap karena tidak terawat disebebkan banyaknya gulma yang tumbuh. “Selama ini lahan kami layaknya seperti kebun,sehingga hasilnya tidak maksimal dan sebelumnya lahan terlihat seperti mangrove,”akunya.

Semenjak lahan tersebut dijadikan sawah dengan adanya percetakan sawah baru dari program pemerintah pusat melalui dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura (Dispertapa) Kabupaten Bima, kini membuat warga dan pemilik sawah menjadi antusias untuk bercocok tanam meskipun baru musiman, karena belum adanya saluran irigasinya. “ lahan ini sudah lama dibiarkan tanpa ditanami, namun kini para pemilik jadi antusias untuk menggarap kembali karna melihat kondisi lahannya sudah bagus setelah dicetak jadi sawah meski masih terlihat kering,”akunya lagi.

Disinggung masalah kwalitas pekerjaan, Amirudin yang juga ketua kelompok tani (poktan) Sonco Laju tersebut mengatakan sudah cukup memuaskan, karena setiap pemilik lahan ikut mengawasi disaat lahan mereka dikerjakan.

Kades Oi Tui Nuhra Amal Iga yang ditemui koran ini dilokasi percetakan sawah di Desa Oi Tui (24/2) mengatakan, kerja kontraktor yang menangani lahan yang ada di desa Oi Tui, dinilainya sudah maksimal." Lahan yang ada di Desa Oi Tui sebagian besar dikerjakan oleh Kontraktor Hasan, kwalitas pekerjaannya sudah cukup memuaskan. Hal itu terbukti karna pemilik lahan tidak ada yang protes setelah lahannya dikerjakan, kalaupun ada yang dinilai kurang bagus, itu hanya lahan tambahan yang diminta oleh warga untuk di gusur saja, bukan lahan target yang sudah di ukur oleh petugas JPS, "jelasnya.

Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Bima menilai agak kurang maksimal. Salah seorang Kasi Dinas Pertanian Ibu Maya yang dihubungi via phone mengatakan, pekerjaan cetak sawah di sebagian tempat di Kecamatan Wera terlihat kurang maksimal, namun sudah berbentuk sawah ." masih ada catatan sedikit- sedikit,"katanya melalui pesan singkat. Namu tidak dijelaskan lokasi yang dipegang oleh kontraktor mana yang dinilainya kurang maksimal tersebut. (KS-11)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Ratusan Hektar Lahan Tidur Dicetak Jadi Sawah
Ratusan Hektar Lahan Tidur Dicetak Jadi Sawah
Ratusan hektar lahan tidur yang ada di sejumlah Desa di Kecamatan Wera telah dimanfaatkan oleh warga, untuk dijadi lahan pertanian potensial dengan percetakan sawah baru.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/02/ratusan-hektar-lahan-tidur-dicetak-jadi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/02/ratusan-hektar-lahan-tidur-dicetak-jadi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy