$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Penguatan Karakter Bangsa, 1.325 Peserta Ikuti Peresmian Nilai Budaya

ari 1.325 peserta yang mengikuti persemian nilai budaya penguat karakter bangsa, merupakan 600 orang dari Dewan Pendidikan, Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah (Kasek) dan guru.

Kota Bima, KS.- Dari 1.325 peserta yang mengikuti Peresmian Nilai Budaya penguat karakter bangsa, merupakan 600 orang dari Dewan Pendidikan, Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah (Kasek) dan guru. Sedangkan sisanya 700 orang, merupakan siswa dari SD/SMP se Kota Bima dan 25 orang guru yang mewakili 25 sekolah dimaksud. Pertemuan yang dihelat di Paruga Nae tersebut, dihelat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud).

Direktorat Sejarah Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, pada tahun 2016 ini mengelar kegiatan peresmian nilai budaya sebagai penguat karakter bangsa, dalam bentuk nonton bareng film inspiratif di 25 Kabupaten/Kota dan Sabtu (16/4), berlansungsung di Convention Hall (Paruga Nae) Kota Bima. Dengan tajuk peresmian nilai budaya sebagai penguat karakter bangsa dengan tema, “Memaknai sejarah dan budaya memperkuat karakter bangsa sebelum 2015.

Kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan pada tahun 2012 di 12 kabupaten/kota, tahun 2013 di 30 kabupaten/kota, tahun 2014 di 12 kabupaten/kota dan tahun 2015 di 25 kabupaten/kota. Kegiatan yang memberikan kesempatan kepada anak didik, dan tenaga pendidik untuk menyaksikan tayangan film Indonesia, yang berkualitas itu, karena mengandung unsur pendidikan sejarah dan karakter bangsa. Kegiatan itu, kembali digelar sebab dinilai sangat efektif, untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa kepada pelajar, dan untuk memetahkan kebutuhan bahan ajar. Serta memberikan bahan ajar alternatif di bidang sejarah dan budaya untuk guru Indonesia.

Dipilihnya flim sebagai salah satu produk budaya, dalam menanamkan nilai-nilai karakter bangsa, karena film dinilai sangat efektif menjadi media pendidikan bagi anak. Proses internalisasi nilai melalui film diharapkan, dapat menciptakan karakter positif melalui karakter yang diperankan dalam film yang diputar yang ditonton oleh seluruh peserta yang hadir tersebut.

Kota yang dipilih untuk menanyakan film layar tancap, adalah bagi kota/kabupaten yang tidak memiliki gedung bioskop (theater). Sehingga dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik dan tenaga pendidik di daerah untuk menonton film-film yang berkualitas, yang dapat menginspirasi dan merangsang siswa untuk berdiskusi mengenai nilai budaya yang terdapat dalam film tersebut.

Beberapa film nasional yang ditayangkan tersebut, seperti Tanah Surga Katanya, Guru Bangsa Tjokrominoto, Sang Kiai, Sang Pencerah, Soekarno, Jenderal Sudirman, Cita-citaku Setinggi Tanah dan kau dan Aku Cinta Indonesia.

Selain menonton flim tersebut, acara persemian nilai budaya itu juga diisi dengan talkshow, yang menghadirkan para pemangku kepentingan, praktisi pendidikan dan kebudayaan serta kalangan artis. Peresmian nilai budaya yang telah dilaksanakan kemendikbud RI di 25 kabupaten/kota tahun 2015 tersebut, yakni Biranau – Aceh, Asahan – Sumatra Utara, Solok Sumatera Barat, Bengkulu Selatan – Bengkulu, Prabumulih – Sumatera Selatan, Kota Metro – Lampung, Serang – Banteng, Sumedang – Jawa Barat, Wonosobo – Jawa Tengah, Lamongan – Jawa Timur, Karangasen – Bali, Kota Bima – NTB, Singkarang – Kalimantan Barat, Kapuas – Kalimantan Barat, Tabalong – Kalimantan Selatan, Kutai Kartanegara – Kalimantan Timur, Tomohon –Sulawesi Utara, Banggai – Sulawesi Tengah, Pare-Pare – Sulawesi Selatan Boalemo – Gorontalo, Kolaka – Sulawesi Tenggara, Halmahera Barat – Maluku Utara, Buru – Maluku, Fakfak – Papua Barat dean Marauke – Papua. (KS – 05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Penguatan Karakter Bangsa, 1.325 Peserta Ikuti Peresmian Nilai Budaya
Penguatan Karakter Bangsa, 1.325 Peserta Ikuti Peresmian Nilai Budaya
ari 1.325 peserta yang mengikuti persemian nilai budaya penguat karakter bangsa, merupakan 600 orang dari Dewan Pendidikan, Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah (Kasek) dan guru.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/04/penguatan-karakter-bangsa-1325-peserta.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/04/penguatan-karakter-bangsa-1325-peserta.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy