$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Harga Bawang di Petani Rp.1,4Juta Perseratus Kilo Gram | Tunggu Naik Harga, Petani Sai Tunda Penjualan

Minggu lalu, harga bawang sempat turun ke harga Rp.10Ribu/Kg atau Rp.1Juta/100Kg. Namun, pada Sabtu (15/10) kemarin, harga bawang naik hingg...

Minggu lalu, harga bawang sempat turun ke harga Rp.10Ribu/Kg atau Rp.1Juta/100Kg. Namun, pada Sabtu (15/10) kemarin, harga bawang naik hingga Rp.1,5Juta. Di prediksikan harga bawang untuk Minggu ke depan bisa diatas Rp.15Ribu/KG. Dengan harga sebanyak itu, baru petani diuntungkan, sedangkan harga Rp.10Ribu hingga Rp.12Ribu/KG, petani hanya dapat untuk kecil, dibandingkan dengan para pedagang yang mencari ke untungan banyak dari hasil keringan para petani bawang selama ini.

Bima, KS.- Di Kecamatan Soromandi, tepatnya di Desa Kananta dan Sai, para petani sekarang tengah memanen bawang. Harapan besarnya mendapatkan harga jual bawang Rp.2Juta/100Kg sebagaimana yang dikatakan Kepala Bulog Bima beberapa waktu lalu, hanya pepesan kosong belaka. Terbukti, harga beli oleh para pedagang bawang sekarang, maksimal Rp.1,4Juta-1,5Juta, terjadi kenaikan harga dari seminggu sebelumnya.

Camat Soromandi, M.Yusuf S, Sos membenarkan naik turunnya harga bawang tersebut, akibat ulah para cukong bawang yang tidak konsisten dengan penetapan harga sesungguhnya. Katanya, turunya harga bawang membuat para petani bawang murung, bahkan akan berakibat kurangnya petani untuk menanam bawang ke depan. Sedangkan, kebutuhan bawang secara nasinoal, Bima adalah salah satu Daerah yang dipercaya oleh pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan bawang secara Nasional.”Kalau mau terpenuhi kebutuhan bawang di Tingkat Nasional, maka pemerintah harus bersikap serius dan memperhatikan secara khusus nasib para petani bawang,”kata Camat.

Camat mengkhawatirkan, petani di Soromandi akan datang tak lagi banyak yang menanam bawang. Masalahnya, harga bibit bawang kemarin hampir mencapai angka Rp.4Juta, minimal Rp.3Juta. belum lagi harga obat-obatan dan pupuk yang langka dirasakan para petani bawang. Sehingga ada beberapa petani bawang yang membeli pupuk urea di Desa lain atau Kecamatan lain, demi memenuhi kebutuhan selama proses tanam hingga panen.

“Kasihan petani kita sekarang. Sudah harga bibit mahal, ditambah harga obat dan pupuk maha, terus dihadapkan lagi dengan harga beli pedagang bawang yang turun. Nah, ini harus ada perhatian serius dari pemerintah, agar petani di untungkan, bukan para cukong atau pedagang bawang yang hanya bisa mencari keuntungan banyak, tapi nasib petani tidak dipikirkan,”ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kades Sai, Arifin mengaku saat ini para petani bawang di Sai tidak seluruhnya menjual bawang hasil panennya. Hanya sebagian kecil petani yang menjual seluruh dari hasil panen, lantaran harga bawang turun drastis, dari semulanya mencapai Rp.3Juta lebih.”Saya ingatkan kepada warga saya agar tidak dulu menjual bawang mereka. Bagi yang punya utang, baik untuk beli bibit atau obat-obatan, supaya jual sesuai kebutuhan, sayanya ditunda dulu penjualan sambil menunggu naiknya harga,”pungkasnya.

Petani bawang, O,on pun mengharapkan agar pemerintah memiliki kepedulian sedikit untuk nasib para petani bawang. Jika pemerintah tak perhatikan, maka nasib petani akan semakin memburuk seperti tahun sebelumnya.”katanya harga bawang minimal Rp.2Juta/100KG di Tahun 2016, sekarang pedagang membeli bawang sampai angka Rp.1,1Juta. Karena itu, saya berharap agar pemerintah dibawah kendali Hj. Indah Damayanti Putri sekarang, membangun komunikasi dengan pihak bulog, agar terlibat membeli bawang petani, sehingga pedagang tidak berani bermain,”harapnya.(KS-Ib)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1387,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1079,Sosial Ekonomi,2377,
ltr
item
Koran Stabilitas: Harga Bawang di Petani Rp.1,4Juta Perseratus Kilo Gram | Tunggu Naik Harga, Petani Sai Tunda Penjualan
Harga Bawang di Petani Rp.1,4Juta Perseratus Kilo Gram | Tunggu Naik Harga, Petani Sai Tunda Penjualan
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/harga-bawang-di-petani-rp14juta.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2016/10/harga-bawang-di-petani-rp14juta.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy