$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Ketika Tokoh Donggo Peristiwa Tahun 1972 Berbicara | Orang Donggo Jangan Mau Ditindas dan Dijajah

Peristiwa melawan rezim orde baru di Tahun 1972 oleh seluruh warga Kecamatan Donggo, hingga sekarang menjadi sejarah yang tak akan pernah te...

Peristiwa melawan rezim orde baru di Tahun 1972 oleh seluruh warga Kecamatan Donggo, hingga sekarang menjadi sejarah yang tak akan pernah terlupakan. Lima orang tokoh donggo yang dipercaya untuk memperjuangkan aspirasi rakyat menuntut keadilan pembangunan di era itu, saat ini hanya tersisa satu orang yang masih hidup yakni H.Abas Saoya, sementara empat orang lainnya telah wafat lebih dulu.

Ilustrasi

BIMA, KS.- H.Abas Saoya hadir dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) Paguyuban Donggo Soromandi yang digelar di Aula Pertemuan SMAN 2 Kota Bima Minggu (16/9) pagi kemarin. Pada kesempatan itu, H.Abas sedikit mengulas kembali tentang peristiwa itu terjadi Tahun 72. Katanya, satu-satunya warga yang tidak mau membayar pajak saat rezim itu hanyalah masyarakat Donggo. Kenapa ?. Karena saat itu rezim pemerintah tidak pernah peduli dengan kepentingan dan kebutuhan rakyat Donggo, terutama soal pembangunan yang sama sekali tidak menyentuh di donggo.

Namun, setelah diberikan perlawanan dengan melakukan demonstrasi besar-besaran oleh warga Donggo di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tingkat Dua Bima waktu itu, ketika itu pula pembanguna di Donggo mulai masuk.

Artinya, orang Donggo jangan pernah mau dengan penindasan dan penjajahan yang dilakukan oleh pemerintah. Bila melihat pemerintah itu tidak menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, maka lawan dan tuntutlah keadilan untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Ingat, orang donggo jangan mau ditindas dan dijajah. Bla didepan matamu ada kezholiman yang tidak berani diungkap oleh orang lain, maka majulah menjadi warga Negara yang memperjuangkan nasib orang banyak, meski harus dengan jiwa ragamu,” ujarnya.

Di era rezim saat itu, TNI dan Polri dikerahkan untuk membubarkan massa yang turun dari Donggo, tapi sejengkalpun warga Donggo tidak mundur. Karena yang dituntut warga Donggo saat itu adalah pembangunan yang merata kebenaran itu diatas segala-galanya.”Sekali lagi, saya pesankan kepada seluruh warga Donggo juga soromandi sekarang agar tidak takut akan kebenaran. Lawan sampai titik darah penghabisan, karena kebathilan itu akan tetap terkalahkan oleh kebenaran,” paparnya.

Pada kesempatan itu, H.Abas juga meminta kepada seluruh warga Donggo Soromandi agar tidak berpecah belah, dan bersatulah untuk membangun organisasi paguyuban agar jauh lebih baik dan berkembang dari sebelumnya.”Siapa lagi generasi bangsa yang bisa menjaga dan membawa nama donggo, kalau bukan generasi sekarang dan ke depannya,” pungkasnya.

Dan kepada Ketua serta pengurus baru paguyuban Donggo Soromandi agar bahu membahu membangun organisasi dengan baik.”Bangunlah dari ketiduran untuk membangun dan menjaga nama baik Daerah ini, khususnya nama baik donggo. Jangan pernah takut dengan kebenaran, teruslah berjuang untuk kemashalatan orang banyak,” pintanya.(KS-R01)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1018,Hukum Kriminal,1765,Kesehatan,220,Korupsi,613,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1247,Pendidikan,711,Politik,969,Sosial Ekonomi,2230,
ltr
item
Koran Stabilitas: Ketika Tokoh Donggo Peristiwa Tahun 1972 Berbicara | Orang Donggo Jangan Mau Ditindas dan Dijajah
Ketika Tokoh Donggo Peristiwa Tahun 1972 Berbicara | Orang Donggo Jangan Mau Ditindas dan Dijajah
http://1.bp.blogspot.com/-EMmS4R_ExfM/U7QiVk0bOsI/AAAAAAAAAKE/kCIz9wZ4I9E/s1600/Rumah+Ferra+%E2%80%9CDiserbu%E2%80%9D+Mahasiswa.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-EMmS4R_ExfM/U7QiVk0bOsI/AAAAAAAAAKE/kCIz9wZ4I9E/s72-c/Rumah+Ferra+%E2%80%9CDiserbu%E2%80%9D+Mahasiswa.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2017/09/ketika-tokoh-donggo-peristiwa-tahun.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2017/09/ketika-tokoh-donggo-peristiwa-tahun.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy