$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Petani Jagung Jatiwangi Keluhkan Serangan Babi

Saat ini, tanaman jagung petani yang terdiri dari tiga dua kelompok, yaitu Kelompok Oi Nggoro dan Kelompok Dewa Bedi yang ada di Wilayah G...

Saat ini, tanaman jagung petani yang terdiri dari tiga dua kelompok, yaitu Kelompok Oi Nggoro dan Kelompok Dewa Bedi yang ada di Wilayah Gunung Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, sedang berbuah dan berisi. Dalam kondisi itu, rentan dengan serangan Babi hutan, sehingga tidfak sedikit tanaman jagung petani rusak akibat dimakan babi.

Ilustrasi

KOTA BIMA,KS.- Semangat para petani untuk mensukseskan program pemerintah, saat ini cukup antusias dengan berlomba-lombanya menanam jagung hibrida. Kondisi cuaca musim tanam pertama tahun 2018 sangat bagus. Dengan demikian banyak yang meemprediksikan para petani akan mengalami keuntungan dimusim panen mendatang. Namun dibalik bagusnya curah hujan tahun ini, kendala yang dihadapi para petani adalah serangan babi hutan yang merusak tanaman jagung petani khusunya yang ada di lahan pertanian Jatiwangi.

Menurut sejumnlah petani yang telah puluhan tahun menggarap lahannya, serangan babi hutan tahun ini, merupakan yang terparah selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini. “Ini serangan babi yang paling parah, selama ini. Dan saya baru rasakan tahun ini. Kita tidak bisa tidur sepanjang malam, pahal pagar kita cukup rapat dan kuat.”keluh Ismail Ishaka, minggu kemarin.

Demikian juga yang disampaikan oleh Joni, petani yang menggarap lebih kurang lima hektar lahan jagung ini, mengaku kewalahan menghadapi seranagan bai tahun ini. Menurutnya, serangan babi saat ini cukup merepotkan, padahal pagar dan benteng batu sudah cukup tinggi, namun masih bisa diserangnya. “Sebahagian besar tanaman jagung saya rusak dimakan babi, padahal kita sudah maksimal menjaga dan melindungi tanaman kita, tetapi masih saja bisa lolos,”keluhnya.

Selain penjagaan yang super ketat, pamagaran baik dengan benteng batu, bahkan kawat bronjongpun masih dapat dibobol babi hutan. Sehingga sehingga banyak petani yang pesimis dengan hasil panen tahun ini. Untuk menyelamatkan sebahagian tanaman jagung yang tersisa, dan kebutuhan mendesak para petani, yaitu mengharapkan bantuan pemerintah berupa jaring dan juga plastic hitam.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan pemerintah untuk menyelamatkan sebahagian tanaman jagung kami. Karena dengan bantuan jarring dan plastic itu, akan mampu menyelamatkan tanaman jagung, sehingga kami dapat menimakti panen nantinya,”harap Joni.

Menurut Joni dengan adanya jarring dan plastic hitam itu, membuat babi dan takut sehingga tidak dapat menjembol pagar dan kawat brojong, sehingga tanaman jagung bisa aman dari gangguan babi hutan, yang saat ini, berkeliaran sepanjang malam. “hebatnya babi di tahun ini, megrim itu sudah menyerang, belum lagi ditengah malam dan sekarang babi sudah beeregerombol sehingga sakali masuk banyak tanaman yang dihabisinya. Untuk itu kami sangat mengharapkan bantuan dari pememrintah untuk dapat menangkal serangan babi hutan,”lanjutnya lagi. (KS-MUL)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1388,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1080,Sosial Ekonomi,2378,
ltr
item
Koran Stabilitas: Petani Jagung Jatiwangi Keluhkan Serangan Babi
Petani Jagung Jatiwangi Keluhkan Serangan Babi
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s1600/Tanaman%2BJagung.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s72-c/Tanaman%2BJagung.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/02/petani-jagung-jatiwangi-keluhkan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/02/petani-jagung-jatiwangi-keluhkan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy