$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

JAGUNG BIMA URIN DI SAMPUNGU SIAP PANEN

Bibit jagung Bima Urin yang sempat heboh beberapa bulan lalu, terutama di Wilayah Soromandi saat ini menjadi jagung idola bagi beberapa kelo...

Bibit jagung Bima Urin yang sempat heboh beberapa bulan lalu, terutama di Wilayah Soromandi saat ini menjadi jagung idola bagi beberapa kelompok tani (Koptan) di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi. Bahkan, khusus koptan di Soridempa siap untuk dipanen secara perdana oleh pemerintah Kabupaten Bima, bila berkenaan untuk dilakukna panen raya.” Kata salah satu kelompok tani, Ruslin H.Abdullah kepada wartawan Koran Stabilitas Minggu kemarin di So Lambu.

Ruslin H.Abdullah

BIMA, KS.- Ribuan hektar lahan kosong di Desa Sampungu yang sebelumnya nyaris tak dimanfaatkan oleh warga, saat ini hampir dipenuhi tanaman jagung. Sebulan ke depan, jagung milik ratusan petani di desa setempat akan dipanen, bahkan di minggu ini ada beberapa petani sudah mulai memanen jagungnya.

Ruslin mengaku bahwa animo masyarakat Sampungu untuk menanam jagung di tahun ini cukup tinggi, dibandingkan tahun sebelumnya.Hal itu, akibat tingginya harga jual jagung di tahun lalu, ditambah harga bawang merah yang turun drastis, sehingga membuat petani mengalihkan tanaman, dari tanaman bawang menjadi tanaman jagung.

“Kalau harga jagung tahun ini bisa diatas Rp.3ribu perkilogram, maka tidak tutup kemungkinan, petani yang tanam bawang merah akan berkurang banyak. Pasalnya, untuk tanam bawang butuh modal banyak, mulai dari penggarapan lahan, beli bibit, belum untuk beli obat dan biaya panen. Sementara untuk tanam jagung, petani butuh dana sedikit saja sebagai modal awal hingga panen,” jelasnya.

Ruslin berharap agar di panen perdana jagung bima urin bisa hadir Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, atau Wakil Bupati Bima, Drs.H.Dahlan, juga bisa oleh Sekda Kabupaten Bima, Drs.H.Taufik HAK, minimal Kepala Dinas Pertanian yang datang panen raya jagung bima urin yang sebelumnya bermasalah soal kwalitas bibit tersebut.

“Buktikan kepada warga lain, bahwa bibitjagung bima urin bisa memproduksi jagung dalam jumlah yang memuaskan bagi petani perhektarnya,” tegasnya.


Senada juga disampaikan oleh kelompok tani lain, Dufai. Pemuda berbadang besar yang biasa dipanggil Lenge ini menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bima yang telah banyak memberi bantuan bibit jagung untuk petani di Desa Sampungu, termasuk dirinya menjadi Ketua Kelompok Tani.

Karena itu, ia berharap agar di tahun akan datang, kelompok tani jagung di sampungu ditambah lagi pemberian bantuan oleh Dinas pertanian.”Saya yakin dan percaya, bahwa petani jagung di sampungu tahun ini, akan banyak yang sukses, yaitu sukses mendapat hasil produksi dari menanam jagung,” tuturnya yakin.(KS-Raf)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1388,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1080,Sosial Ekonomi,2378,
ltr
item
Koran Stabilitas: JAGUNG BIMA URIN DI SAMPUNGU SIAP PANEN
JAGUNG BIMA URIN DI SAMPUNGU SIAP PANEN
https://2.bp.blogspot.com/-qTzEb1VVIT4/WqnyaiyqLOI/AAAAAAAAEp0/xCKRa_eiyTIyGRfA0zZLEu6fzojAVOpRQCLcBGAs/s640/Ruslin%2Bdan%2BDufai%2B%25282%2529.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-qTzEb1VVIT4/WqnyaiyqLOI/AAAAAAAAEp0/xCKRa_eiyTIyGRfA0zZLEu6fzojAVOpRQCLcBGAs/s72-c/Ruslin%2Bdan%2BDufai%2B%25282%2529.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/03/jagung-bima-urin-di-sampungu-siap-panen.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/03/jagung-bima-urin-di-sampungu-siap-panen.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy