$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Mayoritas Warga Donggo Tanam Jagung Hibrida

Dalam beberapa tahun terakhir ini, warga Kecamatan Donggo di seluruh Desa berlomba-lomba untuk menanam jagung. Selain lantaran harga jagung ...

Dalam beberapa tahun terakhir ini, warga Kecamatan Donggo di seluruh Desa berlomba-lomba untuk menanam jagung. Selain lantaran harga jagung yang sedikit naik, tapi juga di Donggo lahannya sangat tepat untuk untuk penanaman jagung, kedelai dan sejenis tanamaan lainnya, kecuali bawang merah.”Demikian dikatakan Kepala UPT Pertanian Kecamatan Donggo, Abdul Rauf S,Sos saat datang ke Kantor Stabilitas kemarin.

Ilustrasi

BIMA, KS.- Hampir semua wilayah Kecamatan di Kabupaten Bima saat ini menanam jagung hibrida, terutama bagi warga Kecamatan Donggo dan Soromandi. Alasannya, selain pemerintah pusat juga Kabupaten bima menyiapkan bantuan bibit jagung yang begitu banyak, namun selama ini warga atau petani telah menjadikan budaya tiap tahun untuk menanam jagung.

“Kalau menanam jagung, modalnya sedikit dan untungnya banyak. Sedangkan tanaman lain seperti bawang merah, harus mengeluarkan modal banyak, tapi untungnya juga banyak,” jelas Rauf.

Khusus di Kecamatan Donggo, lahan yang telah ditanam jagung hampir menyeluruh di semua Desa. Terutama di Desa Kala, Desa O,o, Desa Mpili dan desa-desa lainnya. Dengan kelompok tani menyampai ratusan kelompok tani jagung.”Di Donggo kemarin ada banyak kelompok yang menerima bantuan bibit jagung. Ya, Alhamdulillah, semua bibit bantuan telah ditanam oleh petani dan saat ini tengah memanen hasil tanaman mereka (petani,red),” urainya.

Ia berharap ke depan bantuan pemerintah baik berupa bibit jagung, bibit kedelai atau palawija lainnya dapat disalurkan sebanyak mungkin di Donggo dan sekitarnya, karena Donggo merupakan lahan yang sangat cocok untuk memperbanyak produksi jagung dan kedelai.

“Semoga saja, Donggo dan Soromandi menjadi prioritas utama untuk pengembangan wilayah atau perluasan tanaman jagung dan kedelai,” harapnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris UPT Pertanian Kecamatan Soromandi, Amran mengakui bahwa animo masyarakat Soromandi di Tahun ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya yang menanam jagung.”Tahun ini lebih banyak warga yang tanam jagung, dibandingkan tahun kemarin. Hasil produksi juga sepertinya meningkat tajam dari sebelumnya. Imbasnya juga, akan menambah pendapatan warga di soromandi di tahun ini,” tandasnya.(KS-Raf)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1369,Hukum Kriminal,1871,Kesehatan,281,Korupsi,619,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1363,Pendidikan,716,Politik,1068,Sosial Ekonomi,2375,
ltr
item
Koran Stabilitas: Mayoritas Warga Donggo Tanam Jagung Hibrida
Mayoritas Warga Donggo Tanam Jagung Hibrida
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s1600/Tanaman%2BJagung.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s72-c/Tanaman%2BJagung.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/05/mayoritas-warga-donggo-tanam-jagung.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/05/mayoritas-warga-donggo-tanam-jagung.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy