$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


INOVASI Ajak Masyarakat Dua Desa Kenali Isu Literasi dan Numerasi di Dompu

Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), dari Program Kemitraan Pemerintah Australia – Indonesia dalam peningkatan mutu pendidikan a...


Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), dari Program Kemitraan Pemerintah Australia – Indonesia dalam peningkatan mutu pendidikan anak sekolah khususnya bidang literasi dan numerasi, mengajak masyarakat Desa Ranggo dan Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu untuk memahami isu terkait pendidikan dan mengenali masalah yang ada di Kabupaten Dompu.

Kegiatan Lokakarya Pembelajaran Literasi di Desa Ranggo, Kecamatan Pajo

DOMPU,KS.-
Pengenalan terhadap isu kepada masyarakat ini dimulai pada kegiatan loka karya sebagai salah satu langkah awal dari implementasi program rintisan Kabupaten Dompu yang berfokus pada peran masyarakat untuk berkontribusi aktif meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tahap awal. Dengan menitikberatkan pada pendekatan Solusi Lokal untuk Masalah Lokal.

Salah satu faktor adanya isu yang dimaksud adalah kurangnya peran masyarakat dalam bidang pendidikan sehingga menjadi salah satu faktor rendahnya tingkat kemampuan literasi dan numerasi anak-anak SD/MI di Dompu. Melalui program rintisan diberi nama Belajar di Sekolah dan Masyarakat (BERSAMA) bertajuk peningkatan peran masyarakat untuk turut serta membangun mutu pendidikan.

Kegiatan lokakarya yang digelar awal bulan Juni lalu bertemakan “Lokakarya PDIA Literasi”. PDIA sendiri merupakan singakatan dari Problem Driven Iterative Adaptation yang adalah pendeketan solusi lokal untuk masalah lokal yang mendasari setiap program rintisan INOVASI. Tujuan kegiatan adalah mengajak pemerintah dan masyarakat untuk turut menemukenali dan menganalisis masalah pembelajaran literasi dan perlindungan anak di masyarakat.

“Bukan hanya sekadar pelatihan tetapi ide masyarakat untuk turut berkontribusi menemukan solusi yang tepat, menyelesaikan masalah baca-tulis-hitung, calistung,” jelas salah seorang Education Advisor Program INOVASI Provinsi NTB, Sri Karna pada media ini.

Kegiatan diadakan di Desa Ranggo pada lalu ini, dilengkapi dengan sub-kegiatan untuk menilai kelayakan tim kerja komunitas (TKK) Desa Lepadi yang sudah terbentuk sebelumnya, terkait isu perlindungan anak, difasilitasi oleh Spesialis Perlindungan Anak Program INOVASI yang dihadiri oleh pemerintah desa, komite sekolah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu.

Sekretaris Desa Ranggo, Dedi Purwanto., mengatakan program ini terkesan baru diperkenalkan di Dompu khususnya di Desa Ranggo. Meski begitu, pemerintah Desa Ranggo telah mengalokasikan anggaran dari ADD/DD untuk memberikan dana bantuan kepada empat PAUD di Desa Ranggo dengan 12 guru, sebagai bentuk konkret komitmen pemerintah di bidang pendidikan.

“Setiap tahunnya, pemerintah desa menyediakan anggaran Rp 100,000 untuk setiap guru. Artinya, pemerintah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 14,400,000 setiap tahunnya,” ungkap Dedi. (KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1620,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1271,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: INOVASI Ajak Masyarakat Dua Desa Kenali Isu Literasi dan Numerasi di Dompu
INOVASI Ajak Masyarakat Dua Desa Kenali Isu Literasi dan Numerasi di Dompu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnUf5EQt6F14we-NWnYbuo94he2YC90rBrnqxG1phgezwxTCzj5RgfF6UxRvW3DQIG57EcbTyF1fLm0bWeHwYYodCKvGBTHG1d4bbWcYcH47Y3Dl-z_-rI0SNyEowIfWBSOmpqvZq58xgk/s640/Inovasi+untuk+Anak+Sekolah+Indonesia+%2528INOVASI%2529.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhnUf5EQt6F14we-NWnYbuo94he2YC90rBrnqxG1phgezwxTCzj5RgfF6UxRvW3DQIG57EcbTyF1fLm0bWeHwYYodCKvGBTHG1d4bbWcYcH47Y3Dl-z_-rI0SNyEowIfWBSOmpqvZq58xgk/s72-c/Inovasi+untuk+Anak+Sekolah+Indonesia+%2528INOVASI%2529.jpeg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/07/inovasi-ajak-masyarakat-dua-desa-kenali.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/07/inovasi-ajak-masyarakat-dua-desa-kenali.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy