$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Rumah Tunggu Kelahiran Akan Tekan Angka Kematian Ibu

Dalam rangka mengupayakan menekan angka kematian ibu hamil di Kabupaten Dompu, Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu kini telah menyediakan Rumah ...

Dalam rangka mengupayakan menekan angka kematian ibu hamil di Kabupaten Dompu, Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu kini telah menyediakan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK). RTK ini bisa dijadikan tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan bayi bersama pendampingnya sebelum dan setelah persalinan.

Ilustrasi

DOMPU,KS.- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Hj. Iris Juita Kastianti SKM, M.M.Kes., mengatakan kehadiran RTK ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Dompu untuk mengurangi risiko kematian ibu dan anak. Katanya, salah satu indicator kesejahteraan suatu daerah diukur dari tingkat kematian ibu dan anak. “Dengan adanya RTK diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi seluruh warga Dompu yang membutuhkan” harapnya.

Berdasarkan data dari Dikes, angka kasus kematian ibu selama 3 tahun terakhir di Kabupaten Dompu mengalami penurunan yang signifikan, terhitung sejak tahun 2015, jumlah kasus kematian ibu tercatat 12 kasus, menurun menjadi 6 kasus pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 hanya 4 kasus.

“Sementara untuk tahun ini, hingga bulan Mei 2018 kasus kematian ibu di Kabupaten Dompu masih nol,” ungkapnya

Dengan adanya RTK ini, Dikes akan mampu menekan jumlah kasus kematian ibu. RTK ini terletak di depan RSUD Dompu (Jalan dr. sutomo, Bada, Dompu) sehingga memudahkan pasien dan keluarganya yang hendak mendapatkan perawatan di RSUD Dompu.

“RTK mulai siap digunakan pada bulan Mei 2018, sedangkan biaya opreasional RTK memanfaatkan dana Jampersal yang meliputi biaya listrik, air, tenaga teknis, tenaga kebersihan, dan biaya konsumsi penunggu pasien keluarga 3 x sehari selama dirawat,” jelas Hj. Iris

RTK ini lanjut Kadikes Dompu, dihajatkan sebagai bentuk pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, bersalin, dan nifas yang sulit mendapatkan akses ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan status kesehatannya. Katanya, rumah tunggu kelahiran ini diperuntukkan bagi ibu hamil yang sudah menjelang waktu melahirkan. “Meski sederhana, bangunan RTK ini punya peran penting dalam menjaga ibu dan bayinya agar selamat dan sehat” tukas Hj. Iris.

Dengan tinggal di rumah tunggu kelahiran, urai Hj Iris, kesehatan ibu dan janin jelang persalinan bisa dipantau dengan baik. Ini penting untuk mengurangi risiko kematian ibu dan bayi. Apalagi rumah tunggu tersebut letaknya sangat dekat dengan RSUD Dompu, yakni tepat di seberang jalan lokasi RSUD.

“Selama tinggal di rumah tunggu, ibu-ibu hamil juga mendapatkan konsumsi 3 x sehari. Para ibu hamil juga dibekali buku kesehatan ibu dan anak (KIA) yang berisi tentang pengetahuan dari kehamilan mulai 0 bulan sampai anak usia 5 tahun. Sehingga saat pulang ke rumah, ibu diharapkan bisa merawat bayi dan mengetahui teknik menyusui dengan baik, serta memperhatikan juga gizi ibu dan anak” terang Hj. Iris.

Dia menjelaskan, saat ini kurang lebih 20% ibu bersalin belum terlayani di fasilitas kesehatan sehingga persalinan dirasakan menjadi tidak aman dan memiliki risiko sangat besar yakni kematian ibu dan bayi. Hal tersebut disebabkan oleh kendala akses yang sulit dan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang masih rendah. termasuk tidak memiliki Jaminan Kesehatan Nasional seperti JKN, KIS dan BPJS atau sumber pembiayaan kesehatan lainnya. (KS-RUL)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1272,Hukum Kriminal,1841,Kesehatan,251,Korupsi,618,Olahraga,148,Opini,50,Pemerintahan,1338,Pendidikan,714,Politik,1040,Sosial Ekonomi,2333,
ltr
item
Koran Stabilitas: Rumah Tunggu Kelahiran Akan Tekan Angka Kematian Ibu
Rumah Tunggu Kelahiran Akan Tekan Angka Kematian Ibu
http://3.bp.blogspot.com/-aSJOFpdpx7o/VmuNMXIqOsI/AAAAAAAACVo/qWvHid-I_6k/s400/inna-lillah-wa-inna-ilaihi-rajioon1.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-aSJOFpdpx7o/VmuNMXIqOsI/AAAAAAAACVo/qWvHid-I_6k/s72-c/inna-lillah-wa-inna-ilaihi-rajioon1.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2018/07/rumah-tunggu-kelahiran-akan-tekan-angka.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2018/07/rumah-tunggu-kelahiran-akan-tekan-angka.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy