$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Menakar Hasil Pileg DPRD Kota Bima | Tiga Tahta Pimpinan, Siapakah Pemangkunya

Drama pemilihan legislatif tingkat Kota Bima pada pemilu serentak tahun 2019 ini, begitu menarik dan seksi untuk dibicarakan publik. Bukan s...

Drama pemilihan legislatif tingkat Kota Bima pada pemilu serentak tahun 2019 ini, begitu menarik dan seksi untuk dibicarakan publik. Bukan saja soal banyaknya calon incumbent yang tidak lolos dalam kompetisi panas perebutan 25 kursi wakil rakyat di Kota Bima, lebih dari itu tiga tahta pimpinan, siapa saja dan partai mana saja yang berpeluang menempatinya. Informasi yang dihimpun sementara, ada 5 partai yang mendapatkan 3 kursi di DPRD Kota Bima.

Ilustrasi

Kota Bima,KS-Tiga tahta kursi empuk pimpinan DPRD Kota Bima, menggelinding entah siapa yang pasti akan mendudukinya. Semua berpulang pada hasil perhitungan akhir di tingkat Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Bima sendiri.

Jika merujuk dari informasi sementara yang dihimpun, ada 5 partai politik yang mendapatkan kursi terbanyak yakni masing-masing 3 kursi. Selebihnya partai politik hanya mendapatkan 2 kursi dan satu kusri bahkan ada yang sama seklai tidak mendapatkan jatah kursi di DPRD Kota Bima.

Kembali membicarakan partai yang berpeluang menikmati 3 kursi pimpinan dewan, dari lima partai politik semuanya masih terjadi saling klaim pemilik suara yang siginifikan untuk menduduki kursi pimpinan dewan. Sebut saja 5 partai politik dimaksud, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PBB.

Ketua Partai Golkar Kota Bima, Alfian Indra Wirawan S Adm, justeru sudah terlebih dahulu mengklaim dan memastikan, partai yang dipimpinnya sebagai pemilik suara tertinggi tingkat Kota Bima. Itu artinya kata Dae Pawan sebutannya, ketua DPRD Kota Bima milik partai Golkar dan dipastikan pula sebagai ketua partai dan pemilik suara terbanyak internal partai, dirinya akan diputuskan oelh partai sebagai Ketua DPRD Kota Bima.

Nah, bicara sosok Alfian Indra Wirawan yang telah mengabdikan diri 10 tahun di lembaga wakil rakyat Kota Bima atau telah dua periode dan tiga periode dengan ini untuk DPRD Kota Bima 2019-2024, tentu bukanlah figur instan dan karbitan. Tempaan politik dan dinamika sosial kemasyarakatan serta pemerintahan, menjadi bukti sebagai satu diantara sekian legislator yang terkenal vokal dan selalu menjadi tameng masyarakat dalam berbagai persoalan yang terjadi di Kota Bima.

Klaim sebagai partai pemilik suara terbanyak pada pileg 2019 untuk Kota Bima, bukanlah hal yang aneh dan mengada-ada, sebab ditangan pria genteng ini, partai Golkar, khusus selama prosesi pemilu serentak 2019, diakuinya, seluruh kader dan simpatisan bekerja penuh dedikasi dan sekuat hati.

“Semua dilakukan secara bersama seluruh caleg, kader dan simpatisan serta pendukung. Hasil yang kami peroleh murni kecintaan pemilih pada partai golkar dan caleg yang ada di Golkar tentunya,”kata Dae Pawan.

Jika merujuk dari perolehan kursi untuk DPRD periode 2019-2024, katanya, partai Golkar tetap konstan pada hasil sebelumnya. Tiga kursi yang diperoleh periode kemarin masih dipertahankan, justeru pada pileg kali ini, partai Golkar jelas Dae Pawan, menapaki kursi Ketua DPRD yang periode kemarin hanyalah sebagai wakil ketua DPRD saja.

Beralih ke kursi pimpinan lain, informasi yang dihimpun sementara, Partai Amanat Nasional (PAN), peroleh suara terbanyak kedua di pileg tingkat Kota Bima. kalau seperti itu adanya, maka dipastikan kursi wakil ketua DPRD Kota Bima akan ditempati PAN.

Lalu pertanyaannya, siapakah dari tiga caleg PAN yang lolos, yakni Samsuri yang sekarang sebagai Ketua DPRD Kota Bima, Yogi Pratama yang bakal menjadi mantu dari Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofian SH dan Syamsudin di Dapil 3 Asakota. Media ini belum mendapatkan siapa pemilik suara terbanyak dari tiga caleg yang diprediksi lolos utusan PAN tersebut. Apakah akan merujuk dari suara perorsangan terbanyak ataukah tergantung sungguh dari kebijakan dan keputusan partai.

Jika menilik dari dua variabel itu, maka menjadi seru untuk dibicarakan, apakah DPC PAN akan mengambil keputusan sebagai wakil ketua DPRD yang diutus berdasar suara terbanyak ataukah tetap mempertahankan Samsuri dikursi pimpinan tersebut, meskipun turun tahta hanya menjadi wakil ketua saja. Lalu seperti apa kebijakan yang akan diambil Ketua PAN Kota Bima, Feri Sofian SH. Apakah akan mengutus calon mantunya sebagai wakil ketua atau akan mengistimewakan Samsuri yang sudah terlanjur pernah menjadi pimpinan dewan.

Kemudian dikursi wakil ketua lainnya, PBB sendiri sudah mengklaim sebagai pemilik suara tertinggi ketiga setelah Golkar dan PAN.

PBB awalnya tidak diprediksi bakal mampu merebut kursi pimpinan DPRD Kota Bima pada Pemilu Legislatif tahun 2019. Namun usai perhelatan itu selesai, faktanya berbicara lain. PBB mampu menunjukan kemampuan untuk meraih kursi pimpinan dewan, melampaui sederet nama partai besar.

Ketua DPC PBB Kota Bima Syamsuddin mengakui, berdasarkan hasil rekapitulasi di 4 PPK, partainya memang tertinggi ketiga, melampaui perolehan suara dari Partai Demokrat. Sementara diurutan pertama dan kedua, ditempati Partai Golkar dan PAN.

“Hasil di 4 PPK, PBB juga yang dapat kursi pimpinan. Tinggal menunggu hasil rekapitulasi di PPK Raba, hari ini kabarnya selesai,” ujar Syamsuddin, pada sejumlah wartawan Rabu pekan ini.

Diakuinya, jika melihat dari hasil C1 internal PBB, di Kecamatan Raba meraih perolehan suara yang tinggi dari Partai Demokrat. Kendati demikian, pihaknya tetap menunggu hasilnya hari di PPK Raba. Ia pun berharap, tak ada pergeseran yang signifikan dari hasil C1 PBB.

Menurut Syamsuddin, jika memang salah satu kursi pimpinan DPRD Kota Bima bisa ditempati PBB, maka ini merupakan capaian yang luar biasa dan di luar ekspektasi. Meski begitu, pihaknya tetap akan menunggu hasil akhir yang ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

Ditanya jika memang dapat kursi pimpinan dewan, lantas siapa dari 3 caleg yang lolos itu akan ditunjuk? Syamsuddin mengaku, ada mekanisme partai yang harus dilalui. Sebagai ketua, dirinya tentu akan berpedoman pada AD ART partai.

“Ada mekanismenya, kita lihat saja nanti siapa yang akan jadi pimpinan dewan dari PBB,”ucapnya.

Sementara itu untuk pemilik tiga kursi lainnya yakni Partai Gerindra, melalui ketua DPC Gerindra Kota Bima, Khalid Bin Walid, mengaku jika partainya saat rekapitulasi akhir di KPU Kota Bima diputuskan sebagai pemilik suara tiga besar, maka dirinya memastikan akan men jadi pimpinan dewan.

“Kalau dapat pimpinan (Gerindara) saya ketua DPC yang dudukin kursi pimpinan DPRD Kota Bima,”ujarnya singkat sembari menanyakan pada koran ini, apakah partai Gerindra masuk di tiga besar ?, yang dijawab pula oleh koran ini, tunggu saja hasil keputusan KPU Kota Bima.

Pemilik suara tiga kursi lainnya, yakni partai Demokratmelalui Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bima, HM Qurais H Abidin, yang dimintai penjelasan soal itu, jika partai Demokrat pada perhitungan akhir KPU masuk di tiga besar suara terbanyak, maka dipastikan Sukri Dahlan sebagai pemilik suara terbanyak di internal Demokrat akan duduk di kursi pimpinan. Itu artinya Rian Kusuma Permadi yang juga anaknya serta merta akan diutus menempati kursi pimpinan DPRD Kota Bima.

Semuanya kita tunggu hasil dari rekapitulasi suara KPU Kota Bima. (KS-Tim)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1023,Hukum Kriminal,1768,Kesehatan,220,Korupsi,613,Olahraga,147,Opini,48,Pemerintahan,1247,Pendidikan,711,Politik,969,Sosial Ekonomi,2232,
ltr
item
Koran Stabilitas: Menakar Hasil Pileg DPRD Kota Bima | Tiga Tahta Pimpinan, Siapakah Pemangkunya
Menakar Hasil Pileg DPRD Kota Bima | Tiga Tahta Pimpinan, Siapakah Pemangkunya
https://1.bp.blogspot.com/-2ecVbCxfn3M/WaVox6m9h-I/AAAAAAAADt4/IxGqqls7aZsjnqqiSFazxR5iSXdIZnekwCKgBGAs/s640/Ilustrasi-Kursi-DPRD.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2ecVbCxfn3M/WaVox6m9h-I/AAAAAAAADt4/IxGqqls7aZsjnqqiSFazxR5iSXdIZnekwCKgBGAs/s72-c/Ilustrasi-Kursi-DPRD.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2019/05/menakar-hasil-pileg-dprd-kota-bima-tiga.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2019/05/menakar-hasil-pileg-dprd-kota-bima-tiga.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy