$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima

BIMA,KS.- Sesuai jadwal yang telah diatur dalam kegaiatan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Bima, tahun 2020 Komisi P...

BIMA,KS.- Sesuai jadwal yang telah diatur dalam kegaiatan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Bima, tahun 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, menggelar Rapat Penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020, di aula kantor KPU Kabupaten Bima Rabu, (23/09).

Dari tiga Pasangan Bakan Pasangan (Bapaslon) yang mendaftarkan diri sebagai Kandidat dalam Pemilukada Kabupaten Bima tahun 2020,dinyatakan sebagai Pasangan Calon (PAslon) karena teklah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan baik oleh Aturan PKPU maupun perundangan-undangan yang berlaku. Ketiga pasangan calon yang dinyaklana lolos sebagai kandidiat tersebut adalah Paslon Hj dinda Damayanti Putri,SE – Drs H.Dahlan HM Nur, (Dinda – Dahlan), Paslon  DRs H Syafruddin HM Nur,M.Pd – Ady MAhyudi,SE (Syafa’ad) dan Paslon dr Irfan –  Drs Herman Alfa Edyson  (Iman). Ketiga pasangan Calon tersebut setelah ditetapkan sebagao pasangan Calon akan mengikuti kegiatan selanjutnya yaoyu penetapan nomor urut paslon yang akan dilaksanakan Kamis (24/9).

Ketua KPU Kabupaten Bima Imran, S. Pdi, SH, menjelaskan semua tahapan yang dilaksanakan,sesuai dengan protocol kesehatan Covid-19 karena hal aitu merupakan salah satu syarat terlaksanakan setiap tahapan dan proses dalam Pimilukada serentak tahun 2020. 

“Setiap  melaksanakan kegiatan, kami tetap mengutamankan protocol kesehatan  Covid – 19, semua yang dilibatkan wajib mentaatinya dengan menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan,”katanya.

Selanjutnya, terhadap Bapaslon yang sudah mendaftar di KPU Kabupaten Bima, telah lakukan Verifikasi administrasinya, dan juga terhadap tanggapan masyarakat telah diklarifikasi.

Tiga Bapaslon, dinyatakan lengkap baik syarat maupun syarat pencalonan, maka hari ini pihak KPU KAbupaten Bima  menyeerahkan salinan tentang penetapan calon Bupati dan wakil Bupati Bima tahun 2020.

“Setelah KPU  menetapkan pasangan calon ini, kemudian tahapan selanjutnya akan dilakuna pengundian nomor urut pada Kamis besok (hari ini,red. Kita telah berkomitmen tidak ada pengerahan massa, TNI dan Polri juga ikut mengawal supaya berjalan secara baik mematuhi protokol Covid-19, karena kami tidak menginginkan adanya klaster baru,” ujarnya.

Penyerahan salinan berkas Paslon oleh KPU Kabupaten Bima, dengan mengikuti yang lebih awal mendaftar yaitu paslon Dinda-Dahlan, kemudian Syafa’ad,  dan IMAN.

Kegiatan digelar KPU Kabupaten Bima tersebut, Di Hadiri Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, perwakilan Polres Bima, Kodim 1608/Bima, serta penghubung tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah,SH pada kesempata Jumpa Per situ menyampaiakan, bahawa proses mulai dari pendaftaran hingga penetapan pasangan calon ini telah diawasi oleh pihaknya sesuai dengan regulasi UU dan PKPU yang telah mengendepankan Protokol kesehatan Covid-19.

“Terhadap tanggapan Masyarakat dengan verifikasi factual  telah kami awasi langsung, dan KPU telah melakukan perbaikan terhadap Syarat dukungan calon atau  bakal calon ketiga bapaslon dan sudah dilakukan sesuai dengan PKPU, Surat Edaran KPU dan UU 10 tahun 2016 artinya semua tahapan ini dilakukan sesuai dengan mekanisme,”ujarnya.

Selanjutnya menurut Abdulah, salah satu tugas Bawaslu terhadap putusan KPU KAbupaten Bima hari ini, yaitu penetapan terhadap tiga pasangan calon, Bawaslu KAbupaten Bima akan menunggu tiga hari kerja terhadap penyampaian sengketa proses yang disampaikan oleh salah satu pasangan calon yang kiranya merasa dirugikan dalam putusan yang diambil oleh KPU.

“Maka tugas kami adalah menerima laporan sengketa proses terhadap putusan yang dilakukan oleh KPU. Mulai hari ini terhitung hingga tujuh hari kedepan, Bawaslu akan menunggu apakah ada sengketa proses yang diajukan atau tidak,”jelasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu lainnya, Junaidin,S.Pd mengingatkan kepada pasangan calon terhadap tahapan yang akan dilakukan selanjutnya termasuk besok (hari ini,red), yaitu pengyundian nomor urut paslon. “kami telah mengirimkan himbauan secara tertulis kepada ketiga paslon untuk mematuhi protocol Kesehatan Covid-19. Artinya dalam pelaksanaan pengundian Nomor urut tidak ada kerumunan massa. Pasangan calon manapun tidak boleh mengiring massa sehingga terjadi kerumunan. Sehingga pada pelaksanaan pengundian nomor urut tidak ada pengerahan massa yang dilakukan oleh seluruh pasangan calon,”tegasnya.

Selain menyampaikan himbaun secara tertulis kepada ketiga pasangan calon, Bawaslu juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan KPU kabupaten Bima, untuk secara tegas menyampaikan hal tersebut kepada paslon. “Ini adalah satu syarat wajib yang harus dipatuhi baik oleh konsestan maupun pelaksana,”tuturnya.

Sementara persoalan yang dikemukakan bang Joe sapaan akrabnya, yaitu terkait dengan proses penetapan pemilih sementara. Yang dilakukan pengawasan secara melekal hingga hari ini. Dari hasil tersebut pihak BAwaslu akan menyampaikan catatan kepada KPU sebagai bahan untuk ditindak lanjuti.

“saat ini sudah terkumpul sebagai hasil pengawasan kami, terhadap DPS yang telah diumumkan oleh jajaran  KPU  ditingkat PPS. Dalam hal ini rekan pers juga diminta keterlibatannya untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk mencermati DPS yang telah diumumkan,”pintaya. (KS/MUL)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1387,Hukum Kriminal,1872,Kesehatan,281,Korupsi,621,Olahraga,149,Opini,50,Pemerintahan,1367,Pendidikan,717,Politik,1079,Sosial Ekonomi,2377,
ltr
item
Koran Stabilitas: KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima
KPU Tetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima
https://1.bp.blogspot.com/-Z14rstrSFc8/X2rumDeLccI/AAAAAAAAKN4/7Vayv-YPXaox3Y8XVqFZ6Dwp_G0lorYQQCLcBGAsYHQ/w400-h266/IMG-20200923-WA0006.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Z14rstrSFc8/X2rumDeLccI/AAAAAAAAKN4/7Vayv-YPXaox3Y8XVqFZ6Dwp_G0lorYQQCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h266/IMG-20200923-WA0006.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2020/09/kpu-tetapkan-pasangan-calon-bupati-dan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2020/09/kpu-tetapkan-pasangan-calon-bupati-dan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy