$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Aliansi Rakyat Pro Demokrasi Demo BPKP NTB

Senin 7 Februari 2022  bertempat di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Nusa Tenggara Barat, puluhan Aliansi Rakyat Pro Dem...

Senin 7 Februari 2022  bertempat di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Nusa Tenggara Barat, puluhan Aliansi Rakyat Pro Demokrasi menggelar aksi menyikapi permasalahan yang terjadi di daerah lingkup provinsi NTB. Aksi tersebut dilakukan terkait kinerja dari Lembaga BPKP perwakilan NTB yang selama ini diduga bermasalah.

Mataram,KS.-Setelah lama berorasi di depan Kantor BPKP tersebut, puluhan mahasiswa melakan audensi. Dari hasil audiensi yang dilakukan pada saat aksi, beberapa tuntutan seperti keterbukaan proses investigasi, mekanisme kerja yang independent tidak diberikan tanggapan yang jelas dari BPKP perwakilan NTB. Dari keterangan yang disampaikan oleh BPKP Perwakilan NTB terdapat indikasi bahwa BPKP belum melakukan tugas dan fungsi secara baik dan benar sebagaimana yang telah diamanahkan oleh peraturan perundang-undangan dimana menganut pada asas independent, professional, objektif dan prinsip kehati-hatian.

Realita yang terjadi saat ini

Berdasarkan dari hasil audiensi dikatakan bahwa BPKP dalam melakukan pekerjaan investigasi seringkali didasari dari data-data dari pihak eksternal dalam hal ini seperti BAP dan dokumen dari pihak kepolisian. Sebagaimana peraturan perundang-undangan yang ada, BPKP harus bekerja dengan metode dan data yang didapat secara benar sebagaimana metode yang baku.

"Selain itu, dalam melakukan investigasi sebagaimana Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pengelolaan Kegiatan Bidang Investigasi dinyatakan bahwa BPKP perlu melakukan pengambilan data dengan menggunakan metode pengambilan secara utuh dengan tidak hanya sebatas sampling agar dinyatakan sah dan valid,"jelas Fauzan Aminullah kepada wartawan koran ini, Senin usai sholat Magrib berjamaah.

Lebih jelas disampaikannya, BPKP yang diberikan Amanah oleh Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014 serta Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 serta beberapa peraturan lain sebagai Lembaga Pengawas Intern Pemerintah, dalam melakukan tugas dan fungsinya semestinya perlu mengacu kepada Asas Umum Pemerintahan yang baik sebagaimana yang tertera dalam Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan diantaranya ialah asas kecermatan,ketidakberpihakan, keterbukaan serta kepastian hukum mengingat betapa besar dampak atau konsekuensi hukum yang muncul dari hasil kerja BPKP tersebut.

"Metode kerja yang berbasis data atau dokumen dari pihak kepolisian tanpa dilakukan Kembali proses pengecekan alat bukti dengan metode yang baik dan benar dapat mengindikasikan bahwa BPKP bertindak atas by order atau atas dasar permintaan pihak kepolisian,"paparnya.

Kata Fauzan, bila cara kerja BPKP yang hanya demikian, maka keindependensian serta asas kecermatan sebagaimana yang termuat dalam Peraturan BPKP No. 17 Tahun 2017 tentang pedoman Pengelolaan Kegiatan Bidang Investigasi serta yang terteraq dalam Undang-undang Administrasi Pemerintahan tidak berjalan dengan semestinya.

"Kami sangat menyayangkan apabila proses kerja yang dilakukan oleh BPKP tersebut mengabaikan prinsip independensi dan kehati-hatian,"tukasnya.

Hal ini kata Fauzan,  dikarenakan dapat menimbulkan akibat serius diantaranya ialah :

Pertama, proses kerja yang tidak dilakukan secara baik dan benar dimana kemudian didapati hasil dari investigasi yang mana akan dijadikan oleh penyidik Kepolisian sebagai dasar untuk mengkriminalisasi rakyat.

Kedua, dapat berpotensi mengakibatkan adanya pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam proses penegakan hukum yang tidak didasarkan dengan bukti yang kuat dan benar.

Ketiga, proses kerja yang tidak berdasar pada prinsip independent dan kehati-hatian dapat berpotensi menciptakan instabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka dengan ini kami aliansi rakyat pro demokrasi menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Mendesak BPKP Perwakilan NTB untuk melakukan kerja secara independent dan cermat.2. Menuntut Pemerintah maupun Dewan Perwakilan Daerah Provinsi NTB agar dapat memanggil dan melakukan evaluasi terhadap kinerja BPKP.3. Menuntut untuk dapat ditegakkannya supremasi hukum sebaik-baiknya.

"Semua tuntutan kami itu harus di atensi,"pintanya.(KS-IM)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Featured,1460,Hukum Kriminal,1987,Kesehatan,297,Korupsi,649,Olahraga,153,Opini,54,Pemerintahan,1444,Pendidikan,752,Politik,1177,Sosial Ekonomi,2483,
ltr
item
Koran Stabilitas: Aliansi Rakyat Pro Demokrasi Demo BPKP NTB
Aliansi Rakyat Pro Demokrasi Demo BPKP NTB
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiRFgs7vM4_DJRH1WjtoEnIPcsK2rxkc7HsAyw5-q-JXFkEkZGZVKKvtw8TEcnHpBu9rxziAuSmBckzQ5kd2UZc35DkeZTx5cucrw_EyK3TUpzU7XsBNyzQIRLsSmawxpk1zqWid0UQU86M_TNymLifppqa8zEeZIqg7EO2MLTkf3mkhvwYizrBQCpgGg=w400-h351
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiRFgs7vM4_DJRH1WjtoEnIPcsK2rxkc7HsAyw5-q-JXFkEkZGZVKKvtw8TEcnHpBu9rxziAuSmBckzQ5kd2UZc35DkeZTx5cucrw_EyK3TUpzU7XsBNyzQIRLsSmawxpk1zqWid0UQU86M_TNymLifppqa8zEeZIqg7EO2MLTkf3mkhvwYizrBQCpgGg=s72-w400-c-h351
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2022/02/aliansi-rakyat-pro-demokrasi-demo-bpkp.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2022/02/aliansi-rakyat-pro-demokrasi-demo-bpkp.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy