$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Alfamart dan Indomart Menumpuk di Kota Bima, Aktivis Peduli Lakukan RDP dengan Dewan

Menumpuknya retail modern seperti Indomart dan Alfamart di wilayah Pemerintahan Kota Bima membawa dampak buruk bagi para pedagang kecil, ter...

Menumpuknya retail modern seperti Indomart dan Alfamart di wilayah Pemerintahan Kota Bima membawa dampak buruk bagi para pedagang kecil, terutama yang jual menggunakan rombong-rombong kecil yang berada di sekitar lokasi pembangunan Alfamart dan Indomart tersebut.


KOTA BIMA,KS.-
Melihat fakta yang dianggap "membunuh" masa depan pedagang kecil tersebut, sejumlah aktivis peduli lingkungan yang menamakan dirinya 

Gerakan Pemuda Marhaen (GPM) Bima melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah anggota dewan di lembaga DPRD kota Bima atau komisi terkait, Selasa (2/11) di ruang  komisi II.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan GPM Firdaus secara tegas mengatakan bahwa wakil rakyat Kota Bima tidak menggunakan fungsi kontrolnya secara maksimal dan terkesan membiarkan kehadiran retail modern tersebut

"Data kami mencatat ada sekitar 21 titik retail modern, Alfamart dengan Ijin Walikota sebanyak 27 titik dan 5 titik Indomaret yang berdiri di Kota Bima," ungkap Ketua GPM Bima Raya, Firdaus.

Pada kesempatan yang luar biasa itu, Firdaus mempertanyakan sikap serta pengawasan lembaga DPRD Kota Bima terutama sekali Komisi II yang membidangi urusan tersebut.

Menanggapi kehadiran GMP Bima Raya,  Ketua Komisi II Drs. Taufik A. Karim, menjelaskan bahwa pada rencana awal kehadiran retail modern di tahun 2020-2021, dirinya pernah memanggil Kepala DPMPT-SP Kota Bima, Drs. Adisan, untuk melakukan klarifikasi. 

Saat itu, kata dia, ijin yang diberikan untuk Alfamart hanya 11 titik saja, dengan mempertimbangkan lokasi di wilayahan pinggiran Kota Bima untuk menopang kebutuhan ekonomi masyarakat.

Namun, di tengah keadaan kesibukan dan banyaknya polemik serta masalah di Kota Bima, keberadaan retail modern justru saat ini diakuinya sudah melebihi dari komitmen awal. 

"Untuk itu, kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kehadiran GPM Bima Raya untuk bersama-sama menelusuri dan mengevaluasi keberadaan toko-toko modern yang jumlahnya sudah terlalu banyak dan menjadi sorotan masyarakat saat ini," ungkapnya.

Atas keberadaan retail tersebut, kata Taufik, saat ini baru satu elemen yang menyoroti persoalan ini. Tentu akan banyak kelompok lain yang semestinya persoalan itu, harus dibahas bersama kembali dengan stakeholder atau dinas-dinas terkait dalam pertemuan selanjutnya bersama teman-teman GPM Bima Raya. 

"Hasil pertemuan kita ini akan kami sampaikan ke Pimpinan. Dan untuk pertemua selanjutnya setelah ada arahan dari Pimpinan akan kami informasikan secepatnya via ponsel teman-teman," kataTaufik.

Pada pertemuan itu, bukan saja dari GMP, namun ada elemen NGO lainnya yang juga menyoroti menjamurnya retail modern tersebut. 

Dalam pertemuan berikutnya, yang harus dihadirkan yakni pihak eksekutif dalam hal ini dihadiri oleh dinas-dinas terkait. Pertemuan berikutnya OPD terkait diharapkan dapat mebawa data-data, dokumen maupun aturan tentang keberadaan retail modern. 

"Kami harap pertemuan kedepan, pihak eksekutif melalui dinas-dinas terkait agar melengkapi diri dengan dokumen maupun aturan tentang keberadaan toko modern. 

Bila perlu, manajemen pihak Alfamart dan Indomaret pun ikut hadir pada pertemuan selanjutnya," harap perwakilan NGO. (KS-Tim)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1528,Hukum Kriminal,2063,Kesehatan,361,Korupsi,718,Olahraga,216,Opini,117,Pemerintahan,1510,Pendidikan,812,Politik,1240,Sosial Ekonomi,2541,
ltr
item
Koran Stabilitas: Alfamart dan Indomart Menumpuk di Kota Bima, Aktivis Peduli Lakukan RDP dengan Dewan
Alfamart dan Indomart Menumpuk di Kota Bima, Aktivis Peduli Lakukan RDP dengan Dewan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhg0OpEZ7gNE4X7DY-VGLdHl4t4FnuCt1Rj6zEdBPD7BByZWxbo5tDBn-YQvI5hdRcy7gnjZ1V8P6yvAJ-dJqmTJF8DNlHxw9xeWLLGiQNpMTw01E4O6iBsGvsbdvQDJNY5kX5DtBcdZY5Nac1MF-ttfzssPukBOgKqILyYdxc3iq3AwfMl8vEM_hGSzQ/w400-h314/IMG-20221102-WA0007.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhg0OpEZ7gNE4X7DY-VGLdHl4t4FnuCt1Rj6zEdBPD7BByZWxbo5tDBn-YQvI5hdRcy7gnjZ1V8P6yvAJ-dJqmTJF8DNlHxw9xeWLLGiQNpMTw01E4O6iBsGvsbdvQDJNY5kX5DtBcdZY5Nac1MF-ttfzssPukBOgKqILyYdxc3iq3AwfMl8vEM_hGSzQ/s72-w400-c-h314/IMG-20221102-WA0007.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2022/11/alfamart-dan-indomart-menumpuk-di-kota.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2022/11/alfamart-dan-indomart-menumpuk-di-kota.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy