$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

200 KK di Sambori Akan Dievakuasi

Lebih kurang 200 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sambori Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima, akan segera di evakuasi ke tempat yang aman.

Setelah bencana meletusnya Gunung Sangiang beberapa waktu lalu melanda Kabupaten Bima, informasi terbaru akan ada lagi bencana besar yang akan akan kembali melanda Kabupaten Bima. Lebih kurang 200 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sambori Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima, akan segera di evakuasi ke tempat yang aman. Pasalnya, akan terjadi bencana longsor akibat kerekaan (keretakan tanah lebih dari 1 meter) tanah hampir di semua pemukiman warga di Desa Sambori.

Informasi akan adanya bencana tersebut, dilaporkan oleh masyarakat dan Camat Lambitu yang bersurat resmi kepada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bima. Camat melaporkan adanya keretakan tanah disejumlah titik di pemukiman warganya. “Kita mendapatkan laporan dari Camat Lambitu, bahwa ada keretakan tanah yang terjadi sejak 2 minggu terakhir, dengan jumlah titik keretakan yang kian banyak setiap harinya,” ujar H.Haeruddin ST,MT Kepala Dinas Pertambangan kepada koran ini Kamis pagi kemarin.

Atas laporan Camat Lambitu tersebut, pihak dinas bersama tim tekhnis meninjau lokasi untuk mengecek kebenarannya. Setelah dilakukan survey di lapangan, terkait adanya laporan tentang ancaman bahaya gerakan tanah di dusun Lengge 1 dan Dusun Lengge 2, dinas menemukan adanya keretakan tanah yang berpotensi longsor. “Dilihat dari rekahan tanah tersebut, menurut tekhnis geotek sudah tidak ada alternatif pencegahan lagi, melainkan harus dievakuasi seluruh warga yang ada di pemukiman tersebut, pada tempat yang lebih aman,” tandasnya.

Rencana evakuasi warga tersebut akan dibahas secepatnya oleh Bupati Bima dalam rapat koordinasi bersama SKPD terkait dan Forum Kumonikasi Pimpinan Daerah (FKPD) terutama Dandim.

Menurutnya, dari hasil tinjauan terdapat sejumlah titik keretakan tanah, dimana sebagian besarnya berada ditengah-tengah pemukiman warga, bahkan ada beberapa rumah yang rusak akibat keretakan tanah tersebut. Rekahan tanah sudah mencapai 2.5 meter hingga 3 meter dan tersebar di seluruh areal pemukiman warga dari atas ke bawah. “Dikhawatirkan jika terjadi hujan dan gerakan tanah akibat gempa, akan menambah beban blok masa tanah, dan jika beban tanah telah melampaui batas keseimbangan, maka tanah akan jatuh dengan sendirinya,” jelasnya.


Dilihat dari kondisi pemukiman warga yang berada di dekat lembah dengan posisi rumah tersusun dari atas kebawah, kalau terjadi longsor maka seluruh perkampungan tersebut akan jatuh ke lembah yang kemiringannya 80 derajat. “saya tidak bisa bayangkan ketika longsor itu terjadi, bagaimana mencari korban di lembah jurang yang dalam dengan kemiringan 80 derajat. Sebab pemukiman warga berada tepat diatas lembah tersebut,” bebernya.

Untuk itu, dirinya meminta kepada semua pihak yang terkait untuk segera mengevakuasi seluruh warga, sebelum bencana itu terjadi. Sebagian besar warga meminta untuk segera dievakuasi, sebab rekahan tanah sudah berada di tengah-tengah mereka, bahkan banyak yang berada tepat dibawah pondasi rumah mereka. Jika dibiarkan berlarut maka akan banyak korban jiwa. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: 200 KK di Sambori Akan Dievakuasi
200 KK di Sambori Akan Dievakuasi
Lebih kurang 200 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sambori Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima, akan segera di evakuasi ke tempat yang aman.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCwFqryDzzc3w01_AGefDRf-YM7BilaZhs2SVmzP6PGODH9VfHpl-RMvlEnadaNAxjI1UUdFIkdVt5PaWOT_Na4-3VIN522s1vQXVf62O4WfzUM5m4yKDw9p17Z0ns48jDXiVI2dysNGKp/s1600/pergeresan+tanah,+Berita+200+KK+akan+dievakuasi+(1).jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCwFqryDzzc3w01_AGefDRf-YM7BilaZhs2SVmzP6PGODH9VfHpl-RMvlEnadaNAxjI1UUdFIkdVt5PaWOT_Na4-3VIN522s1vQXVf62O4WfzUM5m4yKDw9p17Z0ns48jDXiVI2dysNGKp/s72-c/pergeresan+tanah,+Berita+200+KK+akan+dievakuasi+(1).jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/06/200-kk-di-sambori-akan-dievakuasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/06/200-kk-di-sambori-akan-dievakuasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy