$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

DPD Demokrat Rekomendasikan Sakura Dilantik

Harapan Samsul, Caleg Dapil I Partai Demokrat untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten Bima dipastikan gagal.

Harapan Samsul, Caleg Dapil I Partai Demokrat untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten Bima dipastikan gagal. Sebab, DPD Demokrat NTB malah rekomendasikan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bima, Sakura H. Abidin yang dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Bima wakil Dapil I.

Pembatalan pelantikan Caleg asal warga Desa Sai, Kecamatan Soromandi ini berdasarkan surat nomor DPD Demokrat nomor 276/INT/DPD.PD.NTB/VII/2014. Surat ini diterbitkan, menindaklanjuti permohonan dari DPC Demokrat Kabupaten Bima Nomor 085/DPC.DEN/Kab/VI/2014 tentang penundaan pelantiak Samsul M Nor.

Dalam surat rekomendasi DPD itu dikatakan, bahwa DPD merekomendasikan agar DPP menetapkan Sakura H Abidin yang duduk di kursi DPRD Kabupaten Bima. Yang menjadi alasan, bahwa diinternal demokrat diduga kuat terjadi pelanggaran administrasi.

Harusnya dalam surat itu, yang ditetapkan mendapat suara terbanyak adalah Sakura H Abidin, bukan Samsul M Nor. Tidak hanya itu, pelanggaran lain yang dilakukan Samsul adalah tidak melaporkan dana kampanye.

DPC Demokrat mengajukan pembatalan pelantikan terhadap Samsul ini, lantaran diduga Samsul melakukan manipulasi data. Sakura menilai, suara terbanyak internal partai Demokrat di Dapil satu adalah dirinya. Namun, hasil rekapitulasi yang dikeluarkan KPU Kabupaten Bima nyatanya memenangkan Samsul.

“Suara saya lebih tinggi dibandingkan dengan Samsul. Saya nomor urut satu dengan perolehan suara 1080, sementara Samsul hanya mendapatkan 1066 suara pada posisi kedua,” tegas Sakura saat memberikan keterangan pers pada wartawan.

Atas tudingannyan itu, Sakura mengaku memiliki bukti kuat. Bahkan dia siap mempertanggungjawabkan data yang dipegangnya tersebut. Tidak tanggung-tanggung, Sakura siap adu data dengan siapapun. “Saya siap bawa kemanapun masalah ini. Saya juga telah diperiksa oleh DPP Demokrat,” tandasnya.

Diungkapkan Sakura, beberapa dugaan manipulasi data yang dimaksud adalah penggelembungan suara di beberapa TPS. Misalnya TPS di Desa Kananta, Kecamatan Soromandi. Menurut data yang dia pegang, pada TPS I, Samsul hanya memperoleh dua suara, TPS II, satu suara, TPS III , 12 suara sementara TPS IV, 24 suara dan TPS V itu diperoleh 40 suara. Namun data yang ditunjukan Samsul, jumlahnya berbeda dan terjadi penambahan suara. Untuk TPS I menjadi tiga suara, TPS II, lima suara, TPS III, 18 suara, begitujuga dengan TPS lain. “Lucunya lagi, pada C1 Plafom ditulis menggunakan patlo. Padahal di TPS tidak ada patlop. Tidak hanya itu, malah mereka isikan angka terlebih dahulu sementara tapel perolehan suara masih bersih (kosong, Red),” bebernya.

Parahnya lagi kata dia, di beberapa TPS malah penambahan suara cukup tinggi. Betapa tidak, setiap perolehan suara di beberapa TPS malah ditambahkan angka satu didepannya. Seperti yang terjadi di TPS III Desa Sai, suara asli Samsul hanya diperoleh 061, namun dalam rekapitulasio yang masuk ke KPU diperoleh 161.

Pelanggaran lain yang dilakukan Samsul kata Sakura, adalah tidak melaporkan dana kampanye. Data yang ditunjukan pada wartawan, terlihat hanya Samsul saja yang tidak mencantumkan jumlah dana kampanye. “Saya ketemu dengan Samsul ini, hanya sekali saja yaitu ketika dia mendaftar saja. Setelah itu tidak ada sama sekali,” jelas nya.

Tidak hanya kehilangan kesempatan duduk di kursi dewan, Samsul juya diperkirakan akan kehilangan keanggotaannya sebagai kader Demokrat. Sejumlah kader dan ketua PAC di beberapa kecamatan pun yang dianggap tidak loyal akan juga dipecat.

Karena merasa benar, Sakura mengaku tidak gentar jika terjali aksi protes terhadap dirinya. Karena dia yakin, masyarakat Bima bisa membedakan mana yang salah dan benar. (KS-06)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: DPD Demokrat Rekomendasikan Sakura Dilantik
DPD Demokrat Rekomendasikan Sakura Dilantik
Harapan Samsul, Caleg Dapil I Partai Demokrat untuk duduk di kursi DPRD Kabupaten Bima dipastikan gagal.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/dpd-demokrat-rekomendasikan-sakura.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/dpd-demokrat-rekomendasikan-sakura.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy