$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Pemkab Sayangkan Tindakan Kades Sampungu

Pemerintah Kabupaten Bima sangat menyayangkan tindakan Kades Sampungu, Kecamatan Soromandi

Pemerintah Kabupaten Bima sangat menyayangkan tindakan Kades Sampungu, Kecamatan Soromandi, yang diduga menggunakan uang zakat untuk kegiatan Safari Ramadhan beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Pemda mengaku tidak tahu terkait tindakan oknum kades tersebut. 

"Jika benar oknum kades menggambil uang zakat, kami sangat sesalkan. Karena tidak boleh uang zakat diambil begitu saja tanpa ada dasar yang jelas," tegas Syahrul, S.Ag M.H, Kasubag Agama dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima.

Menurut dia, uang zakat ini tidak bisa digunakan semau pihak tertentu. Karena dalam aturan agama, sudah jelas siapa saja yang berhak mendapatkan zakat ini, yang dikenal dengan delapan Asnaf. Jika tidak masuk delapan Asnag tersebut, tentu tidak boleh digunakan.

Lanjut dia, kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan program Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima. Sehingga biaya Kegiatan Safari Ramadhan ini dialokasi khusus dan dicantumkan DPA. Artinya tidak dibebankan pemerintah desa. Karena Pemda telah mengalokasi khusus anggaran untuk kegiatan keagamaan pada setiap bulan Ramadhan. Bahkan tahun ini, anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan Safari Ramadhan ini bertambah dari sebelumnya.

Jika beberapa tahun lalu, jumlah dana yang disumbangkan Pemkab untuk Safari Ramadhan tiap kecamatan adalah Rp 2 juta. Sementara pada tahun ini, ditambah Rp 500 ribu, sehingga menjadi Rp 2,5 juta. "Tahun ini malah angkanya lebih banyak dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Terkait keterlibatan pemerintah kecamatan dan desa, hanya bentuk partisipasi saja. Partisipasi yang dimaksud Sahrul, berupa subansi dana seikhlas dan sealakadarnya saja. Mengingat di kecamatan juga ada istansi pemerintah. Otomatis, mereka pasti akan terlibat memeriahkan kegiatan Safari Ramadhan tersebut.

Karena alasan itu, Sahrul mengaku tidak mengetahui ada tindakan oknum kades yang diduga menggunakan uang zakat tersebut. Apalagi kasus tersebut berujung pada pelaporan ke pihak kepolisian terkait kasus penganiayaan. "Saya baru tahu kejadian itu. Kami sangat sesalkan," tuturnya. (KS-06)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1625,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1274,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pemkab Sayangkan Tindakan Kades Sampungu
Pemkab Sayangkan Tindakan Kades Sampungu
Pemerintah Kabupaten Bima sangat menyayangkan tindakan Kades Sampungu, Kecamatan Soromandi
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/pemkab-sayangkan-tindakan-kades-sampungu.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/pemkab-sayangkan-tindakan-kades-sampungu.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy