$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

PMII Gelar Safari Ramadhan di Wawo

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bima Komisariat Ali Murtado tak ingin ketinggalang menebar kebaikan dengan mengadakan safari ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang tak hanya mewajibkan kita untuk berpuasa saja. Pada bulan ini, kita semua juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain, seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, sedekah, infaq, dan ibadah serta amal-amal lainnya.

Itu semua dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan dari Allah SWT serta menjadi ajang transformasi kesadaran (ruhaniyah) agar lebih peka dan peduli pada sesama. Karena itu, bulan Ramadhan bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Memanfaatkan bulan penuh berkah ini organisasi kemahasiswaan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bima Komisariat Ali Murtado tak ingin ketinggalang menebar kebaikan dengan mengadakan safari ramadhan. Kegiatan yang menjadi tren baru bagi di bulan puasa ini dipusatkan di Kecamatan wawo, Sabtu (18/6) kemarin. Dalam kegiatan, mahasiswa menunjukan kebolehannya menyampaikan ceramah agama dihadapan masyarakat.

“Kegiatan juga diisi buka bersama dilanjutkan dengan sholat Magrib, Isya dan Taraweh berjamaah,” jelas Hasnun, koordinator Safari Ramadhan.

Menurut Hasnun, bulan Ramadhan bisa menjadi jembatan untuk mempererat silaturrahmi. Apalagi dalam pelaksanaan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan banyak yang bersifat kolektif, seperti kegiatan berbuka atau shalat tarawih, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi secara lebih massif, efektif dan efisien menyampaikan pesan rohani.

Tradisi silaturrahim kata dia, sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Silaturrahim juga secara tidak langsung memperkuat persatuan dan kebersamaan baik di antara kalangan masyarakat sendiri maupun antara masyarakat dengan pemerintah.

Lebih dari itu lanjutnya, safari sebagai bentuk perjalanan jauh tidak hanya bersifat material semata seperti yang saya ceritakan di atas, namun juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual. Yakni semakin mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai wujud semakin dekatnya kita kepada Allah SWT.

Dia menambahkan, Safari Ramadhan semestinya juga bisa dimanfaatkan dengan baik bagi Pemerintah untuk berkomunikasi secara lebih intensif dengan masyarakat. Para pejabat pemerintahan, harus turun dan merasakan langsung apa yang menjadi keluhan rakyat. Harus tahu dengan mata kepala sendiri, bagaimana dan mengapa keluhan itu terjadi. Dengan begitu, pemerintah jadi tahu persoalan di lapangan secara persis. Sehingga kebijakan yang akan dimabil betul-betul mengena sasaran. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: PMII Gelar Safari Ramadhan di Wawo
PMII Gelar Safari Ramadhan di Wawo
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bima Komisariat Ali Murtado tak ingin ketinggalang menebar kebaikan dengan mengadakan safari ramadhan
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/pmii-gelar-safari-ramadhan-di-wawo.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/07/pmii-gelar-safari-ramadhan-di-wawo.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy