$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Dikpora Kota Terapkan Pendidikan Berkarakter

Memoles dunia pendidikan di Kota Bima sesungguhnya tidak terlalu sulit. Prinsipnya dasar pendidikan yang baik yakni memulai dari pendidikan berkarakter.

Memoles dunia pendidikan di Kota Bima sesungguhnya tidak terlalu sulit. Prinsipnya dasar pendidikan yang baik yakni memulai dari pendidikan berkarakter. Begitu konsep pendidikan yang akan dijalankan Kadis Dikpora Kota Bima, Drs Alwi Yasin MAp, Rabu (13/8) kemarin, saat ditanya apa komitmennya mengawali kepemimpinan di Dinas yang bertautan dengan dunia sekolah tersebut.

Filosofi Alwi, langkah pertama menentukan seribu langkah kedepan. Artinya menanamkan pondasi pendidikan yang berkarakater pada semua tingkatan, menjadi kata kunci pencerdasan anak bangsa.

Apa pendidikan berkarakter yang dimaksudnya ?, kata Alwi, pendidikan berkarakter yakni dimulai dari pendidikan akhlaq atau pendidikan berdasar pondasi agama. Sangat disayangkannya, selama ini siswa begitu pobia dengan pelajaran agama. Padahal pendidikan dengan mendasari akhlaq yang baik pada seluruh siswa akan berimplikasi pada seluruh pelajaran keilmuan yang lainnya.

“Bayangkan banyak sekali siswa yang tidak bisa membaca tulis Al Qur’an dan memahami tata cara sholat. Kedepan dipastikan Alwi, meski tidak begitu menyita waktu belajar, akan diupayakan seluruh lembaga pendidikan mulai dari TK hingga SMA, mengawali dan mengakhiri jam pembelajaran di sekolah dengan menyisipkan siraman rohani. “Itu menjadi prasyarat kenaikan kelas, “katanya.

Disisi lain konsep yang akan dibangun dirinya pada dunia pendidikan, mengembalikan guru pada titahnya. Artinya, guru tidak lagi berorientasi pada penghasilan sebagai imbalan dari bekerja. Tetapi mengajar dengan marwah sebagai orang tua dan pembimbing siswa.

Fenomena kekinian jelasnya, guru hanya berkutat pada transaksional upah dari bekerja, sibuk dengan tunjangan sertifikasi guru. Kalau guru sudah berpikir ekonomis dan memiliki moral berpikir sebagai pekerja dengan berharap upah, rebutan jam mengajar untuk memenuhi kuota sertifikasi, maka dunia pendidikan bisa merugi. “Paradigma seperti itu harus segera dikubur agar dunia pendidikan bisa berkarakter, “tegasnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dikpora Kota Terapkan Pendidikan Berkarakter
Dikpora Kota Terapkan Pendidikan Berkarakter
Memoles dunia pendidikan di Kota Bima sesungguhnya tidak terlalu sulit. Prinsipnya dasar pendidikan yang baik yakni memulai dari pendidikan berkarakter.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/dikpora-kota-terapkan-pendidikan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/dikpora-kota-terapkan-pendidikan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy