$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Minta Pulang, Turis Kapal Tenggelam Ngamuk

Penyebabnya, lantaran sepuluh turis korban kapal Versace Amara yang diselamatkan mengamuk minta pulang ke negaranya masing-masing.

Suasana Hotel Lambitu Kota Bima tiba-tiba ramai dan gaduh Selasa (19/8) kemarin. Penyebabnya, lantaran sepuluh turis korban kapal Versace Amara yang diselamatkan mengamuk minta pulang ke negaranya masing-masing. Suasana semakin gaduh saat para Warga Negara Asing (WNA) tersebut mengamuk menggunakan bahasa asing mereka yang tidak dimengerti.

Apa yang ingin mereka sampaikan baru dimengerti setelah ada yang menjelaskan dengan Bahasa Inggris. Mereka awalnya diminta bertahan untuk sementara sambil menunggu 13 rekan lainnya yang baru saja diselamatkan. Tetapi, para turis itu semakin ngotot sehingga Syahbandar tidak bisa berkutik.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Bima, H Anwar M, SH, mengaku, mengamuknya para turis tersebut karena meminta untuk pulang. Namun permintaan mereka disampaikan seketika dan mengadukannya pada kedutaan masing-masing. Padahal, keberadaan mereka hanya diamankan dulu di hotel Lambitu untuk beristrahat. Sembari menunggu rekan lainnya yang baru ditemukan oleh Tim SAR di perairan Kecamatan Sape.

“Meski sudah dijelaskan, mereka tetap ngotot dan memaksa keluar dari hotel karena ingin pulang,” katanya Selasa (18/8).

Padahal kata dia, pengamanan itu dilakukan untuk kenyamanan mereka tetapi tidak diterima. Suasana semakin kisruh karena para turis protes dalam bahasa yang tidak dimengerti. Meskipun telah diberikan pemahaman menggunakan bahasa Inggris, para turis tetap ngotot dan tidak memahaminya.

Diakuinya, Syahbandar sudah berupaya keras memberikan pelayanan terhadap pada WNA itu. Apalagi mereka merupakan korban kapal tenggelam di perairan Sangeang Kecamatan Wera yang merupakan bagian Negara Indonesia. “Mereka tidak ada yang memahaminya,” jelas Anwar.

Karena tidak ada titik temu, beberapa saat kemudian pihaknya mengarahkan sepuluh WNA itu ke Bandara dengan tujuan untuk meredam suasana. Mereka dikawal ketat oleh aparat Kepolisian.

Kapolres Bima Kota, AKBP Benny Basir Warmansyah, SIK mengatakan, sebenarnya keadaan ini tidak akan terjadi. Namun, karena kesalahpahaman, para turis ngotot tetap ingin pulang saat ini juga. Padahal, niat Syahbandar ingin mendata dulu sembari menunggu rekan WNA lainnya yang baru terselamatkan di perairan Sape. “Ini salah paham saja,” katanya.

Akibat kejadian itu, suasana macet di depan hotel Lambitu. Lantaran para turis mengamuk di depan para petugas Syahbandar. Tidak ada yang mengerti maksud korban tenggelam kapal itu. Namun, tampak Kepala Syahbandar mengarahkannya, Kemudian menyusul Kapolres Bima Kota dan Bima Kabupaten bersama rombongan Kapolda dan Kepala Satuan Brimob Bima.

Para turis kemudian dibawa menggunakan tiga mobil pribadi untuk diamankan sementara ke Bandara. Sepuluh WNA tersebut masing-masing bernama Tony Framcis Lawrton (Selandia Baru), Gaylene Cheryl Wilkinson (Selandia Baru), Rafael Martinez (Spanyol), Maria Pallol (Spanyol), Khaterine Anne (Inggris), Marice Berthand Hamser (Perancis), Els Visser (Belanda), Hannah Scolar (Jerman), Norcen Chwuchon (Jerman), dan Alice Elizabet (Selandia Baru). (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Minta Pulang, Turis Kapal Tenggelam Ngamuk
Minta Pulang, Turis Kapal Tenggelam Ngamuk
Penyebabnya, lantaran sepuluh turis korban kapal Versace Amara yang diselamatkan mengamuk minta pulang ke negaranya masing-masing.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/minta-pulang-turis-kapal-tenggelam.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/minta-pulang-turis-kapal-tenggelam.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy