$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Penerapan Kurikulum 2013 Tak Didukung Buku

Penerapan kurikulum 2013 diberbagai daerah, tak terkecuali di Kota Bima hingga saat ini masih jauh dari harapan.

Penerapan kurikulum 2013 diberbagai daerah, tak terkecuali di Kota Bima hingga saat ini masih jauh dari harapan. Pasalnya, terlaksananya penerapan kurikulum baru itu tidak didukung oleh penyediaan buku yang memadai. Fenomena buku rujukan kurikulum baru tahun 2013 yang mesti dijadikan acuan dalam proses belajar mengajar seluruh sekolah di Indonesia, menjadi tranding topik yang tengah dirasakan dunia pendidikan akibat kelangkaannya.

Sebagaimana pemberitaan yang dilansir berbagai media televisi nasional, buku kurikulum baru yang langka dipasaran karena belum ada Juklak dan Juknis yang mengaturnya dari Kemdikbud. Alhasil, banyak sekolah yang menggunakan buku kurikulum lama tahun 2012 dan tidak sedikit yang menggunakan metode pembelajaran dari buku lainnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, Drs. Alwi Yasin, MAp, mengaku, pihaknya telah menerima soft copy (file) dari pusat terkait buku yang digunakan dalam proses belajar mengajar tahun ajaran 2014-2015. Hal itu untuk menyiasati keterlambatan petunjuk buku yang dipergunakan sesuai kurikulum baru,. “Tidak ada masalah soal buku yang menjadi rujukan belajar mengajar sekolah di Kota Bima. Kami mendapat kiriman copy file buku pedoman sesuai kurikulum baru, “ujarnya.

Kadis yang baru dilantik ini mengatakan, hal utama yang perlu diperhatikan saat ini adalah bagaimana tenaga pendidik memahami dan mengimplementasikan file yang ada dengan menerapkan pada siswa yang diajar. Artinya, guru harus kreatif mengolah dan mengasumsi setiap file copian buku tersebut pada saat mengajar. “Kalau saat ini menunggu buku maka proses penerapan kurikulum 2013 akan terhambat,” kata Alwy.

Seperti dikutip dalam berita online nasional, Kurikulum 2013 sepertinya belum siap diterapkan pada tahun ajaran baru. Soalnya, buku pelajaran yang akan digunakan oleh siswa belum juga sampai ke daerah. Padahal, tahun ajaran baru sudah dimulai. Sesuai instruksi Menteri Pendidikan, kata Parsaulian, kurikulum 2013 akan diterapkan di seluruh sekolah sejak tahun pelajaran 2014/2015 dimulai. Sayangnya, penerapan itu justru tidak didukung pendistribusian buku kurikulum 2013.

Belum tibanya buku kurikulum itu menyebabkan kurikulum sebelumnya kemungkinan besar masih diterapkan. Seperti penyediaan perpustakaan, laboratorium, dan sarana prasarana pendukung lainnya. Terkait pemahaman para guru-guru sudah dilakukan diklat. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Penerapan Kurikulum 2013 Tak Didukung Buku
Penerapan Kurikulum 2013 Tak Didukung Buku
Penerapan kurikulum 2013 diberbagai daerah, tak terkecuali di Kota Bima hingga saat ini masih jauh dari harapan.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/penerapan-kurikulum-2013-tak-didukung.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/08/penerapan-kurikulum-2013-tak-didukung.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy