$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Lulusan Terbaik STKIP Tamsis, Didominasi Anak Petani

Setiap tahun, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima selalu mencetak para sarjana calon pendidik.

Setiap tahun, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima selalu mencetak para sarjana calon pendidik. Sebagai bentuk penghargaan, pihak kampus juga mengumumkan lulusan terbaik yang mendapatkan nilai IPK tertinggi. Mereka yang terpilih itu akan diberikan kesempatan untuk menjadi dosen dan mendapatkan beasiswa mengikuti program studi lanjutan.

Menariknya, sebagian besar lulusan terbaik di kampus keguruan itu selalu didominasi anak petani setiap tahunnya. Hal itu tentu menjadi catatan tersendiri bagi mahasiswa dan kampus bahwa sesungguhnya kesempatan berprestasi terbuka untuk siapa saja tanpa memandang status serta kemampuan ekonomi. Seperti pada wisuda angkatan VII tahun 2014 ini, dari 15 wisudawan terbaik sebagian besar didominasi anak petani dan anak dari orang tua yang tidak mampu.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun, M.Si mengaku, mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus yang dipimpinnya memang rata-rata berasal dari keluarga petani dan tidak mampu. Semangat orang tua dan mahasiswa yang tinggi membuat masalah ekonomi itu bukanlah halangan untuk meraih prestasi. Justru, kondisi tersebut menjadi motivasi mahasiswa untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.

“Hampir sebagian besar lulusan terbaik disini merupakan anak petani dan berasal dari keluarga tidak mampu. Tapi mereka mampu mengukir prestasi dan tercatat hampir 20 orang atau sekitar 50 persen kami rekrut untuk menjadi dosen dan mendapatkan kesempatan beasiswa menempuh pendidikan S2,” kata doktor lulusan Fakultas Fisip Universitas Indonesia ini usai prosesi wisuda angkatan VII, Sabtu (27/9) kemarin.

Ibnu mengatakan, moto kampus ingin menciptakan pendidikan yang beradab menjadi motivasi untuk terus melakukan perubahan akselerasi keunggulan. Tidak hanya mencetak lulusan calon guru tetapi mencetak sarjana yang handal, berkualitas dan siap mengisi lapangan pekerjaan. “Bentuk perhatian kampus dengan memberikan beasiswa menjadi fase agar mahasiswa dari kalangan anak petani bisa meraih cita-cita,” terangnya.

Salah satu lulusan terbaik dari Program Studi Matematika, Imam Al Ghazali (22), mengaku bangga dengan torehan prestasi yang diraihnya saat ini. Catatan IPK 3,47 merupakan buah kerja keras, ketekunan dan kesabarannya selama empat tahun kuliah. Pretasi itu tidak terlepas dari dukungan penuh dan do’a orang tua.

Selain itu, motivasi yang diberikan pihak kampus mendorong dirinya untuk giat belajar. “Ibu pernah meneteskan air mata memotivasi saya untuk kuliah. Mudah-mudahan prestasi ini dapat mengganti air mata ibu saya,” kata anak petani asal Desa Tumpu Kecamatan Bolo ini.

Selain Imam, ada Lukman (21) dari Program Studi Matematika dengan IPK 3,61 asal Desa Ntonggu Kecamatan Palibelo dan Ita Purnama (22) dari Program Studi Bahasa Inggris dengan IPK 3,45 asal Kelurahan Bedi, Kota Bima. Keduanya merupakan lulusan terbaik yang juga sangat gigih untuk meraih prestasi meski dengan segala keterbatasan ekonomi orang tua. (KS-13/Advetorial)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Lulusan Terbaik STKIP Tamsis, Didominasi Anak Petani
Lulusan Terbaik STKIP Tamsis, Didominasi Anak Petani
Setiap tahun, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima selalu mencetak para sarjana calon pendidik.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/lulusan-terbaik-stkip-tamsis-didominasi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/lulusan-terbaik-stkip-tamsis-didominasi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy