$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Pelantikan Dewan, Wartawan Dilarang Meliput

Puluhan awak media di Kota Bima, terpaksa pulang dengan kecewa karena tak diijinkan meliput saat prosesi Pelantikan Anggota DPRD Kota Bima, Rabu (24/9) pagi.

Puluhan awak media di Kota Bima, terpaksa pulang dengan kecewa karena tak diijinkan meliput saat prosesi Pelantikan Anggota DPRD Kota Bima, Rabu (24/9) pagi. Sejumlah panitia dan aparat Kepolisian yang berjaga dipintu masuk terlihat kompak melarang semua wartawan untuk masuk ke dalam Gedung Convention Hall tempat pelantikan.

Belum diketahui pasti alasan pelarangan peliputan tersebut. Padahal, semua perwakilan media telah dibekali dengan kartu pers kartus tanda khusus dari panitia yang diberikan dua hari sebelum acara. Insiden pelarangan itu terjadi saat agenda sidang paripurna mulai dibuka.

Puluhan wartawan yang hendak mendokumentasikan foto agenda tersebut dihadang disemua pintu masuk. Akibatnya, panitia dan wartawan sempat terlibat keributan dan adu mulut. Untuk menghindari keributan, wartawan memilih bersabar dan terpaksa berdiri diluar ruangan menunggu pengukuhan.

Namun, insiden pelarangan kembali terulang saat 25 Anggota DPRD Kota Bima terpilih mulai diambil sumpah dan dikukuhkan. Panitia hanya mengijinkan wartawan mengambil gambar dari posisi pintu masuk saja. Tak terima dengan perlakuan itu, cekcok mulut kembali terjadi hingga menjadi perhatian para undangan, termasuk Walikota Bima, HM Qurais dan Ketua DPRD Kota Bima demisioner, Hj Ferra Amalia yang memimpin sidang paripurna istimewa.

Melihat wartawan dicegat masuk, kedua unsur FKPD itu mempersilahkan masuk menggunakan pengeras suara. Barulah panitia dan aparat Kepolisian melunak dan membiarkan wartawan masuk. Kecewa dengan perlakuan itu, usai pelantikan wartawan mengembalikan semua kartu tanda khusus yang diberikan panitia kepada Sekretaris Dewan (Sekwan). “Kami sangat menyesalkan larangan meliput wartawan, padahal ini bukan agenda tertutup dan kita juga sebelumnya telah koordinasikan dengan panitia,” ujar salah seorang wartawan, Aris dari Harian Bima Ekspres.

Menanggapi insiden itu, Ketua DPRD Kota Bima yang baru dilantik, Fery Sofian menyampaikan permohonan maaf kepada semua wartawan. Menurutnya, insiden itu terjadi karena sebagian panitia tidak paham mengenai protokoler pelantikan dewan. Dia berjanji akan segera memanggil Sekwan untuk dimintai klarifikasi terkait insiden tersebut. “Pelantikan dewan sebenarnya bukan sesuatu yang luar biasa. Ini merupakan agenda lima tahunan sekali yang biasa dilakukan. Wartawan semestinya mendapat tempat khusus karena kita juga butuh publikasi agar diketahui masyarakat,” tandasya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pelantikan Dewan, Wartawan Dilarang Meliput
Pelantikan Dewan, Wartawan Dilarang Meliput
Puluhan awak media di Kota Bima, terpaksa pulang dengan kecewa karena tak diijinkan meliput saat prosesi Pelantikan Anggota DPRD Kota Bima, Rabu (24/9) pagi.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/pelantikan-dewan-wartawan-dilarang.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/pelantikan-dewan-wartawan-dilarang.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy