$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Penutupan FKN IX di Bima, Meriah

Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX yang dihelat di Bima, Selasa (9/9) malam resmi ditutup setelah menyelesaikan serangkaian acara pagelaran seni dan budaya

Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX yang dihelat di Bima, Selasa (9/9) malam resmi ditutup setelah menyelesaikan serangkaian acara pagelaran seni dan budaya dari masing-masing keraton dan kerajaan Nusantara. Acara penutupan even budaya nasional itu berlangsung meriah dan dipadati masyarakat Kota maupun Kabupaten Bima. 

Acara yang mulai dilaksanakan pada tanggal 6 September 2014 itu, mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat Bima. Demikian pula pada acara penutupan, ribuan kepala memadati lapangan Serasuba dan halaman Museum ASI Bima. Penutupan FKN IX, diawali penampian seni budaya kesultanan Manggarai NTT, juga pegelaran seni budaya Bima selaku tuan rumah. Seluruh tamu agung kerajaan dan kesultanan nusantara, Nampak hadir di tribun panggung kehormatan. Sementara disisi tiribun lain, pejabat daerah Bima dan FKPD serta tamu undangan lain ikut terlihat.

Sultan Kasapuhan Cirebon, PRA. Arief Natadiningrat, SE yang mewakili Raja dan Sultan dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah dan masyarakat Bima yang sudah sangat baik menyelenggarakan FKN.

“Kami waktu kirab budaya saja, semua masyarakat Bima sangat antusias, ramah dan baik sekali. Bahkan banyak yang memberi peserta kirab minum, permen. Mereka sangat perhatian dan hangat, semoga Allah SWT membalas kebaikan ini dengan pahala,” tuturnya.

Kata dia, awalnya Kesultanan Bima diminta menjadi tuan rumah ke III pada Tahun 1999 lalu. Namun karena Negara mengalami banyak krisis, situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, pelaksanaan pun ditunda. Tapi di tahun ini, Bima berhasil menggelar FKN yang ke IX.

Mewakili Raja dan Sultan, Arief menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Bima, bila selama mereka bertamu, ditemukan hal hal yang tidak berkenan. Namun dari lubuk hati terdalam, ia berharap semoga kehadiran mereka membawa berkah untuk seluruh masyarakat. “Kita juga harap, pariwisata, budaya, ekonomi kreatif di Bima semakin maju, seperti daerah lain. Tentu, setelah kami kembali ke Bima, kondisinya bisa semakin sejahtera,” pintanya.

Pada kegiatan FKN di Bima, lanjutnya, FKIKN juga sekaligus menetapkan Kerajaan Kota Waringin Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah FKN ke X Tahun 2016, kemudian Kesultanan Kasepuhan Cirebon sebagai tuan rumah di Tahun 2018 mendatang. “Kami hadir di Bima untuk melihat saudara – saudara kami di Bima, bagaimana budaya bima. Kami juga telah belajar huruf huruf Bima yang sudah langka. Pusaka Bima yang masih baik dan utuh tersimpan. Ini contoh yang baik untuk terus dikembangkan,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin yang memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi FKN ke IX Tahun 2014 di Bima, menyampaikan rasa syukur karena mempercayakan Bima sebagai tuan rumah FKN. “Alhamdulillah seluruh masyarakat Bima sangat bersyukur dan bahagia menerima rombongan Sultan,” katanya.

Qurais mengaku, merasa terpukul dengan perhelatan acara tersebut. Sebagai pemerintah di daerah, pihaknya kurang mampu melayani rombongan dengan sebaik baiknya. “Mohon maaf yang sebesar besarnya. Dengan segala kerendahan hati kami mohon maaf atas segala kekurangan ini,” pungkasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Penutupan FKN IX di Bima, Meriah
Penutupan FKN IX di Bima, Meriah
Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX yang dihelat di Bima, Selasa (9/9) malam resmi ditutup setelah menyelesaikan serangkaian acara pagelaran seni dan budaya
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/penutupan-fkn-ix-di-bima-meriah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/09/penutupan-fkn-ix-di-bima-meriah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy