$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


BKP2 Segera Distribusi Beras ke Karampi

Setelah ramai mencuat melalui pemberitaan media massa, kondisi warga di empat dusun, Desa Karampi Kecamatan Langgudu yang beralih makanan pokok ke umbian gadung mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten Bima

Setelah ramai mencuat melalui pemberitaan media massa, kondisi warga di empat dusun, Desa Karampi Kecamatan Langgudu yang beralih makanan pokok ke umbian gadung mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten Bima. Melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKP2), Pemerintah Kabupaten Bima berjanji akan segera mendistribusikan beras kepada warga Desa Karampi dan desa sekitarnya yang mengalami krisis pangan.

Kepala BKP2 Kabupaten Bima, Ir. M. Tayeb mengaku, pihaknya baru mendapatkan informasi adanya krisis pangan di Karampi dari media massa. Sebelum ini belum ada laporan yang disampaikan oleh pihak desa maupun kecamatan terkait warga yang tidak memiliki stok beras karena gagal panen. Ia pun berjanji akan segera menindaklanjuti informasi itu dan mengecek langsung kondisi warga di Karampi.

“Andai kami cepat mengetahui pasti akan segera membantu. Tapi kami akan turun melihat langsung keadaan mereka dan berkoordinasi dengan Bulog untuk membantu mendistribusikan stok beras cadangan pangan kita,” kata Tayeb saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Sabtu kemarin.

Tayeb menjelaskan, Desa Karampi dan beberapa desa pesisir lain di Kecamatan Langgudu sepertri Kalodu, Waduruka dan Sambane memang masuk dalam daerah prioritas satu penanganan masalah pangan. Penyebab terjadinya krisis pangan di beberapa daerah itu bukan hanya karena gagal panen dan musim kemarau, tetapi karena distribusi beras yang tidak merata. Letak daerah yang cukup jauh dan tidak didukung akses transportasi menjadi kendala pendistribusian beras.

“Sebenarnya Langgudu merupakan salah satu kecamatan surplus beras tertinggi. Bahkan sekali panen, stok beras bisa mencukupi untuk jangka waktu 30 bulan kedepan. Namun karena kendala distribusi, sebagian desa terutama yang ada diseberang pulau tidak merata jatahnya,” imbuh Tayeb.

Meski begitu sambungnya, umbian gadung sebagai pengganti makanan pokok warga setempat dianggapnya sudah biasa. Umbian gadung telah dikonsumsi warga sejak lama secara turun temurun dan dijadikan makanan tambahan. Warga mengkonsumsinya bukan hanya karena krisis pangan, tetapi karena tradisi. Namun karena masyarakat Bima sudah terbiasa makan nasi, gadung hanya menjadi makanan tambahan. Padahal, kandungan karbohidrat gadung cukup tinggi seperti nasi.

“Malah konsumsi gadung bagian dari program kita untuk penganekagaman pangan dan ingin mengembangkannya. Tetapi karena ini konteksnya beda, pemerintah tetap akan memberikan perhatian penanganan,” tambahnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: BKP2 Segera Distribusi Beras ke Karampi
BKP2 Segera Distribusi Beras ke Karampi
Setelah ramai mencuat melalui pemberitaan media massa, kondisi warga di empat dusun, Desa Karampi Kecamatan Langgudu yang beralih makanan pokok ke umbian gadung mendapat respon dari Pemerintah Kabupaten Bima
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/bkp2-segera-distribusi-beras-ke-karampi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/bkp2-segera-distribusi-beras-ke-karampi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy