$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Dishutbun Tangani 11 Kali Kebakaran Hutan

Selama dua pekan terakhir, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Bima mencatat telah terjadi 11 kali kebakaran hutan di lokasi yang berbeda di Kota Bima.

Selama dua pekan terakhir, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Bima mencatat telah terjadi 11 kali kebakaran hutan di lokasi yang berbeda di Kota Bima. Jumlah kasus itu dinilai sangat tinggi dan berpotensi akan bertambah lagi bila masyarakat tidak hati-hati saat menyalakan api dan tidak menghentikan perlandangan liar.

Kepala Dishutbun Kota Bima, Ir. Abdurrahman Iba mengungkapkan, sebanyak 11 kasus kebakaran yang tercatat terjadi secara beruntun selama dua pekan terakhir. Lokasi kebakaran diantaranya di Gunung Dodu, Dana Taraha, Kolo, Oi Fo’o dan terakhir yang paling luas di Hutan Ncai Kapenta, wilayah perbatasan Kota Bima dan Ambalawi. Namun, semua kejadian itu sudah diatasi dengan cepat usai mendapatkan informasi.

“Kebakaran paling besar terjadi di Ncai Kapenta beberapa hari lalu. Sekitar dua hektar lahan kering terbakar. Kami pun terpaksa mengerahkan semua anggota untuk memadamkannya,” ungkap Abdurahman saat ditemui di kantor setempat, Kamis (2/10) kemarin.

Diakuinya, rata-rata penyebab kebakaran diduga karena disebabkan api rokok masyarakat yang dibuang sembarangan di lahan hutan kering. Kondisi rumput dan tanaman yang mengering menyebabkan api cepat merambat. Apalagi, musim kemarau seperti ini disertai dengan angin sehingga dapat memicu kebakaran lebih besar.

Untuk mengantisipasi kebakaran tidak terjadi lagi, pihaknya saat ini telah menempatkan petugas di sejumlah titik untuk menjaga kemungkinan yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Petugas juga diminta melakukan pendekatan kepada masyarakat yang menggarap ladang agar berhati-hati menyalakan api dan tidak sembarangan membuang puntung rokok.

“Musim kemarau sangat rentan terjadi kebakaran, api kecil saja dapat memicu kebakaran besar. Karena itu kami minta kerjasama masyarakat untuk sama-sama menjaga hutan. Jangan sampai ekosistem dan jasad-jasad renik penyumbur tanah ikut rusak,” pungkasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Dishutbun Tangani 11 Kali Kebakaran Hutan
Dishutbun Tangani 11 Kali Kebakaran Hutan
Selama dua pekan terakhir, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Bima mencatat telah terjadi 11 kali kebakaran hutan di lokasi yang berbeda di Kota Bima.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/dishutbun-tangani-11-kali-kebakaran.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/dishutbun-tangani-11-kali-kebakaran.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy