$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Ilmu dan Eksistensi, Krisis Pemuda Saat ini

Keberadaan pemuda dalam setiap perubahan bangsa dan Negara mutlak selalu ada. Bahkan karena pentingnya peran pemuda, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno menempatkan pemuda sebagai elemen utama jika ingin mengguncangkan dunia.

Keberadaan pemuda dalam setiap perubahan bangsa dan Negara mutlak selalu ada. Bahkan karena pentingnya peran pemuda, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno menempatkan pemuda sebagai elemen utama jika ingin mengguncangkan dunia. Namun, eksistensi pemuda sebagai agen perubahan lambat laun semakin bergeser dan jauh dari harapan.

Jati diri pemuda seakan tidak nampak lagi saat ini dan cenderung semangat mereka diarahkan pada hal-hal negatif, seperti kekerasan. Apa yang menyebabkan kondisi itu terjadi?

Menurut Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bima, Dzul Amirulhaq, kondisi itu disebabkan karena adanya krisis ilmu pengetahuan dan eksistensi. Dua faktor itu dinilai mulai luntur dan memudar dalam diri pemuda sehingga menyebabkan semangat para pemuda menjurus ke perilaku negatif. Itu terlihat dengan banyak kasus yang terjadi di daerah Bima sebagian besar didominasi kaum muda.

Dia mencontohkan, seperti kasus kekerasan, perkelahian, bentrokan bahkan kasus terorisme, para pemuda hampir tidak pernah absen keterlibatannya. Bahkan, dalam hal-hal kecil yang seharusnya bisa diselesaikan dengan komunikasi menjadi persoalan besar karena para pemuda tidak bijak menyikapinya. Dampak dari kondisi itu, akhirnya membuat stigma pemuda semakin buruk dimata masyarakat.

Tak hanya itu kata Dzul, munculnya berbagai persoalan yang melibatkan pemuda membuat asumsi tentang daerah Bima dimata daerah lain semakin buruk. Padahal menurutnya, itu hanya ulah segelintir pemuda yang tidak mewakili semua pemuda yang ada di Bima.

“Dulu, pemuda memiliki Common Enemy (musuh bersama) sehingga semangatnya mau diarahkan kemana jelas. Tapi sekarang tidak jelas musuh bersamanya, kekuatan pemuda malah terkotak-kotak dan terlibat permusuhan antar sesame,” tutur Dzul saat menjadi narasumber dalam diskusi publik mengenai refleksi pemuda memperingati sumpah pemuda di SMKN 3 Kota Bima, Senin (27/10).

Menurut Dzul yang juga Ketua GP Ansor Kota Bima ini, sulit rasanya pemuda ingin memainkan peran dalam mengurai persoalan yang terjadi di daerah, sementara mereka sendiri tak mampu menampilkan keteladanan dan justru terlibat dalam persoalan itu sendiri.

“Ini menjadi suguhan kondisi pemuda yang selalu kita saksiksan. Sehingga sulit rasanya kita mau bicara mereduksi kekerasan, terorisme dan radikalisme sementara kita sendiri terlibat di dalamnya,” ujar dia.

Karenanya sambung dia, stigma negatif itu harus mulai dirubah secara perlahan oleh para pemuda. Caranya, yakni menjadikan momentum peringatan Sumpah Pemuda Tanggal 28 Oktober ini, sebagai refleksi untuk memperkuat kapasitas keilmuan, pendidikan dan spirit komunikasi yang bijak untuk menampilkan keteladanan kepada masyarakat.

“Musuh bersama yang harus kita lawan adalah rasa malas dan perilaku-perilaku menyimpang disegala setor kehidupan. InsyaAllah, jika karakter ini kita bangun maka marwah pemuda akan terbangun,” pungkasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Ilmu dan Eksistensi, Krisis Pemuda Saat ini
Ilmu dan Eksistensi, Krisis Pemuda Saat ini
Keberadaan pemuda dalam setiap perubahan bangsa dan Negara mutlak selalu ada. Bahkan karena pentingnya peran pemuda, Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno menempatkan pemuda sebagai elemen utama jika ingin mengguncangkan dunia.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/ilmu-dan-eksistensi-krisis-pemuda-saat.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/ilmu-dan-eksistensi-krisis-pemuda-saat.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy