$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Karampi Diujung Lensa Jurnalis

Hari itu, sejumlah wartawan dari berbagai media Cetak dan Elektronik, antusias menempuh Desa Karampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.

Oleh : Noval Stabilitas

Hari itu, sejumlah wartawan dari berbagai media Cetak dan Elektronik, antusias menempuh Desa Karampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Walaupun jarak tempuh yang sangat jauh dan memaksa mereka harus menumpangi Sampan Fiberglass untuk menyebrangi lautan lepas, sedikitpun tidak mematahkan semangat juang para awak media ini. 

Hal tersebut, semata-mata demi memperjuangkan hak masyarakat melalui ujung lensa yang tumpul tapi menggemparkan. Bersama Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima yang turun meninjau kondisi masyarakat Empat Desa di Kecamatan Langgudu Selasa (14/10) lalu, terus memantik ujung lensa Jurnalis yang terkesimak melihat kondisi ribuan masyarakat yang histeris kekurangan pangan akibat gagal panen itu. Saat para tim dan awak media sampai dipinggir pantai Dusun Sabali Desa Karampi, disambut hangat oleh para ibu-ibu yang sedang mengiris Gadung (Le’de).

Terlihat miris dan sangat mengesankan. Ujung lensapun, seakan tak mau berhenti untuk terus mengabadikan setiap sisi ibu-ibu yang mengiris Gadung sambil bermain dengan anak dan cucu mereka. Ada yang mengupas kulit Gadung, ada yang mengiris dan ada pula yang menjemur Gadung-gadung itu agar bisa dikonsumsi layaknya nasi putih yang dimakan dengan ayam panggang di warung-warung ibu Kota.

Saat itu, ada awak media bertanya pada seorang ibu yang berumur sekitar 50 Tahun. “Ibu, ibu sudah berapa lama mengkonsumsi Gadung ini”. Ibu parubaya itu dengan santai menjawab, sudah tuga bulan nak.”Mungin orang bilang kami di Karampi ini makan Gadung, itu hal yang sudah biasa. Bukannya tidak enak, tapi coba rasakan dulu makan Gadung berbulan-bulan,”ujar wanita parubaya yang biasa dipanggil Nene Sao itu.

Sepintas terlintas dipikiran awak media, sungguh sangat luar biasa apa yang dirasakan masyarakat Karampi saat ini. Ibaratkan mengkonsumsi nasi tanpa ikan, sayur tanpa garam, lidah tak bertulang hanya sekedar mengatakan itu mudah untuk dijalankan.

Sekitar satu jam lamanya Tim dari Pemkab Bima melakukan pendataan di Dusun Sabali, kembali para Tim dan awak media melanjutkan perjalanan ke Dusun Nanga Ni’u Desa Karampi yang jaraknya sekitar 6 Kilo Meter menggunakan Sampan Fiberglass. Di tengah lautan saat perjalanan menuju Dusun Nanga Ni’u, terlihat pesisir pantai yang indah dipandang, gunung-gunung yang hambar kekeringan menyelimuti Desa Karampi. Hamparan ombak dan angin yang meniup kencang, semakin membuat awak media terus mengabadikan pemandangan pada ujung lensanya itu.

Potensi alam, seperti laut di Desa Karampi dan sekitarnya. Terlihat sangat mendukung untuk masyarakat mencari nafkan. Namun sayang, semua potensi itu sedikit belum mendapatkan didukung dan perhatian secara serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bima.

Ironisnya lagi, bila malam tiba. Di Desa Karampi, hanya sedikit saja masyarakat yang bisa menikmati terangnya lampu. Sebab, di Desa Karampi, hingga saat ini belum juga menikmati yang namanya penerangan listrik secara keseluruhan. Sebagian masyarakat, hanya menggunakan penerangan lampu dari yang energinya melalui tenaga Surya.

Sekitar satu jam perjalanan lewat laut menempuh Dusun Nanga Ni’u, Tim dan awak mediapun tiba. Masyarakat yang dari pagi telah menunggu kedatangan Tim Pemerintah Kabupaten Bima untuk melakukan pendataan saat itu, terlihat sangat antusias. Karena kekurangan pangan, merekapun saat itu terpaksa harus menjamu para Pejabat Pemerintah Kabupaten Bima hanya dengan Kelapa parut dan Gadung yang diolah secara tradisional.

Terlihat, sejumlah Pejabat lahap mengkonsumsi Gadung itu hingga ingin terus menambah, bahkan ada yang meminta untuk dibeli. Usai mengkonsumsi Gadung, Tim kembali melakukan pendataan terhadap masyarakat yang mengalami kekurangan pangan. (*)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Karampi Diujung Lensa Jurnalis
Karampi Diujung Lensa Jurnalis
Hari itu, sejumlah wartawan dari berbagai media Cetak dan Elektronik, antusias menempuh Desa Karampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/karampi-diujung-lensa-jurnalis.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/10/karampi-diujung-lensa-jurnalis.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy