$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Bedah Rumah di Tambora Bermasalah

Program bedah rumah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bima, tepatnya di Kecamatan Tambora saat ini sedang bermasalah.

Program bedah rumah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bima, tepatnya di Kecamatan Tambora saat ini sedang bermasalah. Sudah satu bulan lebih, rumah warga dibongkar, namun hingga saat ini belum diperbaiki. Sehingga warga harus tinggal ditenda, sampai program bedah rumah rampung, meskipun harus berada di tengah hujan dan panas.

Kepada Koran ini salah satu warga Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora, Kalisom mengeluhkan sikap pemerintah yang menelantarkan pemilik rumah yang dibedah. Menurutnya, setelah semua rumah dibongkar, dan harus mulai dibangun dari nol, pemberi bantuan justeru menghilang. “ semua rumah warga penerima bantuan sudah di bongkar untuk dibedah, namun hingga saat ini belum juga dikerjakan, sudah hampir dua bulan dibiarkan begitu saja,” bebernya.

Kalisom menceritakan bahwa, pada termin pertama, masyarakat hanya diberikan 10 batang kayu dan 10 zak semen. “10 zak semen itu untuk membuat batako, dan membangun pondasi, setelah termin itu, tidak ada lagi termin lanjutan. Kita mau tinggal dimana, kalau bedah rumah makan waktu berbulan-bulan, apalagi ini sudah masuk musim hujan,” tuturnya.

Informasi yang dihimpun, anggaran untuk berdah rumah tersebut bersumber dari kementerian perumahan rakyat. Melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2014. Kabupaten Bima mendapat jatah 676 rumah yang terdiri dari 98 di Desa Kawinda Toi Kecamatan Tambora, 93 rumah di Desa Labuan Kananga, 180 di Desa Oi Panihi. Sedangkan di Kecamatan Bolo, Desa Bontokape 154 rumah dan Desa Nggembe 151 rumah.

Masing-masing rumah menerima bantuan sebesar Rp.75 juta, dengan jenis bantuan berupa material bangunan, dengan system termin. Sehingga total anggaran untuk Kabupaten Bima sebesar Rp. 5 Milyar lebih. Namun anggaran sebanyak itu, sampai hari ini menjadi masalah di Kecamatan Tambora.

“Kita disuruh pinjam uang tetangga dulu untuk beli material untuk melanjutkan pembangunan rumah. Kenapa kita harus pinjam uang orang, padahal ada uang bantuan, dikemanakan uang bantuan bedah rumah itu, apa menunggu bunga dari bank dulu, baru dikasih ke kita,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bima, termasuk Sekretaris dan Kabid yang hendak dikonfirmasi terkait keterlambatan pembangunan kembali rumah yang dibedah tersebut, tidak berada di kantor, karena sedah melakukan klinis anggaran di Kebun Bupati Bima.

Kasubag Pemberitaan Humas dan Protokol, Suryadin S.Sos yang dikonfirmasi terkait hal itu, menjelaskan , bahwa adanya keterlambatan proses pembangunan tersebut karena kekurangan tukang yang ada di masing-masing Desa. “Berdasarkan kalender kegiatannya, program bedah rumah ini, berakhir pada akhir Desember 2014. Di Kawinda To’I Contohnya, dalam pengerjaan 93 rumah sudah 58 porsen progress. Dan rata-rata di desa lain yang menjadi lokasi proyek sudah lebih dari 20 porsen,” jelasnya.

Diakuinya, memang ada sedikit kendala dalam proyek tersebut, ada yang sudah terima material, dan sudah bekerja, namun ada juga yang belum. Kendalanya, karena kekurangan tukan/pekerja. “Karena komponen tukang ini menjadi tangungjawab warga penerima bantuan,” jelasnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2603,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bedah Rumah di Tambora Bermasalah
Bedah Rumah di Tambora Bermasalah
Program bedah rumah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bima, tepatnya di Kecamatan Tambora saat ini sedang bermasalah.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/bedah-rumah-di-tambora-bermasalah.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/bedah-rumah-di-tambora-bermasalah.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy