$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

PWI Nilai Walikota Diskriminasi Media

Keberadaan media massa di Kota Bima, terutama media cetak berkembang sangat pesat. Hampir setiap tahun, jumlah media terus bertambah hingga saat ini diperkirakan mencapai puluhan.

Keberadaan media massa di Kota Bima, terutama media cetak berkembang sangat pesat. Hampir setiap tahun, jumlah media terus bertambah hingga saat ini diperkirakan mencapai puluhan. Namun sayangnya, perkembangan media tersebut dinilai tak sebanding dengan perhatian Pemerintah Kota Bima. 

PWI Nilai Walikota Diskriminasi Media
Ada kesan sikap diskriminasi yang diberikan Walikota Bima terhadap sebagian media yang ada. Sebab hanya media tertentu yang diberikan perhatian khusus. Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bima, Rafidin, S.Sos.

Menurut Rafidin, eksistensi media di daerah sangatlah penting sebagai corong informasi pembangunan dan program pemerintah. Tanpa media, masyarakat tidak akan tahu program apa yang akan dilaksanakan pemerintah. Karenanya, pemerintah tidak boleh apriori terhadap bertambah pesatnya media massa di Kota Bima. Sebab itu mencerminkan semakin tingginya peran pengontrolan dan pengawasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

Untuk menyikapi kondisi itu sambungnya, perhatian lebih harus dicurahkan Walikota Bima terhadap media. Tidak saja soal anggaran, tapi upaya untuk mendorong tegaknya UU Pers dan peningkatan kapasitas wartawan harus diberikan sebagai kontribusi menciptakan wartawan professional. Namun faktanya, Ia melihat perhatian itu sangat kurang sekali.

“Perhatian yang diberikan Walikota Bima hanya tercurah pada media tertentu saja sehingga media yang besar hanya media yang diperhatikan itu saja. Sementara media kecil yang tetap menjaga konsistensi dalam menjalankan tugas terabaikan dan seakan ingin dibredel,” kritiknya.

Sikap itu lanjut Rafidin, semestinya tidak boleh dilakukan Walikota Bima karena sebagai Kepala Daerah harus berlaku adil terhadap masyarakat, termasuk dalam memperlakukan media. Apabila pemimpin tidak adil, menurutnya itu cerminan orang yang tidak amanah. Tak hanya soal perlakuan kepada media, Ia juga menyorot soal anggaran untuk media yang dinilai tidak transparan serta perhatian terhadap PWI Bima yang tidak ada. Seperti pembangunan Kantor PWI saat ini, diakuinya tanpa bantuan Pemerintah Kota Bima sedikitpun.

“Kritikan ini bukanlah ekspresi kebencian kami terhadap Walikota Bima, tetapi lebih sebagai masukan agar kedepan bisa dibehani. Tidak ada media yang dianak emaskan karena peran media itu pada prinsipnya sama,” tegas Rafidin.

Walikota Bima yang dimintai tanggapan melalui Plt Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Gazali, S.Sos, menepis ada kesan media yang dianak ‘emaskan’. Diakuinya tidak ada perlakuan khusus terhadap media tertentu dengan niat untuk meniadakan media lainnya. “Hanya saja, memang ada porsi perhatian yang berbeda kepada media dengan pertimbangan melihat tingkat eksistensi media dalam menyampaikan informasi. Karena tidak semua media yang ada eksistensinya dalam menerbitkan berita sama,” tandasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: PWI Nilai Walikota Diskriminasi Media
PWI Nilai Walikota Diskriminasi Media
Keberadaan media massa di Kota Bima, terutama media cetak berkembang sangat pesat. Hampir setiap tahun, jumlah media terus bertambah hingga saat ini diperkirakan mencapai puluhan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE68AuwbIAI8K5O0_5G5PFt6lEUTjMdTTaKQRmGRUQnK1X5Y1qfpx59bOPrdOn0khlPyxFtdJBD_dDWfgguaYV4yCsOGm0rx727H2JE45oWG4L48y3uaOdPaIqX8g1RD88xGk4r9UEyuLz/s320/Rafidin+HB,+S.Sos+-+Ketua+PWI+Bima.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE68AuwbIAI8K5O0_5G5PFt6lEUTjMdTTaKQRmGRUQnK1X5Y1qfpx59bOPrdOn0khlPyxFtdJBD_dDWfgguaYV4yCsOGm0rx727H2JE45oWG4L48y3uaOdPaIqX8g1RD88xGk4r9UEyuLz/s72-c/Rafidin+HB,+S.Sos+-+Ketua+PWI+Bima.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/pwi-nilai-walikota-diskriminasi-media.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/pwi-nilai-walikota-diskriminasi-media.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy