$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Wartawan Dompu Gelar Aksi Solidaritas

Puluhan wartawan dari media cetak dan electronik di wilayah Dompu, Jumat (14/11) menggelar aksi unjuk rasa di samping bundaran Taman Kota Dompu dan Kantor Polres Dompu.

Puluhan wartawan dari media cetak dan electronik di wilayah Dompu, Jumat (14/11) menggelar aksi unjuk rasa di samping bundaran Taman Kota Dompu dan Kantor Polres Dompu. Hal itu dilakukan, sebagai langkah solidaritas untuk mengutuk tindakan premanisme (kekerasan) oleh oknum-oknum aparat kepolisian terhadap 11 orang wartawan di Makasar yang sedang melakukan peliputan terkait aksi demo mahasiswa yang menolak kenaikan BBM yang terjadi di Makasar kemarin. Wartawan yang menjadi korban diantaranya, Ikbal (tempo). Waldy (Metro TV). Ikrar (Celebes TV).

Dalam aksi, wartawan membawa spaduk dari kertas yang berisi beberapa tulisan. Diantaranya, wartawan Dompu mengutuk oknum aparat yang memukuli wartawan. Stop kererasan terhadap Jurnalis (wartawan). Ikatan Jurnalis Televisi Indoensia (IJTI) Dompu kecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh oknum-oknum polisi terhadap wartawan.

Dalam unjuk rasa damai yang disertai orasi yang berlansung beberapa jam tersebut, mengundang perhatian dari para pengendara yang melalui jalur tersebut, karena mereka sempat turun dari kendaraan untuk memberikan dukungan terhadap teman-teman wartawan dilokasi tersebut. Setelah itu, masa aksi bergegas menuju Kantor Polres Dompu.

Namun sayangnya, Kapolres Dompu AKBP Purnama pada saat itu tidak berada dikantor. Sehingga, langsung diwakili Kasat Intelkam Polres Dompu Ipda Syaifuddin Zuhri, yang saat itu terlihat bediri di depan kantor untuk menyabut kedatangan para kuli tinta tersebut.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Cabang Dompu, Adhar Pangeran, yang juga Kontribotur MNCTV Grup wilayah Dompu dalam orasinya menyayangkan terhadap kejadian kekerasan terhadap wartawan yang terjadi pekan kemarin di makasar. ”Saya kecewa dan mengecam tindakan oknum-oknum aparat yang melakukan kekerasan terhadap teman-teman kami,” tuturnya.

Untuk itu lanjut Adhar, dirinya meminta kepada Kapolri Jendral Polisi Sutarman, untuk mengusut tuntas kasus tersebut dan memecat anggota polisi yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis tersebut. ”Kapolri harus memecat oknum anggota polisi yang melakukan kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di Makasar kemarin. Hari ini kami menyatakan akan memboikot berita-berita kepolisiam,” katanya.

Sekertaris PWI Dompu, Nasrullah, melalui orasinya juga mengutuk tindakan premanisme oknum polisi tersebut terhadap wartawan. Menurutnya, wartawan adalah mitra Polisi yang seharusnya bisa dilindungi dalam menjalankan tugas jurnlistiknya.” Kami bekerja mencari berita dan menulis berita. Polisi harus memahami undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tetang pokok-pokok pers yang didalamnya wartawan tidak boleh dianiaya dalam menjalankan tugas jurnalistik,” tegasnya.

Kasat Intelkam Polres Dompu, Syaifuddin Zuhri, berjanji apa yang telah terjadi di Makasar, tidak akan pernah ada di Kabupaten Dompu. Sebab, sejauh ini hubungan antara Polres Dompu dengan wartawan terjalin dengan baik. Sehingga, segala bentuk tindakan kekerasan itu tidak akan terjadi. ”InsyaAllah, apa yang terjadi di Makasar tidak akan terjadi di Dompu. Karena, tugas kita sama yaitu menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat,” tuturnya sembari membubuhkan tanda tangan di beberapa pamflet sebagai bentuk dukungan penolakan kekerasan terhadap wartawan. (KS-10)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Wartawan Dompu Gelar Aksi Solidaritas
Wartawan Dompu Gelar Aksi Solidaritas
Puluhan wartawan dari media cetak dan electronik di wilayah Dompu, Jumat (14/11) menggelar aksi unjuk rasa di samping bundaran Taman Kota Dompu dan Kantor Polres Dompu.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/wartawan-dompu-gelar-aksi-solidaritas.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/11/wartawan-dompu-gelar-aksi-solidaritas.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy