$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

BIDAN Dan Dukun Beranak Bangun Kemitraan

Bidan Puskesmas Calabai Kecamatan Pekat Dompu bersama Dukun Beranak yang ada di wilayah setempat berkerjasama dan membangun kemitraan dalam program persalinan.

Bidan Puskesmas Calabai Kecamatan Pekat Dompu bersama Dukun Beranak yang ada di wilayah setempat berkerjasama dan membangun kemitraan dalam program persalinan. Hal itu itu dilakukan untuk bersama-sama membantu ibu-ibu yang melahirkan serta meminimalisir angka kematian ibu dan bayi. Pernyataan itu disampaikan Kepala Puskesmas Calabai, M. Arifuddin SKM, pada Koran ini Senin (22/12) kemarin diruang kerjanya. 

Menurutnya, kemitraan antara Bidan dan Dukun beranak tersebut adalah bagian dari program propinsi yang bermoto Angka Kematian Ibu Nol (AKINO). ”Kerja sama dan kemitraan antara dua elemen ini sangat berperan penting dalam membantu ibu-ibu yang melahirkan dan itulah dasar kami berinsiatif membangun kemitraan antara Bidan dan Dukun Beranak,” katanya.

Ditambahkan Arifuddin, kemitraan dilakukan sebagai komitmen Puskesmas Calabai untuk lebih maju kalau bekerja sama dengan masyarakat. Dirinya yakin, apabila para Dukun Beranak tersebut dibekali dengan pengetahuan modern yang di transformasikan secara langsung oleh Bidan berpengalaman di seluruh Desa-Desa yang ada di kecamatan setempat. ”Langkah ini di lakukan sebagai bentuk dan upaya pencegahan angka kematian Ibu maupun Anak pada saat melahirkan,” terangnya.

Adapun tugas yang harus diakukan Dukun Beranak tersebut lanjutnya, yakni mereka yang berada di desanya masing-masing bisa segera memberitahukan kepada Bidan Desa seandainya ada ibu yang akan segera melahirkan. “Sehingga, para bidan akan segera bertindak dan memberikan tindakan medis sesuai dengan mekanisme ilmu dalam persalinan secara profesional,” jelasnya.

Tidak hanya itu lanjut Arifuddin, kerja sama antara Bidan dan Dukun beranak juga di lakukan sebagai bentuk untuk mempertahankan nilai budaya tradisi kearifan lokal, dan tetap memberikan kesempatan kepada ibu-ibu dukun beranak ini untuk tetap melaksanakan tugas mulianya bersama para bidan. ”Saya berharap dengan adanya kerjasama dan kemitraan antara Bidan dan Dukun beranak bisa terus memberikan kontribusi positif dalam dunia persalinan. Dan para dukun beranak juga diharapkan akan selalu berkoodinasi dengan para bidan apabila ada ibu-ibu yang mau melahirkan,”harapnya. (KS-10)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: BIDAN Dan Dukun Beranak Bangun Kemitraan
BIDAN Dan Dukun Beranak Bangun Kemitraan
Bidan Puskesmas Calabai Kecamatan Pekat Dompu bersama Dukun Beranak yang ada di wilayah setempat berkerjasama dan membangun kemitraan dalam program persalinan.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/bidan-dan-dukun-beranak-bangun-kemitraan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/bidan-dan-dukun-beranak-bangun-kemitraan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy