$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Proyek DAM Rp. 4,8 Miliar Parangina Tak Bermanfaat

Salah satu mega Proyek DAM senilai Rp. 4,8 Miliar di lokasi Amabaena Desa Parangina Kecamatan Sape tidak dapat dimantaatkan oleh masyarakat setempat.

Salah satu mega Proyek DAM senilai Rp. 4,8 Miliar di lokasi Amabaena Desa Parangina Kecamatan Sape tidak dapat dimantaatkan oleh masyarakat setempat. Pasalnya, proyek dari dana Propinsi Tahun 2013 tersebut, tidak sesuai dengan volume pekerjaan dengan nilai dana yang tersedia oleh pemerintah.

Pantauan wartawan dengan dua anggota DPRD Kabupaten Bima asal Kecamatan Sape Sulaiman MT, SH dan Muhammad Aminullah, SE saat turun reses Selasa kemarin. Pekerjaan proyek di lokasi tersebut dengan dana sebesar Rp 4.8 mliyar yang dikerjakan oleh Baba Seng Tahun 2013 lalu tidak sama sekali tidak bisa dimanfaatkan oleh petani setempat.

Anggota Dewan asal sApe tersebut mengaku, rencana awal oleh anggota DPD Farouk diusulkan di Pusat melalui proposal senilai Rp.100 Miliar lebih untuk DAM Amabaena, tapi pihak Propinsi NTB memberikan dana sebesar Rp.4,8 Miliar sehingga rencana awalnya proyek DAM sekarang dijadikan embun biasa. Sampai sekarang pekerjaan itu malah merusak tanah sawah warga di sekitar lokasi akibat luapan banjir.

Parahnya lagi kata Maman (panggilan Aminurllah), bangunan embun tersebut, juga tidak sesuai harapan masyarakat. Bangunan embun diperkirakan lima meter terbentang di sungai justru tidak mampu menahan luapan air sungai. Apalagi musim hujan banjir dapat merusak ratusan hektar sawah milik warga Parangina. Selain embun berukuran kecil, juga pengerjaan parit diperkirakan hanya dua kilo meter. Seharusnya parit bisa mengairi sepanjang sawah warga, tapi justru tidak mampu memberi manfaat sama sekali akibat dari penggalian terlalu dangkal dan materialnya hanya asal-asalan.

“Kita perkirakan pekerjaan itu tidak sampai Rp.2 Miliar, itu pekerjaan sia-sia, menghabiskan anggaran negara saja. Kita akan melakukan klarirfikasi masalah ini ke pihak Propinsi, kita bersama masyarakat secepatnya ke Propinsi,’’ janjinya.

Rencana awal dan sudah di survey oleh pusat mega Poyek DAM tersebut, akan mengairi lahan warga Desa parangina, Na,e Sangiang, Rai Oi, Rasabou, Jia, Sari, dan sejumlah lahan di desa Lainya. Jika pembangunan DAM tersebut terwujud, maka hampir seluruh lahan sawah masyarakat Kecamatan Sape bisa hidup makmur. Selain itu, lahan yang sebelumnya bisa ditanami dua kali menjadi tiga kali. (KS.14)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Proyek DAM Rp. 4,8 Miliar Parangina Tak Bermanfaat
Proyek DAM Rp. 4,8 Miliar Parangina Tak Bermanfaat
Salah satu mega Proyek DAM senilai Rp. 4,8 Miliar di lokasi Amabaena Desa Parangina Kecamatan Sape tidak dapat dimantaatkan oleh masyarakat setempat.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/proyek-dam-rp-48-miliar-parangina-tak.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/proyek-dam-rp-48-miliar-parangina-tak.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy