$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Bangun Inklusi Sosial, Lakpesdam NU Jalin Kemitraan

Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Ormas Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Bima melaksanakan gerakan kepedulian untuk membangun inklusi sosial.

Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Ormas Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Bima melaksanakan gerakan kepedulian untuk membangun inklusi sosial. Bertujuan untuk menciptakan keharmonisan hidup antar umat beragama yang ada dibima. Kegiatan itu mulai sejak awal Desember 2014 lalu dan hingga kini masih dilakukan. Pengurus daerah menggandeng Pengurus Pusat Lakpesdam NU di Jakarta untuk menyukseskan agenda itu. 

LAKPESDAM PBNU
Ketua Lakpesdam NU Cabang Bima, Asrul Raman, M.Pd, mengatakan, tema kegiatan mengangkat wilayah Tambora yakni Penguatan Kader Damai Lereng Tambora. Nama Tambora diambil jelasnya, karena adanya keberagaman agama di Kecamatan Tambora. Seperti ada agama Islam sebagai mayoritas, Hindu, Kristen dan Konghucu sebagai minoritas.

Namun sambungnya, perlu penyatuan persepsi dalam mewujudkan inklusi sosial. Pemerintah juga diajak terlibat dalam memikirkan terjadinya inklusi sosial di Bima. Karenanya Lakpesdam NU sudah menjalin sinergisitas dengan berbagai aktor untuk menyukseskannya. Seperti Pihak Kepolisian Resort Bima Kabupaten yang merespon sangat baik dan antusias. Bahkan Wakapolres akan menginstruksikan Polsek Tambora untuk mengawal kegiatan ini.

Selain kepolisian, pihaknya juga mengajak partisipasi beberapa media cetak di Bima untuk mempublikasikan agenda tersebut. Kemitraan juga dibangun dengan Pemkab Bima melalui Kepala Bagian Kesra. “Alhamdulillah sudah direspon baik. Termasuk kampus, penggiat LSM, dan Aktivis yang konsen di isu perdamaian. Dari berbagai aktor tersebut nanti akan dijalin komunikasi khusus dengan Bupati dan DPRD. Tujuannya agar lembaga negara hadir dalam mengatasi masalah yang ada dimasyarakat,” tuturnya kepada wartawan, kemarin.

Asrul menambahkan, isu inklusi tidak hanya menyangkut kerukunan hidup tapi bagaimana ada peningkatan persaudaraan (livelihood) dan masalah kependudukan yang mendera masyarakat Tambora. Ada banyak kegiatan rencananya akan dilakukan. Seperti pelatihan-pelatihan advokasi dan pencegahan konflik. Juga ada kegiatan pelatihan guide pemuda wisata Tambora. “Pesertanya dari anak-anak muda disekitar daerah jalan pendakian. Diakhir program nanti akan ada kegiatan penutup yaitu Cultural Festival dan ini sudah di rancang dalam skala kabupaten,” pungkasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1627,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1275,Sosial Ekonomi,2604,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bangun Inklusi Sosial, Lakpesdam NU Jalin Kemitraan
Bangun Inklusi Sosial, Lakpesdam NU Jalin Kemitraan
Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Ormas Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Bima melaksanakan gerakan kepedulian untuk membangun inklusi sosial.
http://3.bp.blogspot.com/-PVjIvdXoYkM/VMMeE8vjaCI/AAAAAAAAAzU/tJO74cTbIJs/s1600/LAKPESDAM%2BPBNU.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-PVjIvdXoYkM/VMMeE8vjaCI/AAAAAAAAAzU/tJO74cTbIJs/s72-c/LAKPESDAM%2BPBNU.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/bangun-inklusi-sosial-lakpesdam-nu.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/bangun-inklusi-sosial-lakpesdam-nu.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy