$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Majelis Kesenian Mbojo Terbentuk

Kalangan muda yang peduli dan memiliki perhatian terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya Mbojo menggagas terbentuknya Majelis Kesenian Mbojo (Makembo).

Kalangan muda yang peduli dan memiliki perhatian terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya Mbojo menggagas terbentuknya Majelis Kesenian Mbojo (Makembo). Gagasan pembentukan Makembo ini dari pengguna jejaring sosial facebook yang memang konsen dan peduli akan pelestarian seni budaya Mbojo.

Budayawan muda Bima sekaligus Penulis Bima, Alan Malingi
Budayawan muda Bima sekaligus Penulis Bima, Alan Malingi didaulat untuk memimpin Makembo ini. Makembo dibentuk sebagai respon terhadap sejumlah persoalan krusial terkait kesenian dan kebudayaan Mbojo. “Hari ini kita melihat ruang bagi ekspresi dan berkembangnya seni budaya Bima semakin berkurang. Lihat saja disetiap event atau acara-acara hajatan seperti pernikahan dan lainnya yang didominasi oleh musik-musik modern atau orgen dan lain-lain, sudah tidak ada lagi nuansa kedaerahan lewat penampilan atraksi seni budaya seperti hadrah, gantao dan lain-lain,” jelas Alan.

Selain itu, dirinya mencermati tidak ada proses regenerasi yang berjalan terhadap warisan seni budaya Mbojo pada generasi muda. Bisa ditanyakan sama anak-anak muda saat ini, apakah mereka tahu gantao, tari lenggo, tori wura bongi monca, dan sebagainya. Mereka hampir tidak ada yang mengenal dengan jelas apalagi disuruh memainkannya, dan sejumlah persoalan lainnya. “Ini harus menjadi perhatian serius kita semua yang hari ini mengaku Bangga Jadi Orang Bima,” tuturnya.

Oleh karena itu, dengan kesadaran tinggi dan niat baik, Makembo ingin “Membumikan” berbagai seni budaya dou Mbojo itu pada seluruh masyarakat terutama anak-anak muda dan pelajar. Kedepan Makembo akan menggagas kegiatan pelatihan seni budaya kepada anak-anak sekolah seperti pelatihan tari, main gantao, hadarah, dan berbagai kesenian kebanggaan Mbojo lainnya. “Semua kegiatan tersebut kita rencanakan dipusatkan di Asi Mbojo agar tempat bersejarah itu terlihat lebih hidup dan semarak oleh aneka kesenian Mbojo,” tandasnya.

Agenda lain Makembo yang juga segera diselenggarakan,berkunjungan langsung ke kecamatan atau desa untuk melakukan pendataan dan pemetaan potensi seni budaya Mbojo. Setelah di data akan dibuatkan semacam Peta Seni Budaya Mbojo, misalnya di Kecamatan Donggo itu ada seni budaya apa saja, Wawo apa saja kekayaan seni budayanya demikian pula kecamatan-kecamatan lainnya.

Lanjutnya, apa yang lakukan Makembo hanya langkah kecil dengan segala keterbatasan, modal kegiatan pun patungan sesama Anggota. Makembo tidak ingin program yang muluk-muluk, apa yang ada dan bisa itu yang akan dilakukan. “Kami membuka ruang selebar-lebarnya bagi semua komponen, para tokoh, politisi, birokrat, dan elemen lainnya untuk bersama-sama mengambil bagian pada perjuangan ini. Dengan kerja keras kita semua, kami yakin kekayaan seni budaya Mbojo yang luar biasa ini akan memberi kontribusi positif bagi kemajuan daerah ini kedepan termasuk bagi peradaban Dou Mbojo,” tegasnya. (KS-02)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Majelis Kesenian Mbojo Terbentuk
Majelis Kesenian Mbojo Terbentuk
Kalangan muda yang peduli dan memiliki perhatian terhadap pengembangan dan pelestarian seni budaya Mbojo menggagas terbentuknya Majelis Kesenian Mbojo (Makembo).
http://4.bp.blogspot.com/-JBR7IWtSmqc/VMMdbCwPyuI/AAAAAAAAAzE/juhIxMFuaDo/s1600/Budayawan%2Bmuda%2BBima%2Bsekaligus%2BPenulis%2BBima%2C%2BAlan%2BMalingi.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-JBR7IWtSmqc/VMMdbCwPyuI/AAAAAAAAAzE/juhIxMFuaDo/s72-c/Budayawan%2Bmuda%2BBima%2Bsekaligus%2BPenulis%2BBima%2C%2BAlan%2BMalingi.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/majelis-kesenian-mbojo-terbentuk.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/majelis-kesenian-mbojo-terbentuk.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy