$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Masyarakat Masih Bingung Gunakan Kartu Jujur Sehati

Pemerintah Kota Bima saat ini telah resmi menerapkan Kartu Jujur Sehati yang merupakan konversi dari Kartu Qurma Manis.

Pemerintah Kota Bima saat ini telah resmi menerapkan Kartu Jujur Sehati yang merupakan konversi dari Kartu Qurma Manis. Sebagian masyarakat bahkan telah mendapatkan kartu jaminan pelayanan kesehatan dasar itu dari Pemerintah Kelurahan. Hanya saja, bagaimana menggunakan kartu tersebut sejumlah masyarakat masih bingung.

Seperti dirasakan Anwar, warga Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba. Bapak enam anak ini mengaku telah mendapatkan kartu tersebut dari Pemerintah Kelurahan beberapa hari lalu berikut semua anggota keluarganya. Namun masih bingung bagaimana menggunakannya.

“Sakit apa saja yang ditanggung Kartu Jujur Sehati kita belum tahu. Apakah bisa digunakan di rumah sakit juga atau tidak. Trus bahan apa saja yang mesti kita siapkan kalau berobat ?,” tanya Anwar kepada wartawan, kemarin.

Disisi lain Anwar merasa sangat bersyukur mendapatkan kartu jaminan kesehatan dari pemerintah. Masalahnya, meski tergolong masyarakat ekonomi lemah tetapi belum pernah didata untuk mendapatkan kartu pelayanan kesehatan. Ketika anggota keluarganya berobat atau masuk rumah sakit terpaksa menjadi pasien umum. “Ini sangat membantu masyarakat seperti kami. Mudah-mudahan tidak ada lagi biaya yang dikeluarkan setelah adanya kartu ini,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Drs. H Azhari, M.Si yang dikonfirmasi memastikan bahwa semua masyarakat yang mendapatkan Kartu Jujur Sehati tidak akan dibebani lagi biaya apapun. Ketika ingin berobat, masyarakat tinggal membawa kartu tersebut ke Puskesmas tanpa mengurus lagi administrasi lainnya.

“Pemerintah Kota Bima memang belum memiliki RSUD sendiri. Namun apabila pelayanan kesehatan masyarakat pemegang kartu tidak mampu ditangani Puskesmas tetap bisa berobat ke RSUD Bima. Kami akan berkoordinasi dengan RSUD Bima terkait penggunaan Kartu Jujur Sehati tersebut,” jelas Azhari ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/1) pagi.

Saat ini sambungnya, Kartu Jujur Sehati telah selesai dibuat. Namun dirinya belum bisa memastikan berapa banyak yang akan dibagikan kepada masyarakat. Bahkan sebagian kartu juga diakui telah dibagikan untuk masyarakat miskin yang berhak mendapatkan. Untuk masyarakat yang akan mendapatkan kartu diserahkan kepada Pemerintah Kelurahan untuk mendata sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

“Meski nanti akan ada kartu jaminan kesehatan juga dari Pemerintah Pusat, kartu ini tetap berlaku. Kemungkinan juga bisa digabung. Intinya kita berkomitmen tidak ada lagi masyarakat yang sudah berobat karena kendala biaya,” tambahnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Masyarakat Masih Bingung Gunakan Kartu Jujur Sehati
Masyarakat Masih Bingung Gunakan Kartu Jujur Sehati
Pemerintah Kota Bima saat ini telah resmi menerapkan Kartu Jujur Sehati yang merupakan konversi dari Kartu Qurma Manis.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/masyarakat-masih-bingung-gunakan-kartu.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/masyarakat-masih-bingung-gunakan-kartu.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy