$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home


Pemkab Bekali Pengelola Keuangan dengan Sistem AKRUAL

Mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Kebijakan dan Sistem Akuntansi Berbasis AKRUAL, di aula hotel Mutmainah Kota Bima.

Sebanyak 49 peserta yang terdiri Pejabat Pengelola Keuangan (PPKeu) dan Bendahara pengeluaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Selasa (27/1) hingga Kamis, (29/1) mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Kebijakan dan Sistem Akuntansi Berbasis AKRUAL, di aula hotel Mutmainah Kota Bima. 

Ilustrasi Pengelola Keuangan
Perwakilan AIPD Kabupaten Bima Umar, SH, dalam pengantarnya mengatakan, tantangan pertemuan kali ini karena adanya perubahan sistem dipengelolaan keuangan yang berbasis Akrual. Artinya kita harus menyesuaikan semua tahapan pengelolaan keuangan sesuai dengan kebutuhan kita. Kesempatan sosialisasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan ini agar semua peserta bisa bertanya dan mampu menyelesaikan semuanya dengan baik.

Umar menambahkan, pertemuan tidak hanya membahas masalah fisik untuk unit layanan saja, tetapi memberikan pelayanan administrasi yang lebih baik dan benar-benar menyuguhkan pelayanan yang maksimal. “Hal ini penting sebab saya menilai, ada sistim pembagian kerja yang tidak normal di pemerintah daerah dan pengelolaan keuangan harus jelas,” terang Umar.

Perwakilan Lembaga Penelitian dan Kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM-UB) Malang, Buyung Nasution, S.S dalam pengantarnya menyampaikan, event ini bertujuan untuk mendukung pemerintah kabupaten Bima agar dapat mengelola keuangan serta menyusun laporan keuangan sesuai dengan aturan perundangan terbaru yang berlaku. “Selama tiga hari, peserta akan dibekali materi yang untuk meningkatkan kompetensi pengelola keuangan, khususnya para staf akuntansi dan penyusun laporan keuangan pada fungsi Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) SKPD,” paparnya.

Secara khusus, kata Buyung, kegiatan ini juga ditujukan untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman terhadap substansi PP nomor 71 tahun 2010 stantar Akuntasi Pemerintah (SAP) dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah serta Peraturan Bupati tentang Kebijakan Akuntansi yang mengatur proses akuntansi pelaporan keuangan di daerah berbasis Akrual.

"Sosialisasi dan pelatihan akuntansi berbasis akrual menjadi sangat urgen untuk segera dilaksanakan, mengingat tahun 2015 sudah mulai diterapkan, maka penyiapan aparat pelaksana pengelolaan keuangan daerah sejak dini dalam menerapkan akuntansi pemerintahan daerah berbasis akrual menjadi titik fokus pelaksanaan event ini," terang Buyung.

Konsultan Individu yang menjadi narasumber, Muhammad Jazuli menjelaskan aturan pembuatan pos aktiva, utang, modal, pendapatan dan biaya/belanja yang dikelompokkan pada debet dan kredit.

Konsultan Individu lainnya, T. Herawati memaparkan, pendapatan pajak itu diakui pada saat wajib pajak bayar. Terkait pengelolaan aset, masa ekonomis untuk aset pasti akan ada penyusutan. “Dalam pengelolaan keuangan sisten Akrual ini, Penyusutan itu masuk termasuk penyisihan sehingga termasuk Laporan Operasional atau Laporan Realisasi (LR)," jelas Herawati.

Hari pertama peserta dibekali materi Urgensi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Bagi Pemda Kabupaten Bima, tinjauan penerapan Akuntansi Berbasis Akrual, Konsep dan Siklus Akuntansi Pemerintahan, Kebijakan Akuntansi Pelaporan Keuangan dan Akuntansi. Pada hari kedua, peserta mendapatkan materi Sistem Akuntansi SKPD: Akuntansi Pendapatan Laporan Operasional dan Laporan Realisasi Anggaran dan Beban-Belanja, Akuntansi Aset, Kewajiban dan Ekuitas. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1619,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,751,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1560,Pendidikan,832,Politik,1270,Sosial Ekonomi,2601,
ltr
item
Koran Stabilitas: Pemkab Bekali Pengelola Keuangan dengan Sistem AKRUAL
Pemkab Bekali Pengelola Keuangan dengan Sistem AKRUAL
Mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Kebijakan dan Sistem Akuntansi Berbasis AKRUAL, di aula hotel Mutmainah Kota Bima.
http://1.bp.blogspot.com/-yVx0WhdSVAA/U5nNzxd0EHI/AAAAAAAAACk/iheuJbi3yJc/s1600/Dokumen_sekolah.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-yVx0WhdSVAA/U5nNzxd0EHI/AAAAAAAAACk/iheuJbi3yJc/s72-c/Dokumen_sekolah.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/pemkab-bekali-pengelola-keuangan-dengan.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/01/pemkab-bekali-pengelola-keuangan-dengan.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy