$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Akademisi Perihatin Moral Wakil Rakyat

Hal itu disampaikan Drs. Arif Sukirman, MH menanggapi sikap dingin wakil rakyat ketika persoalan yang terindikasi menghabiskan uang rakyat bernilai besar tersebut.

Akhir-akhir ini, dugaan penyimpangan hingga berujung pada proses hukum melalui pengadaan tanah untuk fasilitas umum dengan menggunakan APBD Kota Bima bernilai fantastis mencuat dipermukaan. Namun, sejauh ini belum ada sikap Lembaga Legislatif terhadap Eksekutif atas persoalan tersebut. Untuk itu, 25 Anggota dewan yang diberi mandat oleh rakyat Kota Bima untuk mengawasi dan mengontrol eksekutif didesak untuk segera mengundurkan diri sebagai wakil rakyat. Karena, degradasi moral para wakil rakyat saban hari kian “bobrok”.

Akademisi STISIP Mbojo Bima, Drs.Arif Sukirman, M.H
Akademisi STISIP Mbojo Bima, Drs.Arif Sukirman, M.H

Hal itu disampaikan Drs. Arif Sukirman, MH menanggapi sikap dingin wakil rakyat ketika persoalan yang terindikasi menghabiskan uang rakyat bernilai besar tersebut. Termasuk, APBD yang dihabiskan untuk biaya sewa rumah Walikota Bima, HM. Qurais, H. Abidin. ”Kalau tidak berani pada Walikota, mereka lebih baik mundur dan menanggalkan jabatan mereka sebagai wakil rakyat. Untuk apa jabatan itu kalau tidak memiliki nyali, bukankah rakyat menitip sejumlah harapan pada pundak mereka,” tegasnya.

Hasil pengamatannya selama ini, yang dikerjakan dan dibahas dewan masih tentang Kunjungan Kerja (Kunker), Bimbingan Teknik (Bimtek). Apabila imbuhnya, item-item itu saja yang dibicarakan, lalu kapan menjalankan tugas sebagai fungsi kontrolnya, apa harus menunggu Kota Bima hancur dan jatuh terpuruk.”Saya melihat selama hampir satu Tahun ini, para teman-teman kita yang duduk di kursi dewan belum ada yang menjalankan tugas sesuai fungsi kontrolnya. Yang dibahas hanya banggar, banggar dan banggar, mana konsep pengawasannya, fungsi mereka tidak jalan,” ujar Dae Moa seraya mengaku perihatin atas moral wakil rakyat kita yang semakin kebablasan.

Soal indikasi pelanggaran aturan dan hukum yang terjadi di Pemkot Bima, dirinya menduga pihak dewan mengetahui persoalan tersebut. Karena, semua usulan pihak Eksekutif atas persetujuan Legislatif. Meski, ada beberapa yang dipangkas. Kendati demikian, tetapi dewan harus berani mengambil sikap. Faktanya, belum ada sikap legislatif yang memanggil eksekutif, lebih-lebih terkait persoalan yang menyeret nama Kadishubkominfo, H. Sahrullah, SH, istri Walikota Bima, Hj. Yani Marlina.”Saya perhatikan, hingga saat ini dewan belum pernah memanggil Walikota. Ada apa dengan para wakil rakyat, mereka tak berani sama HM.Qurais ataukah ada alasan lain dibalik sikap diamnya dewan,” duganya.

Jika seperti demikian yang terjadi di lembaga dewan, dirinya akan mengambil langkah dan meminta kepada tim BPKP untuk melakukan audit soal dugaan penyalahgunaan keuangan daerah terkait persoalan pengadaan tanah fasilitas umum, termasuk juga penggunaan APBD untuk biaya sewa rumah kepala daerah. “Mestinya dewan bersikap, panggil walikota, lakukan klarifikasi untuk mengetahhui benar atau tidaknya persoalan tersebut. Kalau tidak benar, kami sebagai rakyat kota bima akan bersurat secara resmi guna meminta tim untuk melakukan audit,” terangnya sembari meminta dewan segera bersikap agar wajah dewan berbeda dari sebelumnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syahbudin yang dimintai keterangan enggan memberikan komentar. Dalihnya, yang berkaitan dengan pernyataan lewat wartawan langsung ke Ketua DPRD Kota Bima. “Saya tidak mau mengomentari soal itu, karena hasil kesepakatan Pak Ketua sendiri yang memberikan komentar pada wartawan,” ujarnya singkat. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Akademisi Perihatin Moral Wakil Rakyat
Akademisi Perihatin Moral Wakil Rakyat
Hal itu disampaikan Drs. Arif Sukirman, MH menanggapi sikap dingin wakil rakyat ketika persoalan yang terindikasi menghabiskan uang rakyat bernilai besar tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisAklZrs4dEPqnoCxiebElglZ-5BBkIpvMugl34gmMovbmB6h0zKlMMK4jcYhgPSAaOPAz8hDN2exFWHOB9SEQI8VSO4ShxFqw-mj0artWpYl7H4Tr6mSDHUuZ95bKl7Vrd645XQx_y_OU/s1600/Arif+Sukirman,+S.Sos.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisAklZrs4dEPqnoCxiebElglZ-5BBkIpvMugl34gmMovbmB6h0zKlMMK4jcYhgPSAaOPAz8hDN2exFWHOB9SEQI8VSO4ShxFqw-mj0artWpYl7H4Tr6mSDHUuZ95bKl7Vrd645XQx_y_OU/s72-c/Arif+Sukirman,+S.Sos.JPG
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/akademisi-perihatin-moral-wakil-rakyat.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/akademisi-perihatin-moral-wakil-rakyat.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy