$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Tanaman Jagung, Penyebab Jatah Pupuk Kurang

Para petani tetap saja merasa kekurangan setiap musim tanam tiba. Seperti saat ini, masih ada saja petani mengeluhkan kurangnya persediaan pupuk.

Persoalan pupuk selalu menjadi masalah klasik di Kabupaten Bima, meski persediaan dipastikan mencukupi. Nyatanya, para petani tetap saja merasa kekurangan setiap musim tanam tiba. Seperti saat ini, masih ada saja petani mengeluhkan kurangnya persediaan pupuk.

Tanaman Jagung
Namun, Pemerintah Daerah punya alasan tersendiri mengapa munculnya keluhan kekurangan pupuk dari para petani. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Bagian Adminitrasi Ekonomi Setda mengklaim adanya kekurangan pupuk tersebut lantaran petani menggunakannya sebagian untuk tanaman jagung.

“Masalahnya, untuk tanaman lain seperti jagung dan lainnya, tidak terdaftar dalam alokasi pengadaan pupuk itu. Lahan untuk tanaman itu tidak dilaporkan oleh kelompk tani dalam RDKK. Akibatnya, pupuk yang seharusnya hanya dialokasikan untuk padi, juga digunakan warga untuk jagung. Ini yang memicu terjadinya kekurangan pupuk petani," ungkap Adminitrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bima Iwan Setiawan SE, akhir pekan lalu.

Hal itu diperparah kata dia, karena adanya ulah pengecer nakal, yang suka menjual pupuk pada para pengepul. Akibatnya, penyaluran pupuk ke petani tidak maksimal. Untuk meminimalisir masalah tersebut, membutuhkan peran semua pihak. Terutama masyarakat, untuk mengawal penyaluran pupuk itu. "Jika ada pengecer nakal, maka segera laporkan ke kami. Sehingga kita bisa bertindak," pungkasnya.

Namun Iwan memastikan persediaan dan keberadaan pupuk di gudang Pupuk Kaltim masih sangat memadai untuk kebutuhan para petani. “Kami sudah melakukan kroscek,Di gudang stok kita masih banyak," terangnya.

Diakuinya, jatah pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Bima sebanyak 2000 ton. Jumlah yang dialokasikan pusat tersebut sebagian besarnya sudah disalurkan ke masyarakat. "Jatah 2000 ton itu, dari pengajuan kita sebanyak 3000 ton," terangnya.

Diakui alokasi 2000 ton tersebut, disesuaikan dengan luas lahan pertanian padi masyarakat, yang terdaftar dalam laporan RDKK kelompok pertanian di setiap kecamatan. "Alokasi pupuk di kabupaten Bima, hanya untuk kebutuhan pertanian padi," jelasnya. (KS-13)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1623,Hukum Kriminal,2143,Kesehatan,387,Korupsi,752,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1273,Sosial Ekonomi,2602,
ltr
item
Koran Stabilitas: Tanaman Jagung, Penyebab Jatah Pupuk Kurang
Tanaman Jagung, Penyebab Jatah Pupuk Kurang
Para petani tetap saja merasa kekurangan setiap musim tanam tiba. Seperti saat ini, masih ada saja petani mengeluhkan kurangnya persediaan pupuk.
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s1600/Tanaman%2BJagung.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-8ddR-osK8cI/VNjUTgPmhxI/AAAAAAAAA6U/d6D5U4gYGb0/s72-c/Tanaman%2BJagung.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/tanaman-jagung-penyebab-jatah-pupuk.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/tanaman-jagung-penyebab-jatah-pupuk.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy